Kemensos Dampingi Anak Korban Kekerasan Ayah Kandung di Surade Sukabumi

Sabtu 18 November 2023, 22:21 WIB
Kemensos Dampingi Anak Korban Kekerasan Ayah Kandung di Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Kemensos Dampingi Anak Korban Kekerasan Ayah Kandung di Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) turun tangan mendampingi anak berinisial AR (6 tahun) korban kekerasan yang dilakukan ayah kandungnya di Kampung III RT 09/12, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

Pekerja Sosial Muda Sentra Phala Martha, Burhanudin, mengatakan tim Kemensos yang terdiri dari psikolog dan pekerja sosial melakukan assesment dan intervensi kepada korban selama dua hari, Jumat-Sabtu 17-18 Nopember 2023.

Menurut Burhanudin, yang dilakukan tim Kemensos adalah memberikan layanan dukungan psikososial terhadap anak, memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan anak seperti; sembako, nutrisi, perlengkapan kebersihan diri, perlengkalan sekolah, pakaian, perlengkapan ibadah dan perlengkapan tidur.

Baca Juga: RSUD Sekarwangi Sukabumi Siapkan Ruang Khusus untuk Caleg Gagal

Selain itu, kata Burhanudin, tim Kemensos juga mlakukan pemeriksaan kesehatan anak ke fasilitas kesehatan bersama pihak keluarga, aparat desa dan pihak kecamatan serta membahas pengasuhan terbaik untuk anak," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (19/11/2023).

Karena ayahnya ditahan oleh aparat kepolisian, ujar Burhanudin, maka untuk perawatan dan perlindungan sementara, anak diasuh oleh paman atau uwanya di kampung Sukarsirna Desa Buniwangi Kecamatan Surade. "Kondisi saat ini sang anak baik baik saja. Berdasarkan hasil pemeriksan dari Puskesmas Buniwangi, kondisi anak sehat," tuturnya.

Bahkan, ujar Burhanudin, setelah diberikan Layanan Dukungan Psikososial atau LDP dari psikolog dan pekerja sosial, anak ceria tidak menunjukan adanya trauma. "Kami akan terus memantau dan kordinasi dengan pihak Pemdes serta Kecamatan Surade," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Pajampangan Sukabumi dihebohkan dengan video penganiayaan terhadap anak kecil yang diduga dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri berinisial W (32 tahun).

Baca Juga: Perkenalkan Zanda, Seblak Kering Ala Surade Sukabumi

Video berdurasi 7 detik itu dibagikan oleh akun Facebook Anita Nitta, Selasa (14/11/2023) malam sekitar pukul 19.30 WIB. Yang bersangkutan diduga merupakan ibu dari anak yang diduga alami kekerasan tersebut. Video itu kemudian menjadi viral dan ikut dibagikan oleh akun Facebook lainnya.

Terlihat dalam cuplikan video, seorang anak perempuan memakai baju gamis berwarna krem dan sedang duduk di sofa menangis menahan kaki kiri pria dewasa diduga ayahnya. Tak lama pria itu kemudian mendorongkan kakinya itu ke arah pipi anak kecil tersebut.

Kemudian, tidak berselang lama, Polisi menangkap W (32 tahun) pada Rabu (15/11/2023). "W langsung diamankan Polsek. Sementara anak perempuannya kami bawa ke RSUD Jampangkulon untuk melakukan pemeriksaan atau visum. Alhamdulillah anaknya sehat dan tidak ada apa-apa," ujar Kades waktu itu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Internasional23 Juli 2024, 19:32 WIB

Mengenal Kimberly Cheatle, Wanita Hebat Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat

Kimberly Cheatle adalah seorang petugas penegak hukum yang telah menjabat sebagai direktur ke-27 Secret Service atau Dinas Rahasia Amerika Serikat
Kimberly Cheatle: Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat | Foto : kob.com
Gadget23 Juli 2024, 19:30 WIB

Xiaomi MIX Fold 4: HP Lipat yang Ringan dan Tipis dengan Kamera Periskop

Xiaomi Mix Fold 4 adalah pilihan menarik bagi konsumen yang mencari ponsel lipat tipis dan ringan dengan fitur-fitur unggulan.
Xiaomi Mix Fold 4 adalah pilihan menarik bagi konsumen yang mencari ponsel lipat tipis dan ringan dengan fitur-fitur unggulan. (Sumber : mi.com).