5 Program Mudik Gratis Lebaran 2023: Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Selasa 21 Maret 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi. Penumpang Bus | Program Mudik Gratis BUMN dan Swasta, Persiapan Lebaran 2023 (Sumber : pixabay.com/@NickWalker)

Ilustrasi. Penumpang Bus | Program Mudik Gratis BUMN dan Swasta, Persiapan Lebaran 2023 (Sumber : pixabay.com/@NickWalker)

SUKABUMIUPDATE.com - Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja untuk pulang ke kampung halamannya. Di Indonesia sendiri, mudik identik dengan tradisi tahunan menjelang hari raya besar keagamaan salah satunya Hari Raya Idul Fitri.

Tak heran animo masyarakat berburu Mudik Gratis 2023 sudah terasa bahkan sebelum Ramadan resmi dimulai. Beruntungnya, animo ini juga sejalan dengan berbagai program Mudik Gratis yang disediakan oleh berbagai instansi, baik BUMN maupun Swasta.

Daftar 5 Program Mudik Gratis 2023

Berikut 5 program Mudik Gratis di tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BUMN hingga swasta, seperti dikutip via Tempo.co!

1. Mudik Gratis Kemenhub

Layanan Mudik Gratis 2023 disediakan oleh Kemenhub (Kementerian Perhubungan) melalui DJKA yang pendaftarannya dibuka sejak 1 Maret hingga 3 Mei 2023. 

Program Mudik Gratis ini digelar pada 11-20 April 2023 dan arus baliknya diselenggarakan pada 25 April hingga 4 Mei 2023. Kemenhub telah menyediakan 46.720 penumpang dan sepeda motor dengan kapasitas 10.440. Untuk itu, simak syarat cara mendaftar Mudik Gratis Kemenhub dibawah ini. 

Untuk Syarat Mendaftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 ini antara lain: 

Baca Juga: Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia

a. Para peserta diwajibkan sudah vaksin booster

b. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C

c. WAJIB melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar

d. Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc

e. Bagi Peserta yang hanya mendaftarkan Sepeda Motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti Mudik moda transportasi lainnya

f. Sepeda Motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan Sepeda Motor

g. Tidak diperkenankan menitipkan Helm dan Kaca Spion

h. BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan. 

Kemudian Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 adalah: 

a. Daftarkan diri Anda melalui website resmi mudik gratis Kemenhub dengan URL https://mudikgratisdephub.go.id.

b. Melakukan verifikasi pada kantor Kementrian Perhubungan yang berlokasi di Jl. Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat, mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

c. Berkas verifikasi yang harus dibawa yakni KTP, Kartu Keluarga, SIM dan lain sebagainya.

d. Tunggu verifikasi paling lambat tiga hari setelah melakukan pendaftaran online, jika telah melewati waktu tersebut maka verifikasi pendaftaran dianggap gagal.

e. Informasi lebih lanjut segera hubungi call center Kemenhub dibawah ini:

  • Nomor telepon : 021 151 / 151
  • Facebook : kemenhub151
  • Twitter : @kemenhub151
  • e-mail : [email protected] 

2. Jasa Raharja

Layanan penyedia Mudik Gratis bukan hanya Kemenhub, karena Jasa Raharja membuka program mudik gratis menggunakan transportasi kereta api dan bus. 

Program Mudik Gratis 2023 BUMN ini memiliki 40 tujuan mulai dari Bandar Lampung, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Kebumen,  Yogyakarta, Wonosari, Pacitan, Ponorogo, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Solo, Klaten, Wonogiri, Sragen, Ngawi, Madiun, Pasuruan, Blitar, Malang, Jepara, Tuban, Surabaya, Pati, Blora, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Purwokerto, Wonosobo, dan Magelang.

Baca Juga: Jatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug Sukabumi

Pendaftaran program Mudik Gratis Jasa Raharja 2023 dimulai sejak Maret 2023, dengan ketentuan moda kereta api dilakukan pendaftaran secara online melalui website resmi mudik.jasaraharja.co.id. Untuk itu, simak syarat Mudik Gratis Jasa Raharja dibawah ini. 

Syarat mendaftar Mudik Gratis Jasa Raharja 2023 antara lain: 

a. Memiliki sepeda motor dan SIM C

b. Satu orang pendaftar maksimal 4 orang dewasa (diatas empat tahun) dan 2 bayi infant (dibawah 4 tahun) harus dipangku.

c. Pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga dengan dibuktikan oleh Kartu Keluarga/KK atau Surat Nikah atau Akta Lahir.

d. Pendaftaran tidak boleh diwakilkan.

e. Satu orang pendaftar hanya boleh daftar satu kali.

f. Apabila saat verifikasi dokumen dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka pendaftaran digugurkan dan diisi slot oleh pendaftar lain yang memenuhi syarat. 

