Mengenal Crumple Zone dari Cara Kerja serta Fungsinya Bagi Kendaraan

Kamis 16 Februari 2023, 14:30 WIB
Mengenal Crumple Zone dari Cara Kerja serta Fungsinya Bagi Kendaraan. | (Sumber : wuling.id).

Mengenal Crumple Zone dari Cara Kerja serta Fungsinya Bagi Kendaraan. | (Sumber : wuling.id).

SUKABUMIUPDATE.com - Crumple zone atau zona benturan merupakan fitur keamanan yang dirancang untuk mengalami kehancuran saat terjadi kecelakaan. Penerapan crumple zone berguna untuk menyerap energi kinetik dari benturan dan meminimalisir dampaknya.

Mengutip laman wulling, Crumple zone biasanya diletakan di bagian depan dan bagian belakang sebuah mobil. Jika ditempatkan di bagian depan, maka lokasi penyimpanannya berada di bagian ujung depan mobil bahkan sampai dengan ruang kabin.

Oleh karena itu memahami istilah crumple zone bagi pengendara adalah sangat perlu. Karena keselamatan berkendara menjadi prioritas utama yang dimana sangat berguna untuk mengurangi risiko fatal saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Merasa Diperas Soal Dana BOS, Kepsek SMP di Sukabumi Lapor Saber Pungli

Berikut cara kerja dan fungsi dari crumple zone yang dihimpun via Tempo.co.

Cara kerja crumple zone

Poros penggerak crumple zone terbuat dari serat karbon dan polimer yang dirancang untuk pecah menjadi fragmen serat kecil jika mengalami benturan. Hal inilah yang kemudian akan menimbulkan sedikit bahaya bagi penumpang.

Mengutip Science Direct, untuk meningkatkan kemampuan menyerap daya, struktur logam dibungkus dengan komposit yang diperkuat serat. Program elemen hingga ANSYS eksplisit digunakan untuk pemodelan.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Komposit carbon epoxy dan e-glass epoxy dibungkus menggunakan serat yang berbeda dan jumlah lapisan di sekitar tabung baja ringan.

Parameter penting lainnya yang digunakan sudut kompresi miring dan rasio tabung elips. Tabung hibrida diposisikan di antara dua pelat.

Elemen shell digunakan untuk membangun model elemen hingga seluruh permukaan model berguna eroding single surface untuk mengidentifikasi permukaan yang bersentuhan.

Baca Juga: Dulu Dibakar Kini Disegel, JAI Ungkap Alasan Bangun Madrasah di Sukabumi

Adapun hubungan automatic surface-to-surface ditugaskan ke permukaan antara tabung dan dua pelat. Sebelum model ini digunakan lebih lanjut, penting untuk membandingkan dengan solusi yang ada dan untuk melihat apakah model saat ini sesuai. Ketika sudut miring dan rasio elips naik, semua parameter kelaikan tabrak menurun.

Fungsi crumple zone

Fungsi utama crumple zone mengurangi kekuatan tabrakan yang diterima oleh penumpang kendaraan. Ketika kendaraan bertabrakan dengan benda keras, energi kinetik yang dihasilkan dari kecepatan kendaraan akan berubah menjadi potensial.

Jika kendaraan tidak memiliki crumple zone, energi potensial tersebut akan secara langsung disalurkan ke kabin dan penumpang dalam kendaraan. Itu menyebabkan cedera yang serius atau bahkan fatal.

Baca Juga: Kecelakaan dengan Truk Tronton, Pemotor Tewas di Jembatan Pamuruyan Sukabumi

Namun, adanya crumple zone, material di bagian depan atau belakang kendaraan bisa melengkung atau berkerut, sehingga energi tabrakan bisa diserap dan dikurangi secara bertahap.

Hal ini membantu melindungi penumpang kendaraan dari kekuatan tabrakan yang berlebihan dan mengurangi risiko cedera yang serius atau fatal.

Dalam beberapa kasus, crumple zone menolong mengurangi biaya perbaikan kendaraan setelah tabrakan karena material crumple zone mudah diganti atau diperbaiki.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).