Daftar Nama Relawan Capres 2024: Anies Baswedan, Ridwan Kamil hingga Puan Maharani

Jumat 27 Januari 2023, 13:45 WIB
Daftar Nama Relawan Capres 2024: Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil (Sumber : Istimewa)

Daftar Nama Relawan Capres 2024: Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemilihan umum atau Pemilu rencananya akan digelar mulai bulan Februari 2024 mendatang dengan berbagai macam agenda, mulai dari pilpres, pemilihan anggota DPD, DPR, DPRD provinsi, dan kota/kabupaten, pilkada gubernur dan wali kota/ bupati.

Pilpres 2024 menjadi salah satu agenda pemilu yang disorot mengingat presiden terpilih nantinya akan menjadi pemegang kekuasaan tertinggi di Indonesia sebagai Kepala Negara.

Alhasil, desas-desus Pemilu 2024 terus menjadi topik perbincangan masyarakat. Ditambah dengan deretan tokoh penting tanah air mulai ramai disebut untuk jadi kandidat Pilpres 2024 nanti.

Masih seputar pilpres, euforia dan manuver berbagai partai politik mulai mengemuka di depan publik dengan mengedepankan beberapa tokoh untuk maju sebagai Capres 2024.

Baca Juga: Pilpres 2024, Survei RLI: Ridwan Kamil kejar Anies di Kota Sukabumi, Prabowo Teratas

Dari pembentukan Koalisi Indonesia Baru atau KIB oleh Partai Golkar, PAN, dan PPP hingga deklarasi sejumlah relawan terhadap beberapa nama figur politik. Belakangan, istilah-istilah Dewan Kopral, Dewan Kolonel, hingga akronim ANIES bermunculan di media sosial dan pemberitaan. Simak penjelasannya, seperti dikutip via Tempo.co.

Daftar Nama Relawan Capres 2024

Anies Baswedan

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut menjadi salah satu nama populer dalam ajang Pilpres 2024. Berbeda dengan nama-nama figur politik dalam daftar ini, Anies secara resmi telah dinyatakan sebagai Calon Presiden oleh Partai Nasional Demokrat.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Surya Paloh selaku Ketua Umum Partai NasDem pada 3 Oktober 2022 lalu di NasDem Tower. Dalam pernyataan tersebut, Surya Paloh menyebut Anies sebagai calon terbaik. "Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best," katanya sebagaimana dilansir oleh Tempo.

Sementara itu, di level masyarakat, bermunculan pula nama-nama relawan pendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024, seperti Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera alias ANIES dan @relawananies yang kerap mempromosikan Anies di media sosial. Juga, Go-Anies yang mengundang polemik karena dideklarasikan oleh bebeapa kader Golkar.

Ridwan Kamil

Walaupun tak seheboh Puan Maharani dan Anies Baswedan, Ridwan Kamil merupakan sosok figur politik yang tak dapat dianggap remeh. Mengutip hasil survei Parameter Politik Indonesia di Tempo, Ridwan Kamil digadang-gadang sebagai pasangan ideal bagi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024.

Ridwan Kamil pun sebenarnya telah menerima dukungan dari relawan secara resmi. Dikutip dari Antara, diketahui sejumlah perwakilan massa di Kabupaten Lombok bernama Gerakan Nasional Indonesia Juara alias GNIJ mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil sebagai Capres 2024 pada 16 April 2022 lalu.

Baca Juga: Heboh Rekening BCA Milik Penjual Burung Diblokir Atas Perintah KPK, Ini Kronologinya

Airlangga Hartarto

Memegang jabatan sebagai Ketua Partai Golongan Karya sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, nama Airlangga Hartarto turut meramaikan ajang Pilpres 2024.

Barisan Relawan Airlangga Hartarto alias Baralangga mendeklarasikan dukungan secara nasional kepada Airlangga pada Ahad, 8 Agustus 2022 lalu. Selain Baralangga, mengutip situs resmi Partai Golkar, Airlangga juga menerima dukungan dari Relawan Batobo di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Sabtu, 8 Januari 2022.

Ganjar Pranowo

Dikenal sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berulang kali menjuarai hasil survei perkiraan Pilpres 2024 pada sejumlah lembaga survei dan penelitian. Berada di kandang yang sama dengan Puan Maharani, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDIP, rivalitas Ganjar dengan Puan tak terelakkan.

Apabila Puan memiliki Dewan Kolonel, Ganjar menerima dukungan dari Dewan Kopral. Merujuk catatan Tempo, dewan ini diketahui dibentuk oleh Ketua relawan Ganjar Pranowo Mania atau GP Mania, Immanuel Ebenezer sebagai oposisi dari Dewan Kolonel.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga menerima dukungan dari banyak kelompok relawan, seperti Sahabat Ganjar, Teman Ganjar (Tegar), Sahabat Ganjar Pranowo (SGP), Seknas Ganjar Indonesia, hingga Kita Ganjar Nusantara (KGN). Dan, relawan Ganjarist, sebelumnya Ketua Umum (Ketum) Relawan Ganjarist Eko Kuntadhi mengundurkan diri karena kasus penghinaan kepada ustazah di Pondok pesantren Lirboyo.

