Kenali 5 Ciri Gangguan Mental pada Remaja: Prestasi Menurun hingga Insomnia

Jumat 23 Juni 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi. Kenali 5 Ciri Gangguan Mental pada Remaja: Prestasi Menurun hingga Insomnia | Foto: iStock

Ilustrasi. Kenali 5 Ciri Gangguan Mental pada Remaja: Prestasi Menurun hingga Insomnia | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Mental Illness (mental disorder), disebut juga dengan gangguan mental atau jiwa, menurut Kementerian Kesehatan RI. Kondisi kesehatan ini dapat mempengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati, atau kombinasi diantaranya.

Gangguan mental ini dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama (kronis). Baik dalam kondisi ringan maupun parah yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

World Health Organization, sebagaimana dikutip via Yoursay.Id -jaringan suara.com, menyebutkan ada 300 juta orang diseluruh dunia yang mengalami gangguan mental atau kejiwaan pada tahun 2022 lalu.

Dan di Indonesia sendiri terdapat 15,5 juta (34,9 persen) remaja mengalami masalah mental dan 2,45 juta (5,5 persen) remaja mengalami gangguan mental. Dari jumlah itu, baru 2,6 persen yang mengakses layanan konseling, baik emosi maupun perilaku, seperti dilansir dari Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey 2022.

Baca Juga: Puing Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan, Titan Renggut 5 Nyawa Penumpang

Jika tidak segera ditangani, gangguan mental pada remaja dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti perasaan tidak bahagia dalam hidup, konflik dengan keluarga, terasing dari lingkungan sosial, keinginan untuk bunuh diri atau mencelakai orang lain, hingga kecanduan alkohol dan obat terlarang, seperti dikutip pada laman Mayoclinic.org

Sayangnya, masih banyak orang tua yang belum memahami tentang ciri gangguan mental yang dialami oleh remaja. Kebanyakan dari mereka justru mengganggap hal ini sebagai proses pendewasaan diri.

Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang beberapa ciri gangguan mental pada remaja. Melansir dari laman National Institute of Mental Health, dan Mental Health Foundation, berikut lima diantaranya:

Ciri Gangguan Mental Remaja

1. Sulit Mengontrol Emosi

Mood swing akibat perubahan hormon saat masa pubertas memang menjadi hal yang normal dikalangan remaja.

Akan tetapi, jika mereka terkesan lebih sensitif, tidak mampu mengelola emosi, merasakan sedih mendalam, atau marah yang meledak-ledak tanpa alasan yang jelas, maka orang tua perlu waspada. Pasalnya, kondisi ini telah mengarah pada gangguan mental yang berbahaya.

2. Perubahan Perilaku Tidak Wajar

Ada beberapa perilaku tidak wajar pada remaja yang mengarah pada gangguan mental, yakni memberontak, mengamuk, arogan, mudah tersinggung, atau kembali seperti anak kecil.

Selain itu, adapula remaja yang kesulitan bersosialisasi, berupaya menarik diri dari lingkungan, hingga kehilangan minat untuk melakukan hal-hal yang biasa dilakukan, seperti pergi ke sekolah, melakukan hobi, berkumpul bersama teman, atau mengikuti ekstrakulikuler yang sangat mereka sukai.

3. Prestasi Sekolah Menurun

Berbagai perubahan negatif yang terjadi pada remaja akan ikut mempengaruhi prestasi di sekolah. Pasalnya, gangguan mental berpotensi menurunkan fungsi kognitif, kemampuan berfikir, hingga kemampuan dalam memecahkan suatu masalah.

4. Insomnia dan Anoreksia

Ketika kondisi psikis terganggu, maka keinginan untuk tidur menjadi berkurang atau tidak tidur sama sekali.

Baca Juga: Bacaan Niat Kurban Idul Adha untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap Tata Caranya

Kondisi ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon stres didalam tubuh serta menurunkan produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin, dan endorfin. Selain tidur, stres juga mempengaruhi keinginan untuk makan.

Bagi remaja yang memiliki citra tubuh negatif akibat berat badan berlebih, mereka dapat mengurangi porsi makan secara ekstrem atau tidak makan sama sekali. Hal ini akan memicu anoreksia, bulimia, hingga stress eating.

5. Kebiasaan Negatif

Ketidakmampuan mengekspresikan dan mengelola emosi dengan baik juga akan mempengaruhi perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Remaja tak ragu untuk melakukan hal-hal negatif seperti merokok, mengonsumsi alkohol, penggunaan obat terlarang, hingga menyakiti diri sendiri untuk melepaskan emosi yang tak tersalurkan dengan baik.

Adapun, jika orang tua menemukan beberapa ciri diatas, sebaiknya membawa para remaja untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater agar mendapat penanganan yang tepat.

Sumber: Yoursay.Id (Portal Suara.com)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich