4 Tanda Anak Alami Trauma Akibat Pelecehan Seksual, Perlu Ditangani Ahli!

Minggu 19 November 2023, 14:34 WIB
Ilustrasi anak alami trauma akibat pelecehan seksual. (Sumber : pexels.xom/RDNE stock project)

Ilustrasi anak alami trauma akibat pelecehan seksual. (Sumber : pexels.xom/RDNE stock project)

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pelecehan seksual di kalangan anak maupun remaja, kini semakin marak terjadi. Hal ini tentu meresahkan para orang tua yang memiliki anak di bawah umur.

Sebab, pelaku pelecehan seksual kini seringkali menargetkan anak dan remaja sebagai sasaran empuk untuk melakukan kejahatan seksual. Karena anak di bawah umur minim melakukan perlawanan ketika diancam oleh pelaku.

Hal ini tentu harus diwaspadai oleh banyak pihak yang sadar akan bahaya dsti dampak pelecehan seksual, jika menimpa anak di usia yang masih kecil atau remaja. Hal ini tidak lepas dari dampak traumatis yang akan terjadi pada korban pelecehan seksual.

Mengutip dari sebuah artikel pada situs verywell mind yang diunggah pada 7 Juli 2023, disebutkan bahwa "pelecehan seksual" mengacu pada serangkaian perilaku yang melibatkan kontak atau tindakan seksual yang tidak diinginkan, memaksa, atau memaksa.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Remaja Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Yuk Kenali!

Pelecehan seksual dapat mencakup pemerkosaan, percobaan pemerkosaan, dan segala bentuk sentuhan seksual yang tidak diinginkan.

Anak dan remaja yang pernah mengalami pelecehan seksual umumnya akan mengalami tingkat tekanan yang tinggi segera setelahnya.

Trauma penyerangan dapat menimbulkan rasa takut, marah, bersalah , cemas, dan sedih. Stigma yang terkait dengan kekerasan seksual mungkin menimbulkan rasa malu atau malu bagi sebagian orang.

Selain itu, penyintas kekerasan seksual mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mengalami gejala gangguan stres pascatrauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD). Gejala tersebut dapat berlanjut selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tanpa pengobatan.

Pada artikel yang sama, disebutkan juga ada 4 tanda yang ditunjukkan oleh anak yang alami PTSD akibat trauma pelecehan seksual. Berikut ini 4 tanda tersebut :

1. Penghindaran
Sikap yang ditunjukkan yaitu seperti menghindari pikiran atau perasaan terhadap peristiwa traumatis ( penghindaran emosional ); menjauhi pengingat trauma seperti orang, tempat, benda, atau situasi; dan menolak pembicaraan tentang apa yang terjadi.

2. Alami Gejala PTSD yang Mengganggu
Contohnya ada ingatan yang berulang dan tidak diinginkan tentang peristiwa tersebut, mimpi buruk yang berulang, dan kilas balik.

3. Peningkatan Gairah
Terjadinya kesulitan untuk tidur atau tertidur, mudah terkejut atau takut, sulit berkonsentrasi, dan kewaspadaan berlebihan terhadap lingkungan sekitar, dan potensi ancaman terhadap keselamatan.

4. Perubahan dalam Pikiran dan Perasaan
Hal ini mempengaruhi keyakinan yang terus-menerus dan terdistorsi tentang diri sendiri atau orang lain; perasaan takut, ngeri, marah, bersalah, malu, atau putus asa yang berulang; hilangnya minat pada aktivitas yang dulunya menyenangkan; merasa terpisah dari orang lain atau kesulitan mempertahankan hubungan dekat; dan kesulitan mengalami perasaan positif seperti kegembiraan atau kepuasan.

Itulah 4 tanda anak atau remaja yang alami trauma akibat menjadi korban pelecehan seksual. Terjadinya gangguan PTSD pasca kejadian, membuat anak atau remaja perlu ditangani oleh seorang ahli.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:57 WIB

3 Akun Medsos Dilaporkan, Polres Sukabumi Selidiki Dugaan Pencemaran Nama Baik Habib

Polres Sukabumi sedang menyelidiki laporan dugaan pencemaran nama baik terhadap para habib di media sosial
Inilah 3 akun Medsos yang memposting narasi diduga mencemarkan nama baik habib | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel20 Juni 2024, 20:45 WIB

Simpel, Inilah Cara Membuat Air Ketumbar Untuk Mengobati Asam Urat

Untungnya, ada pengobatan rumahan alami yang memanfaatkan biji ketumbar untuk membantu mengelola dan mengatur kadar asam urat. Biji ketumbar ini sering digunakan pada bumbu ataupun minuman herbal.
Air ketumbar menjadi salah satu minuman herbal untuk mengobati asam urat (Sumber : YouTube/Ur Indian reviews)
Life20 Juni 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta Ketimbang Wanita

Pria cenderung kaum yang dianggap gampang jatuh cinta daripada wanita yang masih terbiasa memfilter perasaannya. Hal ini didasari oleh beberapa faktor yang memicu pria mudah jatuh cinta
Ilustrasi Beberapa faktor yang menyebabkan pria lebih mudah jatuh cinta ketimbang wanita (Sumber : Pexels.com/@Jeswin Thomas)