13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Kamis 09 Februari 2023, 19:10 WIB
Untuk mencapai lokasi goa kutamaneuh termasuk mudah, karena kendaraan roda dua bisa masuk | Foto : Istimewa

Untuk mencapai lokasi goa kutamaneuh termasuk mudah, karena kendaraan roda dua bisa masuk | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi memiliki banyak obyek wisata, termasuk yang bernilai sejarah dan dianggap sakral yang sering dikunjungi peziarah. Salah satunya Goa Kutamaneuh yang terletak di Kampung Babakan Ciburial, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasinya yang sepi dan tenang, jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota, berada di bawah kaki bukit karang. Karena itu Goa Kutamaneuh sangat cocok sebagai tempat bersemedi.

Goa Kutamaneuh seperti diceritakan Agus Suparitana (50) awalnya ditemukan oleh warga sekitar pada saat berburu kelinci.

Baca Juga: 4 Destinasi Wisata Goa di Sukabumi, Goa Kutamaneuh Hingga Buniayu

"dulu ada namanya bah eem, berburu kelinci di kebun, pada saat dikejar sang kelinci tersebut lari ke dalam goa, disitulah kemudian goa tersebut mulai dikenal dan ramai dikunjungi seperti sekarang ini," ujar Tagor sapaan akrabnya. 

Untuk mencapai lokasi goa termasuk mudah, karena kendaraan roda dua bisa masuk. Meski jalannya masih perlu perbaikan, tapi cukup lumayan. Namun saat masuk ke dalam goa harus harus berbekal keberanian dan ketangkasan. 

Berikut ini adalah fakta yang beredar ditengah masyarakat Sukabumi yang berhasil sukabumiupdate.com rangkum dari wawancara bersama warga sekitar goa kutamaneuh, Agus Supritana, Kamis, 9 Februari 2023. Diantaranya ada sebagian cerita yang jelas sumbernya maupun cerita dari mulut ke mulut yang sulit dicarikan kebenarannya:

1. Diyakini sebagai tempat peristirahatan Prabu Siliwangi

Menurut keyakinan sebagian peziarah, Goa Kutamaneuh diyakini sebagai lokasi sakral. Konon, goa ini dulunya merupakan tempat peristirahatan Raja Pajajaran, yaitu Prabu Siliwangi serta anaknya Raden Kian Santang.

Baca Juga: Goa Putih di Cicantayan, Destinasi Wisata Alam Sakral yang Belum Tersentuh Perhatian

Nama Kutamaneuh sendiri diambil dari makna 'Kuta' atau singkatan dari kata 'Makuta' atau topi raja. Sedangkan 'Maneuh' artinya tetap atau diam pada tempatnya. Apabila disatukan dua kata itu, berarti tempat untuk beristirahat raja.

2. Kolam Pemandian

Didalam Goa Kutamaneuh terdapat sungai kecil (kolam pemandian). Konon katanya kolam tersebut berkhasiat bagi yang mempercayainya. Sungai kecil tersebut mengalir dari dalam goa, kedalamannya hanya 0,5 meter. Air jernihnya mengalir keluar goa dan dipergunakan masyarakat untuk pertanian.  

3. Dua pintu dan patung Harimau

Goa Kutamaneuh terdapat dua pintu, satu pintu masuk sebelah barat dan sebelah timur pintu keluar. Ketika menginjakkan kaki di depan pintu, sudah ada dua patung harimau cukup besar.

Baca Juga: Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi: Tempat Robin Hood Indo, Perampok Emas 70-an Bersembunyi

4. Terdapat 9 Kamar

Di dalam goa kutamaneuh cukup luas, terdapat sembilan ruangan yang berbentuk kamar. Konon, kesembilan ruangan tersebut dulunya merupakan tempat peristirahatan keluarga Hyang Prabu Siliwangi. Akan tetapi sekarang menjadi tempat tirakat atau bersemedi bagi sebagian peziarah yang mempunyai hajat (keinginan) tertentu.

5. Dikunjungi orang dari berbagai daerah

Dari dulu Goa Kutamaneuh menjadi tempat ziarah atau bersemedi pelancong berbagai daerah. Kebanyakan yang bersemedi pendatang luar Sukabumi, seperti dari Bogor, Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Bandung, dan Sumatera.

6. Tirakatan pada bulan Maulid

Menurut warga sekitar, pengunjung Goa Kutameuh selalu ramai pada bulan Maulid. Konon, pada bulan maulid pengunjung bukan hanya datang berziarah, bahkan menginap beberapa hari untuk tirakatan.

