Sopir Minta Tolong, Fakta-fakta Kecelakaan Kereta Api Tabrak Truk

Rabu 19 Juli 2023, 13:40 WIB
Tangkapan layar saat KA Brantas jurusan Jakarta-Blitar tabrakan dengan sebuah truk di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa malam, 18 Juli 2023. | Foto: Istimewa

Tangkapan layar saat KA Brantas jurusan Jakarta-Blitar tabrakan dengan sebuah truk di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa malam, 18 Juli 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kereta Api Brantas atau KA Brantas jurusan Jakarta-Blitar mengalami tabrakan dengan sebuah truk di perlintasan kereta di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa malam, 18 Juli 2023.

Bedasarkan video yang beredar, terlihat kereta menabrak bagian kepala truk yang melintas dari arah utara ke selatan. Truk sempat terseret ke jembatan besi Kanal Banjir Barat yang berjarak sekitar lima meter dari lokasi awal tabrakan.

Mengutip tempo.co, ledakan besar yang lalu mengeluarkan api terjadi setelah tabrakan itu. Kereta kemudian terhenti setelah truk terimpit jembatan. Berikut sederet fakta KA Brantas menabrak truk yang mogok di perlintasan kereta.

Truk Mogok

Kejadian tabrakan bermula ketika truk tronton tanpa membawa peti kemas melintasi jalur kereta dan tiba-tiba mogok pada Selasa malam, 18 Juli 2023 sekitar pukul 19.30. "Informasi awal truk ini tiba-tiba mogok di atas rel kereta api," ujar Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang Komisaris Besar Irwan Anwar.

Sopir Minta Tolong

Menurut Irwan, sopir dan kernet truk telah berusaha meminta bantuan warga dan petugas palang pintu. Namun, belum sempat memindahkan truk, rangkaian KA Brantas relasi Pasar Senen-Blitar pada jalur perlintasan 6 KM 1+523 petak jalan Jerakah-Semarang Poncol sudah terlanjur tiba.

Penumpang Melompat

Irwan menyebut tak ada korban jiwa yang ditimbulkan akibat kecelakaan tersebut. Kondisi masinis dan asisten masinis pun dalam kondisi selamat. Namun ada korban terluka akibat melompat. "Ada satu penumpang yang terluka karena melompat," ujar dia.

Terjadi Ledakan dan Kobarkan Api

Lokomotif KA Brantas sempat kobarkan api akibat ledakan. Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menyampaikan api yang berkobar di lokomotif KA Brantas sudah berhasil dipadamkan. Sementara dua rangkaian kereta eksekutif ke belakang ditarik mundur menuju Stasiun Jerakah.

Bawa 615 Penumpang

KA 112 Brantas membawa 4 kereta kelas eksekutif, 6 kereta kelas ekonomi dan 1 kereta pembangkit. KA Brantas pada malam itu membawa sebanyak 615 penumpang.

Salah seorang penumpang bernama Dimas (25 tahun) mengaku tidak tahu kejadian pasti tabrakan tersebut. "Hanya terdengar benturan kemudian kereta berhenti," kata penumpang tujuan Blitar itu.

6 Perjalanan KA Terlambat

Akibat tabrakan itu berimbas kepada sejumlah perjalanan kereta api. Ada 6 perjalanan KA penumpang yang mengalami keterlambatan. "Keenam perjalanan kereta yang terlambat itu adalah KA 112 Brantas, KA 178 Kamandaka, KA 199F Kaligung, KA 111 Brantas, KA 129 Gumarang, KA 220 Kertajaya," kata Ixfan.

"Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat adanya kejadian ini," kata Ixfan.

Jalur Rel Mulai Diaktifkan

Jalur rel lokasi tabrakan antara KA Brantas dan truk di Jalan Madukoro Kota Semarang. Kondisi jembatan mengalami kerusakan akibat benturan. Sejumlah sisi jembatan berbahan besi baja tersebut melengkung dan hangus bekas kebakaran.

Jalur rel mulai diaktifkan kembali hari ini. Kereta pertama melintas adalah Kereta Api Gumarang pada Rabu, 19 Juli 2023, pukul 04.28. Rel kembali bisa dilalui setelah rangkaian kereta dan badan truk yang menyangkut di jembatan berhasil dievakuasi.

"Sampai 04.28 di jalur titik terjadinya kejadian insiden baru bisa dilalui," kata Ixfan, Rabu, 19 Juli 2023.

Namun, kereta yang melintas dibatasi kecepatannya. Jembatan lokasi ledakan akibat tabrakan masih dalam proses perbaikan. "Bisa dilewati dengan kecepatan terbatas, lima kilometer per jam," ujar dia.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)