TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Ketakutan Berat Badan Bertambah, Yuk Kenali Obesophobia!

Penulis
Selasa 4 Okt 2022, 17:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berat Badan menjadi suatu kekhawatiran tersendiri karena aktivitas yang monoton, kondisi ini kerap dikhawatirkan oleh sebagian orang terutama perempuan dan memunculkan fenomena Obesophobia.

Hal tersebut tak mengherankan mengingat masih banyak orang berpikiran bahwa berat badan menjadi faktor utama dari penampilan yang menarik atau sering disebut sebagai "good looking".

Tak sedikit orang beranggapan jika orang dengan berat badan berlebih maupun kurang merupakan orang yang tidak menarik.

Lantas, apasih Obesophobia itu dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Apa itu Obesophobia?

Menurut laman Healthline.com, Obesophobia merupakan salah satu jenis gangguan kecemasan atau rasa takut berlebihan akan bertambahnya berat badan. Phobia ini biasanya dirasakan oleh wanita berusia remaja,  meskipun beberapa pria juga ada yang memilikinya.

Jenis fobia ini membuat seseorang merasakan kecemasan yang berlebihan saat berbicara atau sekedar memikirkan hal mengenai penambahan berat badan. Bahkan, tak jarang ditemukan orang dengan obesophobia akan mengalami ketakutan saat berada dekat timbangan.

Apa penyebab obesophobia?

Penyebab dari fobia menambah berat badan ini tidak memiliki penyebab yang pasti. Namun beberapa faktor menjadi kemungkinan mengapa obesophobia dapat terjadi, diantaranya:

1. Stigma Berat Badan

Praktik menilai seseorang berdasarkan berat badan yang mereka miliki disebut dengan stigma berat badan.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x