Baca Juga: 8 Daftar Spot Wisata di Sukabumi dengan Nama Unik, Nomor Terakhir Favorit Anak Muda

7. Malam Jum'at kliwon

Untuk bulan-bulan biasa, pengunjung ramai tiap malam Jumat Kliwon. menurut warga susah diprediksi, para peziarah kadang sepi kadang berjubel. Yang jelas kebanyakan dari luar Sukabumi.

8. Berdampak pada ekonomi warga

Seperti kebiasan ditempat wisata, bila pengunjung membludak, pasti memberikan keuntungan bagi warga sekitar. Pasalnya, warga sekitar tidak jauh dari lokasi goa kutamaneuh banyak warung makanan dan sebagainya.

9. Naik pangkat dan dapat jodoh

Berbagai alasan peziarah datang ke Goa Kutamaneuh. Ada yang bersemedi dengan harapan bisa jadi kaya, dapat kedudukan tinggi, naik tahta dan jabatan, serta mendapatkan jodoh.

Tetapi banyak pula yang datang karena penasaran, sekedar melihat-lihat keindahan dan menikmati panorama alam nan sejuk. Sebab dari luar, goa ini tak menampakkan keseramannya, malah sebaliknya terlihat hijau dan asri. Begitu didekati baru terasa nuansa mistiknya.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

10. Membawa lampu senter

Untuk masuk ke goa, pengunjung harus membawa lampu senter, petromaks, atau obor. Sebab, lorongnya sangat dalam dan gelap gulita serta dinding batu yang tajam.  Bisa tersesat bila tanpa pemandu, bisa-bisa hanya berjalan berkutat di dalam goa itu.

11. Juru kunci

Masuk Goa Kutamaneuh tidak boleh sembarangan. Salah-salah bisa kualat atau ketiban sial. Karena itu harus minta izin kepada juru kunci goa yang saat ini berjumlah tujuh orang. Sebab, juru kunci inilah yang dipercaya menjaga keamanan goa. Bagi yang ingin bersemedi, juru kunci atau kuncen akan mengantar-jemputnya agar tidak kesasar.

Baca Juga: 8 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok Untuk Berendam di Akhir Pekan

12. Persembunyian Johny Indo

Goa Kutameneuh pernah menjadi tempat persembunyian Johny Indo sebelum ditangkap pada era 80-an. Saat itu, raja perampok emas di era 70-an, Johanes Hubertus Eijkenboom alias Johny Indo, tepatnya sekitar April 1979 tertangkap di Goa Kutamaneuh saat bersemedi.

Setelah itu, banyak lagi sejumlah penjahat bersembunyi goa ini. Setelah kerjasama dengan pemerintah setempat, kuncen di goa ini mendapatkan penghargaan berupa piagam.

13. Cocok menjadi tempat wisata

Banyak juga pengunjung yang tidak mempercayai adanya hal mistis dan mitos-mitos yang berkembang terkait goa kutamaneuh itu. Alasannya, Goa Kutameneuh lebih cocok untuk tempat wisata alam dan refreshing mengisi liburan atau kepenatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional26 April 2024, 09:31 WIB

Ada Zonasi, Simak 4 Jalur PPDB Tahun 2024 untuk SD, SMP, dan SMA

PPDB diselenggarakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
(Foto Ilustrasi) Ketentuan PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. | Foto: Freepik/@master1305
Inspirasi26 April 2024, 09:30 WIB

Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat

Berikut Informasi Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan untuk Penempatan Wilayah Jawa Barat.
Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat  (Sumber : Freepik)
Sukabumi26 April 2024, 09:02 WIB

Warga Resah! Beredar Video Konvoi Motor Bersajam di Jalan Pajampangan Sukabumi

Dalam video terlihat salah satu orang yang dibonceng menggesekkan sajam ke aspal.
Tangkapan layar video konvoi kawanan bermotor sambil membawa sajam di Jalan Nasional Jampangkulon-Surade, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 22 April 2024.| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi26 April 2024, 09:01 WIB

Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Studi Banding BUMD ke Yogyakarta

Sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi saat ini tengah  melakukan perjalanan dinas ke Jogjakarta
Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni  (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)
Sehat26 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Anda Coba Dirumah, 8 Ide Camilan Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda.
Ilustrasi - Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).
Life26 April 2024, 08:00 WIB

12 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang

Kebiasaan sederhana ini menunjukkan rasa hormat dan perhatianmu terhadap orang lain, dan orang-orang cenderung merasa dihargai saat merasa didengarkan dengan baik.
Ilustrasi - Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang (Sumber : Pexels/Thirdman)
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock