TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Cukai Rokok Naik, Petani Tembakau: Sri Mulyani Tega, Kami Tambah Kejepit!

Akibat cukai rokok naik, Asosiasi Petani Tembakau Indinesia melakukan aksi unjuk rasa hari ini, Senin (28/11/2022).

Senin 28 Nov 2022, 14:30 WIB

Cukai Rokok | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) dari Jawa Barat, jawa Tengah, dan Jawa Timur, hari ini Senin (28/11/2022) melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Melansir dari Suara.com, salah satu pendemo yang berorasi dari atas mobil komando mengatakan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sangat tega karena terus menerus melakukan kenaikan tarif cukai setiap tahunnya.

"Ibu kami sedang sulit, sudah 4 tahun ini kami dihadapkan dengan situasi yang kejepit," kata salah satu orator aksi.

Baca Juga: Mulai 2023 Cukai Rokok Naik 10 Persen, Termasuk Vape! Ini Argumen Pemerintah

Dia bilang selama 4 tahun terakhir kondisi para petani tembakau sangat mengkhawatirkan dari sisi kesejahteraan karena tarif cukai yang terus menerus naik.

"Ini ditambah lagi dengan kondisi subsidi pupuk bagi petani tembakau dicabut," katanya.

Dirinya pun meminta tolong kepada Sri Mulyani untuk membatalkan kenaikan tarif cukai ini, karena kondisi saat ini memang serba susah. Apalagi ditambah dengan kenaikan tarif cukai ini.

"Panjenengan kan orang Jawa (Sri Mulyani), mengerti akan sopan santun. Tolong terima, bantu kami ini para petani tembakau," katanya.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) untuk rokok sebesar 10 persen pada tahun 2023 dan 2024.

Dalam keterangannya usai mengikuti rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis 3 November 2022 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa kenaikan tarif CHT pada golongan sigaret kretek mesin (SKM), sigaret putih mesin (SPM), dan sigaret kretek pangan (SKP) akan berbeda sesuai dengan golongannya.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x