Mental Breakdown Saat Stress dan Tekanan Berlebihan, Penyebabnya?

Sabtu 22 Juli 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi. Mental Breakdown Saat Stress dan Tekanan Berlebihan, Penyebabnya?| Freepik.com (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi. Mental Breakdown Saat Stress dan Tekanan Berlebihan, Penyebabnya?| Freepik.com (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Mental breakdown, juga dikenal sebagai kehancuran mental atau kegagalan mental, merupakan kondisi ketika seseorang mengalami situasi yang sangat stres atau tekanan berlebihan sehingga emosionalnya terganggu.

Istilah mental breakdown bukan merupakan istilah klinis dalam dunia medis atau psikologi.

Istilah mental breakdown lebih kepada penggunaan secara luas dalam percakapan sehari-hari untuk menggambarkan momen mental seseorang.

Baca Juga: 10 Manfaat Gaya Hidup Slow Living bagi Kesehatan Mental, Lebih Bahagia!

Mental breakdown terjadi ketika seseorang merasa benar-benar tidak mampu mengatasi tekanan dan emosi yang sedang dialaminya.

Mengenal Apa Itu Mental Breakdown

Pengertian mental breakdown jika merujuk penjelasan dari laman Rumah Sakit JIH, adalah kondisi stress berat yang membuat seseorang kesulitan untuk menjalankan aktivitas seperti biasa.

Istilah mental breakdown ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan serangkaian penyakit mental seperti depresi, gangguan kecemasan atau stress akut.

Penyebab mental breakdown muncul

Mental breakdown dapat muncul sebagai respons terhadap tekanan emosional yang berat, misalnya akibat stres kronis, masalah pribadi yang serius, kehilangan yang signifikan, atau akumulasi berbagai peristiwa negatif yang mengganggu.

Orang yang mengalami mental breakdown mungkin merasa tidak mampu menghadapi masalah mereka, kebingungan, kelelahan secara fisik dan mental, tidak bisa tidur dengan baik.

Kemudian mereka juga kerap kehilangan minat atau semangat dalam aktivitas sehari-hari sehingga mungkin merasa putus asa atau tidak berdaya.

Gejala mental breakdown dapat bervariasi dari orang ke orang, dan mereka mungkin merasa terisolasi atau kesulitan berkomunikasi dengan orang lain.

Baca Juga: Gaya Hidup Lulu Tobing Santai Meski Suami Tajir, Apa Itu Slow Living?

Selain itu, orang yang mengalami mental breakdown juga mungkin mengalami perubahan dalam pola makan, merasa cemas atau gelisah, merasa cemas atau takut secara berlebihan, dan mungkin merasa seperti kehilangan kendali atas pikiran atau emosi mereka.

Penting untuk diingat bahwa mental breakdown tidak sama dengan penyakit mental tertentu seperti depresi klinis atau gangguan kecemasan. Ini lebih merupakan reaksi akut terhadap tekanan atau situasi yang berat.

Mental breakdown dapat diatasi dengan dukungan emosional, konseling dan istirahat yang cukup.

Jika seseorang mengalami gejala mental breakdown atau merasa kesulitan menghadapi tekanan emosional, sangat penting untuk mencari bantuan profesional.

Psikoterapis atau konselor dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres dan memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk pemulihan. Namun, jika situasinya menjadi sangat kritis atau mendesak, maka sebaiknay segera mencari bantuan medis atau bantuan darurat.

Sumber: RS JIH

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).