8 Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Umur, Yuk Lakukan!

Senin 17 Juli 2023, 06:15 WIB
Ilustrasi - 8 Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Umur, Yuk Lakukan! (Sumber : Freepik.com/@master1305.)

Ilustrasi - 8 Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Umur, Yuk Lakukan! (Sumber : Freepik.com/@master1305.)

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki umur panjang adalah anugerah luar biasa yang diberikan tuhan kepada kita. Namun, tahukah kamu jika beberapa jenis olahraga dapat memberikan memperpanjang umur?

Tak dipungkiri jika olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat baik untuk tubuh. Dengan berolahraga, tubuh manusia akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Berolahraga secara teratur juga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan dan memperpanjang umur. Berikut adalah beberapa olahraga yang telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan umur dan kualitas hidup:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan hampir oleh siapa saja. Berjalan kaki secara teratur dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperpanjang umur.

Baca Juga: 13 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Patut Ditiru, Yuk Lakukan

2. Berlari

Lari merupakan bentuk olahraga yang efektif untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Berlari secara teratur dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, kekuatan otot, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Bersepeda

Bersepeda juga sebagai olahraga yang ramah sendi dan baik untuk kesehatan jantung. Melakukan kegiatan ini secara rutin dapat meningkatkan kekuatan otot, melancarkan sirkulasi darah, dan menjaga kesehatan mental.

Selain itu, bersepeda dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, yang berdampak positif pada umur panjang.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

4. Berenang

Berenang salah satu olahraga yang menyeluruh, melibatkan hampir semua kelompok otot dalam tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan fleksibilitas.

Berenang juga merupakan latihan bebas impak, yang mengurangi risiko cedera pada sendi. Aktivitas ini berperan penting dalam memperpanjang umur dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

5. Yoga

Yoga bisa dikatakan latihan yang menggabungkan gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi. Olahraga ini membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, dan kesehatan mental.

Yoga juga telah terbukti mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur, yang berkontribusi pada peningkatan umur.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

6. Tenis

Tenis merupakan olahraga aktif yang melibatkan gerakan cepat dan menguji kelincahan serta keterampilan koordinasi. Dengan bermain tenis secara rutin, kamu dapat meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan koordinasi.

Ini juga membantu menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah yang baik.

7. Senam atau Aerobik

Melakukan senam atau aerobik meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, kekuatan otot, dan fleksibilitas. Aktivitas ini membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kualitas hidup.

Baca Juga: 30 Fakta Unik dan Menarik Dunia yang Jarang Diketahui, Bikin Takjub!

8. Sepakbola

Sepakbola adalah olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan berkontribusi pada umur panjang yang sehat. Sebab, sepakbola melibatkan gerakan konstan, berlari, dan berjalan yang dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi.

Bermain sepakbola secara teratur dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, kekuatan jantung, dan sirkulasi darah, yang dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

Selain olahraga, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan sehat, istirahat yang cukup, menghindari kebiasaan merokok, dan menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: 7 Rutinitas Pagi yang Bantu Menghilangkan Lemak Perut, Yuk Cobain!

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa