Indonesia Bakal Punya Pabrik Piringan Hitam Lagi, Segera Hadir Juni 2023

Kamis 27 April 2023, 16:30 WIB
Indonesia Bakal Punya Pabrik Piringan Hitam Lagi, Segera Hadir Juni 2023. | (Sumber : Instagram/@mgattorna.)

Indonesia Bakal Punya Pabrik Piringan Hitam Lagi, Segera Hadir Juni 2023. | (Sumber : Instagram/@mgattorna.)

SUKABUMIUPDATE.com - Berita baik untuk industri musik Indonesia, pasalnya pabrikan piringan hitam akan kembali hadir di tanah air. Setelah hampir 50 tahun, pabrik piringan hitam akan segera dibuka pada Juni 2023 yang berlokasi di Jakarta.

Piringan hitam mungkin sedikit terdengar begitu asing di telinga generasi milenial. Pasalnya, piringan hitam ini populer di era 70-an dan menjadi salah satu hiburan yang bisa dinikmati orang-orang pada saat itu.

Kini PHR Pressing kembali beroperasi dengan upaya untuk membangkitkan piringan hitam di Indonesia yang telah lama tidur. Diharapkan hal ini bisa melestarikan musik nasional dan memenuhi kebutuhan musisi-musisi yang ingin karyanya dirilis dalam piringan hitam.

Baca Juga: Dirumorkan ke Persija Jakarta, Intip Besaran Gaji El Shaarawy Per Musim

“Sudah ada ribuan piringan hitam yang ada dalam antrean dan akan kami mulai cetak setelah mesin pertama kali siap produksi yang dijadwalkan pada bulan Juni 2023,” kata Direktur Utama PT Kerka Elevasi Mandiri, Clement Arnold, Minggu, 23 April 2023. “Pada bulan Juni 2023, setidaknya sudah ada 1.000 piringan hitam yang akan dicetak.” seperti dikutip via Tempo.co.

PHR Pressing didirikan oleh PT Kerka Elevasi Mandiri yang merupakan joint venture toko vinyl PHR Senayan dan label rekaman Elevation Records. Rencana pembentukan PHR Pressing dimulai sejak 2020. Pada awal 2023, Kerja Elevasi Mandiri akhirnya memutuskan membeli mesin pencetak piringan hitam.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Film Horor Sewu Dino, Diangkat Dari Kisah Nyata!

Selain pasar dalam negeri, PHR Pressing menangkap peluang pertumbuhan penjualan vinyl secara global yang membuat sejumlah pabrik pembuat vinyl di luar negeri mengalami antrean panjang untuk mencetak piringan hitam. Penjualan vinyl yang tumbuh juga menjadi peluang bagi PHR Pressing.

Data US 2022 Luminate Year-End Music Report, menunjukkan penjualan vinyl di Amerika Serikat untuk pertama kalinya melewati CD pada 2022. Lebih dari 41 juta keping vinyl terjual atau sekitar 71 persen dari penjualan format fisik dengan nilai US$ 1,2 miliar.

Sedangkan penjualan CD tercatat mencapai 33 juta atau sekitar US$ 483. Akan tetapi, pertumbuhan penjualan vinyl pada 2022 hanya mencapai 4,2 persen atau melambat dari tahun sebelumnya yang tumbuh 51,4 persen.

Baca Juga: Rumor Pemain Baru Persib, Maung Bandung Ingin Datangkan James Rodriguez

Menurut Clement, PHR Pressing membidik ceruk pasar vinyl luar negeri yang secara global tumbuh. PHR Pressing sedang menjajaki kerja sama untuk mencetak piringan hitam dari beberapa perusahaan rekaman di Singapura dan Thailand.

“Selain mengembangkan industri musik di dalam negeri, kami ingin membuat nama Indonesia harum dengan kapasitasnya membuat piringan hitam yang berkualitas,” kata dia.

Clement mengatakan salah satu keunggulan PHR Pressing adalah waktu produksi yang ditargetkan 1-2 bulan. Berbeda dengan pabrik di luar negeri yang bisa menghabiskan waktu hingga lebih dari 1 tahun lantaran daftar panjang antrean pembuatan vinyl.

Baca Juga: 4 Fakta Kasus Perselingkuhan Virgoun yang Dibongkar Oleh Sang Istri

PHR Pressing juga menyediakan konsultasi secara cuma-cuma dan menyediakan jalur distribusi langsung ke penggemar piringan hitam melalui toko retail maupun kerja sama dengan toko-toko piringan hitam di seluruh Indonesia bahkan di dunia seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris.

Mesin yang dimiliki PHR Pressing memiliki sistem semi-otomatis sehingga dapat mencetak setiap piringan hitam dalam hitungan 30 detik dan menggunakan sistem tanpa uap.

Mesin yang dikembangkan perusahaan M-Tech Engineering (Hong Kong) dan MCS Sironi (Italia) ini dapat memproduksi 30 ribu keping vinyl per bulan.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Landa Asia, Bangladesh Tembus 51 Derajat Hingga Aspal India Meleleh

Salah satu kendala di PHR Pressing adalah dari sisi teknis. Kerka Elevasi Mandiri harus mempelajari dari awal bagaimana proses mesin tersebut bekerja dan mempelajari alur produksi dari awal hingga akhir.

Pasalnya, piringan hitam adalah rilisan fisik yang sangat sensitif. Debu yang menempel pada permukaan mesin saat produksi dapat menurunkan kualitas produksi piringan hitam tersebut. Mereka pun harus mengantisipasi kendala-kendala yang mungkin timbul setelah produksi.

Menurut Clement, pabrik piringan hitam merupakan investasi jangka panjang lantaran terbilang baru. “Maka dari itu, keuntungan mungkin dapat dirasakan paling tidak 5 tahun sejak operasi,” kata dia.

Baca Juga: Link Baca Thread Sewu Dino dari SimpleMan, Lebih Seram dari KKN di Desa Penari

Untuk produksi 400 black vinyl dengan berat 180 gram, PHR Pressing membanderol satu keping dengan harga Rp 160 ribu. Harga tersebut belum termasuk cetak cover. Total waktu produksi mencapai 2 bulan untuk tiap pemesanan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)