TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Partai Demokrat Resmi Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

AHY menyatakan kerja tim kecil Koalisi Perubahan mendekati tahap final.

Penulis
Kamis 26 Jan 2023, 11:32 WIB

Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. | Foto: demokrat.or.id

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY resmi mengumumkan dukungan pihaknya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia mengajak calon mitra koalisinya untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan.

Mengutip tempo.co, AHY menyatakan kerja tim kecil Koalisi Perubahan mendekati tahap final. Dari pertemuan intens yang dilakukan partainya, Partai NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), selama enam bulan belakangan, dia menyatakan cukup bagi Demokrat memutuskan pilihan penting dan fundamental menghadapi Pemilu 2024 dan Pilpres 2024.

Putra pertama Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tersebut menyebutkan kalau ketiga partai tersebut sudah satu pandangan untuk mendukung Anies sebagai bakal calon presiden (Bacapres).

"Adapun terkait Bakal Calon Presiden (Bacapres), sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024," kata AHY dalam pernyataan tertulisnya, Rabu, 25 Januari 2023.

Baca Juga: Survei RLI: PKS, Gerindra, dan Demokrat, Bersaing di Kota Sukabumi Jelang 2024

Menurut AHY, Anies Baswedan merupakan sosok yang dapat memberikan perubahan dan juga perbaikan. “Bagi Demokrat, Mas Anies adalah Tokoh Perubahan dan Perbaikan,” ujarnya.

Pengusungan Bacawapres dari calon mitra koalisi merupakan hal yang wajar. AHY pun menyinggung terkait bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampingi Anies melenggang di kontestasi Pilpres 2024. Dia menghormati pilihan NasDem untuk menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada Anies, akan tetapi dia juga menilai langkah Demokrat dan PKS yang mengajukan calon juga bagian dari aspirasi.

"Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai Bacawapres. Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar,” jelas AHY.

Sebagai informasi, Demokrat mengusung AHY sebagai Bacawapres Anies sementara PKS mengusung Ahmad Heryawan alias Aher.

AHY berharap diskusi terkait bacawapres tersebut tidak menghambat pembentukan koalisi. Sebab rasional saja kata AHY, keputusan bakal capres dan cawapres merupakan keputusan bersama, apalagi asas koalisi ini kesetaraan.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x