Analisis Larangan Jual Rokok Batangan, Cegah Narkotika Tembakau Gorilla?

Selasa 27 Desember 2022, 10:30 WIB
Ilustrasi Larangan Jual Rokok Batangan, Cegah Peredaran Narkotika Tembakau Gorilla? (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Larangan Jual Rokok Batangan, Cegah Peredaran Narkotika Tembakau Gorilla? (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Larangan penjualan rokok batangan tercantum dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023 Bagian 6.

Disebutkan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

Selain pelarangan penjualan rokok secara batangan, aturan lain juga mengatur soal penjualan rokok elektrik, aturan media promosi hingga aturan terkait sponsorship.

Pengawasan iklan, baik promosi, sponsorship produk tembakau di media penyiaran, media dalam dan luar ruang dan media teknologi informasi juga diatur dalam Keppres ini.

Baca Juga: Dilarang Ngeteng? Tahun Depan Pemerintah Larang Jual Rokok Batangan

Sebelumnya Polres Kota Sukabumi bersama Badan Narkotika Nasional dan Bea Cukai Bogor berhasil menggagalkan pengiriman paket NPP yang diduga Synthetic Cannabinoid (Tembakau Gorilla) di Sukabumi, Selasa 5 Januari 2021 silam.

Dikutip dari bcbogor.beacukai.go.id, Tim melakukan penelusuran paket yang berasal dari Bandung menuju Sukabumi dan diselundupkan melalui Perusahaan Jasa Titipan (kurir paket).

Hasil pemeriksaan bersama atas paket tersebut didapatkan 1 pcs buku tulis bekas, 1 kaleng semprotan bekas merk Stella, dan berisi ±10 gram berupa Tembakau Iris (TIS) yg diduga sediaan NPP jenis Synthetic Cannabinoid.

Pada kasus ini pelaku diduga telah melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Lantas, Apa Kaitannya dengan Regulasi Jokowi tentang Larangan Penjualan Rokok Batangan?

Dugaan penyelundupan tembakau gorilla bisa terjadi ketika rokok dijual secara batangan.

Baca Juga: Harga Rokok Mulai Januari 2023 Naik, Simak Daftar Lengkapnya!

Pasalnya, Kepala BNNK Sleman, AKBP Siti Alfiah pernah menyebutkan peredaran tembakau gorila dalam bentuk rokok dijual dengan bentuk yang disamarkan, Minggu, (30/12/2018).

AKBP Siti Alfiah turut menambahkan bentuk fisik rokok dengan kandungan tembakau gorilla memang tidak berbeda dengan rokok kebanyakan. Namun diameternya cenderung lebih kecil dari rokok biasa.

Rokok Tembakau Gorilla tidak dijual per bungkus seperti merk rokok pada umumnya, melainkan dijual dalam bentuk satuan per batang.

Keppres Jokowi mengenai penjualan aturan media promosi juga diduga berkaitan dengan rokok tembakau gorilla yang biasanya diedarkan secara online atau dijual secara lisan antar teman.

Mengapa Rokok dengan Kandungan Tembakau (Cap) Gorilla Dilarang?

Jawabannya merujuk pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca Juga: Target Empuk Bandar, Sukabumi Duduki Posisi ke-3 Peredaran Narkoba

Seperti yang telah diungkap oleh Bea Cukai Bogor bersama BNNK dan Polres Kota Sukabumi bahwa Tembakau jenis ini termasuk Narkotika.

Informasi lebih lanjut kemudian dikutip dari Badan Narkotika Nasional Sukabumi dalam laman resmi sukabumikab.bnn.go.id, menjelaskan tentang Fakta Tembakau Gorilla.

Tembakau Gorilla disebut juga Tembakau Super yang biasanya dicampur dengan tembakau rokok kemudian dilinting seperti menggunakan ganja dan digunakan dengan cara dihisap.

Efek Tembakau Gorilla bisa berupa halusinasi, rasa senang berlebihan dan ketergantungan (adiktif). Bahkan beberapa orang yang tidak kuat menahan efek tembakau gorilla bisa mengalami muntah-muntah hingga black out.

Pendistribusian Tembakau Gorilla tergolong tidak resmi yaitu hanya dijual melalui media sosial atau ‘mulut ke mulut’.

Harga rokok tembakau gorilla per batang berkisar Rp. 25.000,- tetapi peminat yang ingin membeli mentahannya yakni bisa berkisar ratusan ribu rupiah per gram-nya.

Tembakau Gorilla juga memiliki ragam nama yang beredar seperti Hanoman, Natareja, Sun Go Kong dan lain-lain. Nama ini bertujuan untuk menyamarkan penyelundupan barang terlarang dari penyelidikan pihak berwenang.

Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengeluarkan peraturan baru yakni Permenkes No. 2 tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika setelah sebelumnya peredaran Tembakau Gorilla tergolong bebas tanpa regulasi yang mengikat.

Regulasi ini menyebut Tembakau Gorilla masuk dalam daftar Narkotika Golongan 1, di mana zat-zatnya hanya boleh digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga: Tembakau Gorila Diusulkan Masuk UU, DPR Minta Kajian Mendalam

Berdasarkan hal inilah, kasus penyelundupan Rokok Batangan Tembakau Gorilla dapat dikenai sanksi pidana sesuai UU Narkotika No. 35 tahun 2009.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh BNN, Tembakau Gorilla masuk ke dalam daftar Narkotika sekelas Heroin, Kokain, Opium dan Ganja karena kandungannya.

Tembakau Gorilla mengandung ganja sintetis yaitu 5-fluoro ADB, yang mana zat ini tercantum dalam daftar narkotika Golongan 1 nomor 95.

Ganja Sintetis 5-fluoro ADB, dikenal juga sebagai 5F-MDMB Pinaca, adalah Cannabinoid sintetik yang digunakan sebagai bahan aktif pembuatan ganja sintetik.

Zat tersebut dianggap berbahaya setelah munculnya 10 kasus kematian di Jepang. Kala itu, para korban mengalami asfiksia (kekurangan oksigen dalam tubuh dan peningkatan akumulasi karbondioksida) akibat menghisap rokok dengan campuran bahan herbal mengandung zat baru Cannabinoid sintetik.

Oleh karena itu, apabila dianalisis lebih spesifik tentang regulasi Larangan Penjualan Rokok Batangan sebenarnya ada dampak positif dari segi pencegahan penyelundupan Narkotika.

Regulasi Keppres ini dapat menjadi upaya guna mencegah peredaran Rokok dengan Kandungan Tembakau Gorilla.

Sumber : berbagai sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)