10 Ciri Anak Memiliki Kepribadian Introvert, Ada Pada Anak Anda?

Sabtu 18 November 2023, 19:03 WIB
Berikut ini ciri yang dimiliki oleh anak dengan kepribadian introvert | Foto : Freepik.com/ jcomp

Berikut ini ciri yang dimiliki oleh anak dengan kepribadian introvert | Foto : Freepik.com/ jcomp

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang anak yang introvert terkadang dipandang menjadi anak yang pemalu dan pendiam. Kebanyakan orang tua justru merasa khawatir, karena tidak menyadari bahwa anaknya memiliki kepribadian introvert.

Anak introvert sering kali lebih tertarik melakukan segala aktivitasnya sendiri, daripada berkumpul dengan banyak orang. Sebab, seorang introvert mudah lelah ketika harus bersosialisasi dengan banyak orang.

Berbeda dengan anak yang ekstrovert, yang berani dan suka bicara dengan banyak orang, sehingga terlihat lebih aktif saat bergaul dengan orang di lingkungannya.

Oleh karena itu, kebanyakan orang tua khawatir dan menganggap jika anak dengan kepribadian introvert akan terhambat dalam segala aspek kehidupan.

Padahal, kepribadian introvert memiliki serangkaian kelebihan yang membuat anak potensial menjadi seseorang yang mandiri dan sukses.

Baca Juga: Pelaku Ditangkap, Motif Dibalik Kasus Mayat Sopir Taksi Online di Sukabumi

Mengutip dari sebuah artikel di sebuah situs bernama EuroKids Pre-Scool, diunggah pada tanggal 26 Mei 2023, ada 10 ciri pada anak yang memiliki kepribadian introvert. Inilah 10 ciri anak introvert

1. Lebih menyukai kesendirian dan lingkungan yang tenang

Anak-anak introvert cenderung menikmati menghabiskan waktu sendirian, karena mereka menganggap kesendirian dan lingkungan yang tenang sebagai sumber energi dan peremajaan. Anak-anak ini mungkin tertarik pada aktivitas menyendiri seperti membaca, menggambar, atau bermain sendiri.

2. Memiliki pemikiran dan refleksi mendalam

Salah satu tanda anak introvert adalah kecenderungannya untuk berpikir dan merenung secara mendalam. Mereka mungkin menghabiskan waktu berjam-jam memikirkan sebuah pertanyaan atau konsep yang membuat mereka penasaran. Pemikiran mendalam ini sering kali menghasilkan keterampilan pemecahan masalah yang kreatif dan ide-ide inovatif.

3. Jeli dan berorientasi pada detail

Anak-anak introvert seringkali sangat jeli dan berorientasi pada detail. Mereka cenderung memperhatikan hal-hal yang mungkin diabaikan orang lain, seperti perubahan kecil di lingkungannya atau isyarat halus dalam perilaku orang lain. Kemampuan menangkap detail dapat membuat mereka menjadi pendengar yang baik dan pembelajar yang tajam.

Baca Juga: Memahami Karakteristik Gen Z: Kecenderungan Remaja Usia 17-26 di Pilpres 2024

4. Sensitif terhadap rangsangan

Ciri lain dari anak introvert adalah mereka mungkin lebih sensitif terhadap rangsangan dibandingkan anak ekstrover. Artinya, mereka lebih mudah kewalahan jika mendengar suara keras, cahaya terang, atau kerumunan orang, sehingga mereka lebih memilih lingkungan yang lebih tenang.

5. Bijaksana dan berhati-hati dalam mengambil keputusan

Anak-anak introvert cenderung bijaksana dan berhati-hati dalam proses pengambilan keputusan. Mereka tidak langsung mengambil kesimpulan tetapi memikirkannya, dan bertindak hanya setelah itu. Hal ini dapat membuat mereka tampak berhati-hati, namun keputusan mereka sering kali telah dipikirkan dengan matang dan dipertimbangkan dengan cermat.

6. Membangun hubungan yang mendalam

Meskipun anak-anak introvert mungkin memiliki lebih sedikit pertemanan dibandingkan anak-anak ekstrovert, hubungan yang mereka bentuk cenderung mendalam dan bermakna. Mereka cenderung mengembangkan ikatan yang kuat dengan sekelompok teman dan anggota keluarga tertentu, yang dengannya mereka merasa nyaman untuk berbagi pemikiran dan perasaan.

Baca Juga: 1.000 Penari Tampil di Ciletuh Sabilulungan 7 Ciemas Sukabumi

7. Pendengar yang baik dan empati

Salah satu ciri anak introvert adalah kemampuannya menjadi pendengar yang baik. Mereka sering kali unggul dalam memahami emosi orang lain dan berempati dengan perasaan mereka. Hal ini membuat mereka menjadi orang kepercayaan dan teman yang suportif.

8. Butuh waktu untuk melakukan pemanasan terhadap situasi baru

Anak introvert mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan situasi atau lingkungan baru. Mereka cenderung mengamati dan memproses lingkungan sekitar sebelum terlibat sepenuhnya dengan lingkungan tersebut. Begitu mereka merasa nyaman, kemungkinan besar mereka akan berpartisipasi dan berkembang.

9. Senang bekerja secara mandiri

Anak introvert biasanya lebih suka bekerja mandiri dibandingkan berkelompok. Mereka menemukan bahwa mereka dapat berkonsentrasi lebih baik dan menghasilkan pekerjaan berkualitas lebih tinggi ketika mereka memiliki ruang dan otonomi untuk fokus pada suatu tugas. Ini adalah ciri umum lainnya dari anak introvert.

Baca Juga: DPRD Apresiasi Mancing Bareng Sedulur Dinas PU Sukabumi: Ajang Sosialisasi Kinerja

10. Mungkin terlihat pemalu atau pendiam

Terakhir, kesalahpahaman umum tentang anak-anak introvert adalah bahwa mereka pemalu atau cemas secara sosial . Meskipun beberapa anak introvert mungkin menunjukkan ciri-ciri ini, penting untuk diingat bahwa introversi dan rasa malu bukanlah hal yang sama. Seorang anak introvert mungkin tampak pendiam, karena mereka lebih suka mengamati dan mendengarkan daripada terlibat dalam percakapan terus-menerus.

Demikian 10 ciri yang ada pada anak dengan kepribadian introvert. Orang tua tidak perlu khawatir jika anak memiliki ciri tersebut, karena kepribadian introvert memiliki keunikannya sendiri.***

Sumber : eurokidsindia.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 06:30 WIB

16 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar, Yuk Lakukan!

Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.
Ilustrasi. Relaksasi agar Tubuh Sehat dan Bugar (Sumber : Pixabay/Irina)
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Internasional23 Juli 2024, 19:32 WIB

Mengenal Kimberly Cheatle, Wanita Hebat Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat

Kimberly Cheatle adalah seorang petugas penegak hukum yang telah menjabat sebagai direktur ke-27 Secret Service atau Dinas Rahasia Amerika Serikat
Kimberly Cheatle: Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat | Foto : kob.com