Sederet Manfaat Olahraga di Pagi Hari, Bisa Meningkatkan Stamina Tubuh

Sabtu 04 Februari 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi. Manfaat Olahraga di Pagi Hari, Bisa Meningkatkan Stamina Tubuh (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Manfaat Olahraga di Pagi Hari, Bisa Meningkatkan Stamina Tubuh (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Berolahraga di pagi hari umumnya dilakukan bagi orang yang memiliki jadwal padat. Pagi hari sering disebut sebagai waktu paling tepat untuk olahraga karena udara yang masih segar, terutama jika dilakukan di luar rumah.

Manfaat olahraga pagi dalam mengontrol nafsu makan juga menjadi alasan mengapa olahraga pada waktu ini direkomendasikan bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Olahraga pagi hari ini dapat dilakukan dengan kondisi perut kosong. Pasalnya, saat perut kosong, pembakaran lemak 20% lebih banyak dibandingkan sudah sarapan. Dengan catatan, tubuh memang kuat untuk berolahraga tanpa makan sebelumnya.

Baca Juga: Ampuh dan Mudah! Cek 7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Bahan yang Tersedia di Rumah

Mengutip Healthline via Tempo.co, memang tak ada waktu yang paling tepat untuk olahraga. Namun, setiap orang bisa mengatur waktu luang untuk berolahraga mengingat penentuan waktu tergantung gaya hidup dan kesibukan setiap orang. Meskipun begitu, sebagian orang lebih minat olahraga di pagi hari.

Sederet Manfaat Olahraga Pagi

1. Manfaat Olahraga Pagi: Tak banyak gangguan

Saat berolahraga pagi belum banyak gangguan aktivitas. Misalnya, panggilan telepon, pesan singkat, dan lain-lain. Aktivitas yang sedikit gangguan akan bermanfaat untuk menyelesaikan sesi olahraga.

2. Manfaat Olahraga Pagi: Suhu udara

Saat siang atau sore hari suhu udara cenderung panas. Saat suhu udara panas, tak disarankan untuk berolahraga di luar ruangan. Suhu udara yang nyaman saat pagi dimulai ketika subuh sebelum menjelang matahari terbit.

3. Manfaat Olahraga Pagi: Memilih makanan

Olahraga mampu membuat seseorang memilih makanan yang lebih sehat. Laporan penelitian yang dipublikasi dalam International Journal of Obesity menjelaskan, program olahraga terhadap 2.680 mahasiswa. Hasilnya, meski tak disuruh untuk mengganti pola makan, mahasiswa yang mengikuti program berolahraga pagi hanya tertarik mengonsumsi makanan sehat. Sebab, aktivitas menyehatkan yang sudah baik dilakukan ingin diteruskan, misalnya mengurangi konsumsi gorengan.

Meski dalam penelitian itu tak mencari tahu waktu terbaik untuk melakukan olahraga, namun berolahraga mampu membuat seseorang memilih makanan yang sehat. Olahraga pagi memungkinkan orang memulai hari dengan mengonsumsi makanan sehat yang diteruskan sepanjang hari.

Baca Juga: Sopirnya Pelajar, Kasus Kecelakaan Mobil Dinas DPRD Bawa Penumpang Telanjang

4. Manfaat Olahraga Pagi: Tubuh yang prima

Di dalam tubuh, terdapat hormon kortisol yang membuat tetap terbangun dan waspada. Hormon ini terkadang disebut sebagai hormon stres. Namun, hormon itu bisa menyebabkan masalah hanya jika terdapat lebih atau kurang jumlahnya.

Biasanya, hormon kortisol meningkat saat pagi dan menurun saat malam. Hormon kortisol mencapai puncaknya pukul 8 pagi. Manfaat olahraga akan terasa pada waktu pagi karena kondisi tubuh yang prima.

5. Manfaat Olahraga Pagi: Meningkatkan Stamina Tubuh

Olahraga teratur baik untuk meningkatkan stamina dan menurunkan kelelahan. Saat berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru. Hal ini akan meningkatkan sistem jantung dan pembuluh darah, ketahanan, dan stamina. Berolahraga saat pagi, tubuh memulai untuk berenergi sepanjang hari.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)