3. Hyundai 

Produsen mobil asal Korea Selatan ini memiliki program layanan Mudik Gratis 2023. Hyundai menyediakan Mudik Gratis hanya untuk 10 orang terpilih dengan mengikuti challenge sejak 3-28 Maret 2023.  

Konsep kegiatan Mudik Gratis yang diselenggarakan Hyundai yakni, calon pemudik ikut serta dalam challenge di akun Instagram @hyundaimotorindonesia dengan cara memposting foto dengan caption agenda mudik.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah Mudik Gratis menggunakan mobil Hyundai Stargazer dan juga mendapatkan THR sebesar 200 juta rupiah atau  Rp. 20.000.000 bagi setiap pemenang yang beruntung. 

4. Indomaret 

Program Mudik Gratis Indomaret 2023 menyedikan tiga titik keberangkatan dari Lampung, Jakarta, dan Surabaya dengan tujuan sasaran berada di kota-kota pulau Jawa. Indomaret menyediakan 3.380 kursi mudik gratis menggunakan bus dan kereta api yang berangkat pada 18-19 April 2023. 

Baca Juga: Bansos Ramadan 2023, Begini Cara Cek Penerima Bantuan Sosial Kemensos

Peserta Mudik Gratis Indomaret 2023 untuk wilayah Jakarta disediakan 2.290 tiket bus yang diberangkatkan dari Gelora Bung Karno Jakarta dan kereta api diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen. Sementara itu, untuk peserta mudik wilayah Lampung disediakan 500 tiket yang berangkat dari PKOR Way Halim Bandar Lampung pada 18 April 2023 pukul 08.00 WIB. 

Selain itu, peserta mudik Surabaya disediakan 590 tiket yang diberangkatkan dari Balai Prajurit Pasmar 2, Sidoarjo, 19 April 2023 pukul 08.00 WIB. 

5. Alfamart

Alfamart memiliki program Mudik Gratis kepada beberapa orang yang beruntung di Jabodetabek dan telah memenuhi syarat. Mudik Gratis Alfamart 2023 menyediakan transportasi bus dan pesawat yang melintasi berbagai tujuan di seluruh Indonesia. 

Syarat Daftar Mudik Gratis Alfamart 2023 antara lain: 

a. Program Mudik Gratis hanya ada pada daerah Jabodetabek.

b. Harus melakukan pembelian beberapa produk sponsor dengan minimal jumlah 3 produk dengan jumlah nominal Rp100.000 khusus member Alfamart.

c. Setelah melakukan pembelian akan mendapatkan 1 start dan bisa menukarkannya dengan 1 tiket. 4. Tukarkan melalui aplikasi Alfagift, dengan peraturan sebagai berikut:

  • 3 start akan mendapatkan 1 tiket bus
  • 6 start akan mendapatkan 1 tiket pesawat z

SUMBER: TEMPO.CO | DANAR TRIVASYA FIKRI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel27 Februari 2024, 18:30 WIB

Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta

Berikut ini empat destinasi wisata dekat stasiun Cipatat yang bisa dikunjungi dengan menaiki kereta api
Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta (Sumber : Google Maps/Agus Rustandi)
Life27 Februari 2024, 18:00 WIB

5 Doa Menyambut Ramadan Bulan Penuh Keberkahan

Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah
Ilustrasi - Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah (Sumber : Freepik)
Sukabumi27 Februari 2024, 17:27 WIB

Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton 5 Meter Ditangkap Warga Cibadak Sukabumi

Seekor ular Piton kepergok saat hendak memangsa ayam warga di Kampung Bojong Setra RT 1/3 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/2/2024).
Ular Piton panjang 5 meter ditangkap warga di Cibadak Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Musik27 Februari 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Who I Am -  Alan Walker, Putri Ariani, Peder Elias

Lagu "Who I Am" merupakan lagu yang catchy dan inspiratif. Lagu ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendengarkan lagu dance elektronik dengan lirik yang positif.
Lagu "Who I Am" bercerita tentang seseorang yang menerima diri mereka sendiri apa adanya. (Sumber : Instagram/@arianinismaputri.)
Inspirasi27 Februari 2024, 16:30 WIB

Fresh Graduate Simak! 8 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Berikut ini cara membuat lamaran pekerjaan yang benar lengkap dengan contohnya
Ilustrasi. Berikut ini cara membuat lamaran pekerjaan yang benar lengkap dengan contohnya (Sumber : Freepik/@DCStudio)