5 Program Mudik Gratis Lebaran 2023: Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Selasa 21 Maret 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi. Penumpang Bus | Program Mudik Gratis BUMN dan Swasta, Persiapan Lebaran 2023 (Sumber : pixabay.com/@NickWalker)

Ilustrasi. Penumpang Bus | Program Mudik Gratis BUMN dan Swasta, Persiapan Lebaran 2023 (Sumber : pixabay.com/@NickWalker)

SUKABUMIUPDATE.com - Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja untuk pulang ke kampung halamannya. Di Indonesia sendiri, mudik identik dengan tradisi tahunan menjelang hari raya besar keagamaan salah satunya Hari Raya Idul Fitri.

Tak heran animo masyarakat berburu Mudik Gratis 2023 sudah terasa bahkan sebelum Ramadan resmi dimulai. Beruntungnya, animo ini juga sejalan dengan berbagai program Mudik Gratis yang disediakan oleh berbagai instansi, baik BUMN maupun Swasta.

Daftar 5 Program Mudik Gratis 2023

Berikut 5 program Mudik Gratis di tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BUMN hingga swasta, seperti dikutip via Tempo.co!

1. Mudik Gratis Kemenhub

Layanan Mudik Gratis 2023 disediakan oleh Kemenhub (Kementerian Perhubungan) melalui DJKA yang pendaftarannya dibuka sejak 1 Maret hingga 3 Mei 2023. 

Program Mudik Gratis ini digelar pada 11-20 April 2023 dan arus baliknya diselenggarakan pada 25 April hingga 4 Mei 2023. Kemenhub telah menyediakan 46.720 penumpang dan sepeda motor dengan kapasitas 10.440. Untuk itu, simak syarat cara mendaftar Mudik Gratis Kemenhub dibawah ini. 

Untuk Syarat Mendaftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 ini antara lain: 

Baca Juga: Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia

a. Para peserta diwajibkan sudah vaksin booster

b. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C

c. WAJIB melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar

d. Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc

e. Bagi Peserta yang hanya mendaftarkan Sepeda Motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti Mudik moda transportasi lainnya

f. Sepeda Motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan Sepeda Motor

g. Tidak diperkenankan menitipkan Helm dan Kaca Spion

h. BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan. 

Kemudian Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 adalah: 

a. Daftarkan diri Anda melalui website resmi mudik gratis Kemenhub dengan URL https://mudikgratisdephub.go.id.

b. Melakukan verifikasi pada kantor Kementrian Perhubungan yang berlokasi di Jl. Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat, mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

c. Berkas verifikasi yang harus dibawa yakni KTP, Kartu Keluarga, SIM dan lain sebagainya.

d. Tunggu verifikasi paling lambat tiga hari setelah melakukan pendaftaran online, jika telah melewati waktu tersebut maka verifikasi pendaftaran dianggap gagal.

e. Informasi lebih lanjut segera hubungi call center Kemenhub dibawah ini:

  • Nomor telepon : 021 151 / 151
  • Facebook : kemenhub151
  • Twitter : @kemenhub151
  • e-mail : [email protected] 

2. Jasa Raharja

Layanan penyedia Mudik Gratis bukan hanya Kemenhub, karena Jasa Raharja membuka program mudik gratis menggunakan transportasi kereta api dan bus. 

Program Mudik Gratis 2023 BUMN ini memiliki 40 tujuan mulai dari Bandar Lampung, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Kebumen,  Yogyakarta, Wonosari, Pacitan, Ponorogo, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Solo, Klaten, Wonogiri, Sragen, Ngawi, Madiun, Pasuruan, Blitar, Malang, Jepara, Tuban, Surabaya, Pati, Blora, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Purwokerto, Wonosobo, dan Magelang.

Baca Juga: Jatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug Sukabumi

Pendaftaran program Mudik Gratis Jasa Raharja 2023 dimulai sejak Maret 2023, dengan ketentuan moda kereta api dilakukan pendaftaran secara online melalui website resmi mudik.jasaraharja.co.id. Untuk itu, simak syarat Mudik Gratis Jasa Raharja dibawah ini. 

