Sederet Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Melancarkan Pencernaan

Minggu 05 Februari 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi daun pepaya - Sederet Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Melancarkan Pencernaan. | (Sumber : Pixabay.com).

Ilustrasi daun pepaya - Sederet Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Melancarkan Pencernaan. | (Sumber : Pixabay.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Daun pepaya adalah salah satu daun yang sering dijadikan lalapan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap makanan menu utama. Meskipun terasa pahit, daun ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, daun pepaya sering dijadikan obat herbal atau pengobatan tradisional oleh orangtua zaman dulu. Di dalam daun pepaya banyak sekali kandungan nutrisi seperti Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Fosfor, Natrium, Kalium dan masih banyak lagi.

Karena terdapat khasiat didalamnya, banyak orang yang mengolah daun pepaya menjadi masakan, dibuat jus atau dimakan mentah sebagai menu lalapan.

Baca Juga: Heboh Nenek Korban Pencabulan di Sukabumi Dipolisikan Pelaku, Kapolres Angkat Bicara

Mengutip Suara.com yang dilansir dari Healthline dan Health Benefit Times, berikut beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

1. Ringankan gejala demam berdarah

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun pepaya dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah secara signifikan.

Seperti yang kita tahu, penderita demam berdarah sangat membutuhkan asupan trombosit dalam tubuh untuk meringankan gejala yang ada.

Baca Juga: Mengintip Lokasi Rest Area di Lintasan Tol Bocimi Seksi III Sukabumi

Meski sampai saat ini belum ada obat khusus untuk demam berdarah, pemberian daun pepaya dipercaya ampuh mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah.

2. Melancarkan kerja sistem pencernaan

Ekstrak daun pepaya, dipercaya efektif untuk meringankan beragam gejala gangguan pencernaan, seperti mulas sampai perut kembung.

Penggunaan bubuk papain, sebuah enzim yang ada dalam daun pepaya juga diketahui mampu mengatasi permasalahan pencernaan.

Baca Juga: Bos Aos Preman Pensiun 8 Kembali ke Terminal, Rest In Peace Terusir dari Parkiran?

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian mendalam terkait manfaat daun pepaya untuk sistem pencernaan ini.

3. Meredakan nyeri haid

Kandungan senyawa aktif dalam daun pepaya memiliki manfaat untuk meredakan nyeri haid yang kerap mengganggu wanita saat memasuki musim suburnya.

Caranya, cukup rebus satu helai daun pepaya dengan garam dan asam jawa sampai mendidih. Kemudian, minum selagi hangat. Minum teratur sampai nyeri haid terasa lebih ringan.

4. Hilangkan bekas jerawat

Kemunculan jerawat di wajah dipicu oleh kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik. Dengan kulit wajah yang tidak terawat, pori-pori akan tersumbat sehingga membuat minyak dan sisa kotoran tertinggal di wajah.

Baca Juga: Apa Itu PMO? Bahasa Gaul TikTok yang Wajib Diwaspadai

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan daun pepaya, buatlah masker daun pepaya menggunakan blender dengan menambahkan sejumlah air sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan masker daun pepaya ke area kulit bekas jerawat.

5. Menyuburkan rambut

Kandungan flavonoid serta vitamin E pada daun pepaya memiliki fungsi untuk pertumbuhan rambut serta merawat kesehatan kulit kepala.

Selain itu, dengan mengkonsumsi daun pepaya yang memiliki kandungan antioksidan juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif sehingga meningkatkan kesuburan rambut di kepala.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait penggunaan topikal masker kulit kepala bagi kesuburan rambut.

6. Menurunkan risiko hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan keadaan dimana tekanan darah dalam tubuh mencapai angka 130/80 mmHg atau lebih.

Beberapa penderita hipertensi biasanya mengalami beberapa gejala seperti lemas, sakit kepala, sampai sesak napas yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat memicu penyakit lain seperti jantung sampai stroke.

Baca Juga: Persib Bandung vs PSS Sleman: Momentum Maung Bandung Kembali ke Puncak Klasemen

Selain pengobatan dengan obat kimia, pengobatan alami dengan rebusan daun pepaya juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Caranya, cukup konsumsi rebusan daun pepaya dengan campuran madu dan lakukan secara teratur untuk memperoleh hasil maksimal.

Itulah berbagai manfaat daun pepaya yang ternyata cukup banyak. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Sumber: Suara.com (Hillary Sekar Pawestri)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)