Baca Juga: Bus Arema FC di Lempar Batu, Pemain Terluka Terkena Pecahan Kaca

Puan Maharani

Duduk sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat alias DPR, Puan Maharani menerima dukungan dari relawan yang mendeklarasikan diri sebagai Generasi Muda Pejuang Nusantara atau Gema Puan.

Relawan ini mendeklarasikan diri pada 10 Oktober 2021. Deklarasi ini dipimpin oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah atau DPD Gema Puan di Jawa Timur, Nanang Sutrisno. “Kami mendeklarasikan Puan Maharani Capres 2024. Dukungan bisa diberikan kapan saja, tetapi yang pasti kami sudah menciptakan momentum," Nanang.

Selain mendapatkan dukungan dari relawan, Puan Maharani diketahui juga menerima dukungan dari sejumlah elite politik. Dukungan ini diberikan oleh Johan Budi, Trimedya Panjaitan, Bambang Wuryanto, Utut Adianto, dan Masinton Pasaribu dengan nama Dewan Kolonel.

SUMBER: TEMPO.CO | ACHMAD HANIF IMADUDDIN

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Juni 2024, 17:15 WIB

6 Cara Menghargai Orang Lain, Agar Makin Banyak Disukai

Ada banyak alasan mengapa kita harus menghormati orang lain. Sebagai makhluk sosial, kita hidup dalam masyarakat yang mengharuskan kita untuk saling menghargai.
Ilustrasi menghargai orang lain agar semakin banyak disukai (Sumber : pixabay.com/@mondy23)
Musik20 Juni 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Barcelona Alan Walker feat Ina Wroldsen

Referensi budaya ke Barcelona menambah kedalaman narasi Lagu Alan Walker feat Ina Wroldsen ini.
Official Video Lagu Barcelona Alan Walker feat Ina Wroldsen. Foto: Istimewa
Life20 Juni 2024, 16:45 WIB

Perhatikan Sikapnya, 5 Tanda Orang Tidak Tulus Meminta Maaf Menurut Psikologi

Menurut psikologi, orang yang tidak benar-benar tulus meminta maaf akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang bisa dilihat dari sikapnya.
Ilustrasi orang yang tidak tulus meminta maaf (Sumber : Pexels.com/@LizaSummer)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:43 WIB

Kebakaran di Pabrik Es Krim Cicurug Sukabumi, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Kebakaran terjadi di pabrik es krim di kawasan Industri, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (20/6/2024). Peristiwa terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.
Satu unit Damkar dikerahkan untuk pemadaman kebakar di Pabrik Es Krim di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat20 Juni 2024, 16:30 WIB

Konsumsi Banyak Serat, Ini 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

Mengingat kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, dan sering pergi ke toilet.
Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih20 Juni 2024, 16:21 WIB

Kabar Artis Asal Sukabumi di Bursa Pilkada 2024, Ada Omesh, Bobby, hingga Faank

Beberapa public figure atau artis kelahiran Sukabumi menjadi sorotan seiring dengan semakin dekatnya pembukaan pendaftaran Pilkada serentak tahun 2024 di Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Artis asal Sukabumi maju Pilkada Sukabumi, Bobby Maulana, Ananda Omesh, dan Faank alias Farhan Zainal Muttaqin | Foto : Istimewa
Sehat20 Juni 2024, 16:15 WIB

3 Penyebab Penderita Diabetes Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Alasannya

penderita diabetes sering mengalami meningkatnya frekuensi buang air kecil alias kencing di malam hari. Berikut sebab yang memicu hal demikian terjadi
Ilustrasi Beberapa penyebab kenapa penderita diabetes kerap buang air kecil pada saat malam hari (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:14 WIB

Perlu Uji Endotoksin, Hasil Audit KIPI Bayi di Sukabumi Meninggal Setelah Imunisasi

Kusmana menyatakan pihak keluarga ingin kepastian terkait penyebab kematian.
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti Zoom meeting dengan Komite Nasional KIPI pada Kamis (20/6/2024), membahas kasus bayi meninggal setelah imunisasi. | Foto: Pixabay
Nasional20 Juni 2024, 16:11 WIB

Dari Gunung Putri ke Villa di Sukaraja Sukabumi, Sindikat Uang Palsu Miliaran Rupiah

tersangka YS atau yang akrab disapa Ustad yang diketahui berasal dari Sukabumi berperan mencari lokasi baru yaitu sebuah bangunan villa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Pada akhir tahun 2023, Polisi menemukan lembaran uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu di salah satu vila di Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Science20 Juni 2024, 16:00 WIB

9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek.
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).