Syarat mendaftar Mudik Gratis Jasa Raharja 2023 antara lain: 

a. Memiliki sepeda motor dan SIM C

b. Satu orang pendaftar maksimal 4 orang dewasa (diatas empat tahun) dan 2 bayi infant (dibawah 4 tahun) harus dipangku.

c. Pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga dengan dibuktikan oleh Kartu Keluarga/KK atau Surat Nikah atau Akta Lahir.

d. Pendaftaran tidak boleh diwakilkan.

e. Satu orang pendaftar hanya boleh daftar satu kali.

f. Apabila saat verifikasi dokumen dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka pendaftaran digugurkan dan diisi slot oleh pendaftar lain yang memenuhi syarat. 

3. Hyundai 

Produsen mobil asal Korea Selatan ini memiliki program layanan Mudik Gratis 2023. Hyundai menyediakan Mudik Gratis hanya untuk 10 orang terpilih dengan mengikuti challenge sejak 3-28 Maret 2023.  

Konsep kegiatan Mudik Gratis yang diselenggarakan Hyundai yakni, calon pemudik ikut serta dalam challenge di akun Instagram @hyundaimotorindonesia dengan cara memposting foto dengan caption agenda mudik.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah Mudik Gratis menggunakan mobil Hyundai Stargazer dan juga mendapatkan THR sebesar 200 juta rupiah atau  Rp. 20.000.000 bagi setiap pemenang yang beruntung. 

4. Indomaret 

Program Mudik Gratis Indomaret 2023 menyedikan tiga titik keberangkatan dari Lampung, Jakarta, dan Surabaya dengan tujuan sasaran berada di kota-kota pulau Jawa. Indomaret menyediakan 3.380 kursi mudik gratis menggunakan bus dan kereta api yang berangkat pada 18-19 April 2023. 

Baca Juga: Bansos Ramadan 2023, Begini Cara Cek Penerima Bantuan Sosial Kemensos

Peserta Mudik Gratis Indomaret 2023 untuk wilayah Jakarta disediakan 2.290 tiket bus yang diberangkatkan dari Gelora Bung Karno Jakarta dan kereta api diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen. Sementara itu, untuk peserta mudik wilayah Lampung disediakan 500 tiket yang berangkat dari PKOR Way Halim Bandar Lampung pada 18 April 2023 pukul 08.00 WIB. 

Selain itu, peserta mudik Surabaya disediakan 590 tiket yang diberangkatkan dari Balai Prajurit Pasmar 2, Sidoarjo, 19 April 2023 pukul 08.00 WIB. 

5. Alfamart

Alfamart memiliki program Mudik Gratis kepada beberapa orang yang beruntung di Jabodetabek dan telah memenuhi syarat. Mudik Gratis Alfamart 2023 menyediakan transportasi bus dan pesawat yang melintasi berbagai tujuan di seluruh Indonesia. 

Syarat Daftar Mudik Gratis Alfamart 2023 antara lain: 

a. Program Mudik Gratis hanya ada pada daerah Jabodetabek.

b. Harus melakukan pembelian beberapa produk sponsor dengan minimal jumlah 3 produk dengan jumlah nominal Rp100.000 khusus member Alfamart.

c. Setelah melakukan pembelian akan mendapatkan 1 start dan bisa menukarkannya dengan 1 tiket. 4. Tukarkan melalui aplikasi Alfagift, dengan peraturan sebagai berikut:

  • 3 start akan mendapatkan 1 tiket bus
  • 6 start akan mendapatkan 1 tiket pesawat z

SUMBER: TEMPO.CO | DANAR TRIVASYA FIKRI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel29 Maret 2024, 07:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Meskipun makanan dapat memengaruhi mood, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan agar tidak stres.
Cokelat. Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi stres (Sumber : YouTube Home Cooking Adventure)
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)