5 Mitos Batu Hitam di Dunia, Ada Misteri Sekitar Stadion Suryakencana Sukabumi!

Minggu 09 Juli 2023, 16:15 WIB
Hajar Aswad di Ka'bah | Mitos Batu Hitam di Dunia, Ada Misteri Sekitar Stadion Suryakencana Sukabumi! (Sumber : Instagram/@yuli_qotimah)

Hajar Aswad di Ka'bah | Mitos Batu Hitam di Dunia, Ada Misteri Sekitar Stadion Suryakencana Sukabumi! (Sumber : Instagram/@yuli_qotimah)

SUKABUMIUPDATE.com - Misteri batu alam hitam di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi saat ini sedang ramai memperbincangkan. Batu alam hitam ini ada di sekitar Stadion Suryakencana Kota Sukabumi, tepatnya diantara jalan menuju lapangan.

Batu alam itu konon sudah ada sebelum Stadion Suryakencana dibangun pada tahun 1999. Artinya, batu alam hitam tersebut sudah lebih dulu ada dibandingkan Stadion Suryakencana Sukabumi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bus Sukabumi Tujuan Bandung-Palabuhanratu: Harga dan Fasilitas

Lantas, apa itu batu alam hitam? Simak penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber!

Mengenal Apa Itu Batu Hitam

Batu hitam adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan batuan dengan warna hitam. Ada banyak jenis batuan hitam yang berbeda, dan beberapa contoh umum termasuk basalt, granit hitam, obsidian, serpentin, batu apung, dan onyx.

Setiap jenis batu hitam memiliki karakteristik unik dan bisa digunakan untuk berbagai tujuan.

Baca Juga: 120 Ribu/Kg, Ikan Dewa Langka dan Mahal Ada di Sungai Cibuni Sukabumi

Misalnya, granit hitam sering digunakan sebagai bahan konstruksi untuk lantai, dinding, dan meja karena kekuatan dan keindahannya. Di sisi lain, obsidian, adalah jenis batuan vulkanik yang sering digunakan dalam pembuatan alat-alat tajam dan barang seni.

Mitos Batu Hitam di Dunia

Batu hitam memiliki banyak mitos dan interpretasi budaya yang berbeda di berbagai budaya di seluruh dunia. Di bawah ini adalah beberapa contoh mitos yang terkait dengan batu hitam:

1. Batu Hitam Ka'bah

Dalam agama Islam, Batu Hitam yang terletak di Ka'bah di Makkah dianggap sebagai batu suci yang diyakini jatuh dari surga.

Menurut tradisi, Nabi Muhammad melanjutkan praktik dari nabi Ibrahim dengan mencium atau menyentuh Batu Hitam sebagai bagian dari ibadah haji.

2. Batu Hitam Atlantis

Dalam mitologi Yunani, Plato menggambarkan benua hilang Atlantis sebagai tempat dengan bangunan-bangunan megah yang terbuat dari batu hitam.

Meskipun mitos batu hitam ini tidak memiliki bukti sejarah yang valid, batu hitam sering dikaitkan dengan cerita tentang Atlantis.

3. Batu Hitam Kekuatan Gaib

Beberapa kepercayaan dan praktik spiritual mengaitkan batu hitam dengan kekuatan gaib atau energi yang kuat.

Misalnya, batu obsidian dianggap memiliki kemampuan untuk melindungi energi negatif dan menyembuhkan emosi.

4. Batu Hitam dan Kebal Hukum

Di beberapa budaya, batu hitam dikaitkan dengan kekuatan magis atau kekebalan terhadap hukum. Mitos Batu Hitam ini terkadang dihubungkan dengan praktik spiritual tertentu atau digunakan dalam upacara penyembuhan tradisional.

5. Misteri Mitos Batu Alam Hitam di Sukabumi

Kisah Misteri Batu Alam Hitam Dekat Stadion Suryakencana Sukabumi. |Kisah Misteri Batu Alam Hitam Dekat Stadion Suryakencana Sukabumi. |

Menurut cerita yang beredar, batu alam hitam di Warudoyong Sukabumi tidak dapat dipindahkan. Sekalipun menggunakan alat berat, batu alam itu masih tetap diam di tempatnya.

Namun, batu hitam besar yang ada di Stadion Suryakencana itu masih menjadi misteri apakah hanya faktor alam atau memang benar mistis.

Meski begitu, kisah mistis pun terus muncul dikalangan masyarakat hingga saat ini. Dikatakan jika batu alam itu merupakan gerbang menuju alam gaib.

Sebab, tak jarang warga yang melintas akan mengalami hal mistis, apalagi jika masyarakat yang melintasi batu itu saat tengah malam.

Kemudian cerita warga yang mengalami hal mistis menyebut pernah dikejutkan oleh sosok ular besar tanpa kepala yang wujudnya sangat menyeramkan. Kejadian itu tentunya membuat warga semakin takut jika melintasi batu alam tersebut saat malam hari.

Batu alam besar itu hingga artikel ini ditayangkna masih terus berdiri kokoh di samping Stadion Suryakencana Kota Sukabumi.

Baca Juga: Langka Tapi Ada di Sukabumi, Kenapa Ikan Dewa Mahal?

Penting untuk diingat bahwa mitos dan interpretasi batu hitam bervariasi di berbagai budaya dan agama. Mitos ini mungkin berdasarkan keyakinan spiritual, cerita legenda, atau tradisi tertentu.

Maka dari itu, setiap mitos harus dipahami dalam konteks budaya dan sejarahnya yang relevan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan22 Juli 2024, 18:30 WIB

Kenapa Sunscreen Harus Dipakai Meski di Dalam Ruangan? Ini 5 Alasannya!

Sinar UVA dapat menembus kaca jendela dan menyebabkan kerusakan kulit seperti penuaan dini dan risiko kanker kulit. Sunscreen membantu melindungi kulit dari paparan tersebut ketika di dalam ruangan.
Ilustrasi. Menjadikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan meskipun tidak beraktivitas di luar. (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)
Sukabumi22 Juli 2024, 18:20 WIB

Asep Japar Bicara Pemeliharaan Budaya Sukabumi Di Acara Seren Taun Kasepuhan Girijaya

Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024).
Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024) | Foto : Ist
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 18:06 WIB

Pemkab dan DPRD Sukabumi Sepakati RPJPD 2025-2045

Pemkab Sukabumi dan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045 di Rapat Paripurna.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan pimpinan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life22 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Wajah Mulus Bercahaya dan Memancarkan Aura Positif

Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.
Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.  | Foto : Pixabay
Sukabumi22 Juli 2024, 17:52 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan dan Edukasi Ke Warga di Pasar Ramayana Sukabumi

BPJS Ketenagakerjaan Kota Sukabumi memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di Toserba Ramayana, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Selasa 16 Juli 2024.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)