Merasa Diperas Soal Dana BOS, Kepsek SMP di Sukabumi Lapor Saber Pungli

Rabu 15 Februari 2023, 20:34 WIB
Kepsek SMP Negeri 1 Cikidang Odang Suhendar (tengah) saat ditemui awak media usai melapor ke Satgas Saber Pungli Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Kepsek SMP Negeri 1 Cikidang Odang Suhendar (tengah) saat ditemui awak media usai melapor ke Satgas Saber Pungli Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Merasa tertekan karena diperas oleh oknum yang mengaku wartawan, membuat Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 1 Cikidang Odang Suhendar, mendatangi Kantor Satgas Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, Selasa 14 Februari 2023.

Odang mengatakan, oknum yang sebelumnya tak dikenalinya tersebut melalui pesan WhatsApp tiba-tiba menuding dirinya telah menggelembungkan data jumlah siswa guna mendapatkan Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) lebih besar.

Oknum tersebut, lanjut Odang, mengaku mendapat 'data' itu dari laman Sistem Informasi BOS Salur Kemendikbud. Di mana, data Salur tersebut semua orang bisa mengakses.

“Pada hari kamis (9 Februari 2023) ada WA dan telepon dari oknum yang menyatakan bahwa SMP 1 Cikidang ada temuan tentang BOS, terus saya bilang ‘pak mending ke sekolah saja, salah saya di mana’” ujar Odang kepada awak media usai lapor ke Satgas Saber Pungli di kawasan Lapang Cangehgar, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu.

Baca Juga: Launching Gadis Sukabumi, Iyos: Wujud Nyata Komitmen Pemkab Cegah Stunting

Akan tetapi, lanjut Odang, oknum tersebut urung mendatangi sekolah untuk membuktikan tuduhannya itu. Oknum tersebut malah meminta sejumlah uang dengan ancaman akan memberitakan dan melaporkan temuannya itu terhadap kepolisian hingga kejaksaan.

“Makanya saya bersama para guru beserta perwakilan dari Dinas pendidikan sengaja mendatangi saber pungli, dengan membawa bukti percakapan voice note WA dari oknum tersebut," ujarnya.

"Alhamdulillah kedatangan kami ini mendapat respon baik dari ketua Saber Pungli, memberikan ketenangan bagi saya, bahwa kita itu tidak usah takut kalau misalnya ada oknum yang memeras ke sekolah,” lanjut Odang.

Odang meyakini pihaknya tidak melakukan pelanggaran seperti yang dituduhkan oknum tersebut. Seluruhnya, kata dia, sesuai dengan data yang tertera dalam Dapodik, karena sebelumnya sudah didatangi Inspektorat.

"Kita di tahun 2021 diperiksa rutin, hasil inspektorat tidak ada masalah alhamdulillah. Inspektorat pun sudah mendengar kabar ini, inspektorat bilang pak Odang sudah diperiksa oleh kami dan hasilnya tidak ada masalah," bebernya.

Baca Juga: Capai Rp500 Juta! DPRD Sukabumi Ungkap Tunggakan PBB 2022 Kecamatan Ciemas

Sementara itu, Ketua Saber Pungli Kabupaten Sukabumi sekaligus Wakapolres Sukabumi, Kompol R Bimo Moernanda mengaku, telah menerima laporan pemerasan dengan modus operandi memiliki informasi data tersebut.

Bimo meminta, masyarakat yang mengalami atau mengetahui kejadian serupa untuk tidak segan melapor kepada Saber Pungli. Ia berjanji, akan melakukan sosialisasi potensi pungutan liar ke sekolah-sekolah.

“Apabila mengetahui adanya pungutan liar atau pemerasan dan lain sebagainya, jangan segan-segan melapor ke satgas saber pungli,” pungkasnya.

Writer: Ilyas Supendi (CRP)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait Berita Terkini
Jawa Barat30 November 2023, 11:03 WIB

PLN: Listrik Jabar Sudah Pulih 100 Persen, Juga Tanggapi Kabar Hoaks Padam 18 Jam

Disinyalir, adanya sambaran petir yang mengenai jaringan transmisi mengakibatkan pembangkit terpengaruh.
PT PLN (Persero) berhasil memulihkan kondisi kelistrikan di beberapa lokasi di Jawa Barat yang sebelumnya terdampak gangguan. | Foto: PLN
Life30 November 2023, 11:00 WIB

Kamu Harus Peka! 9 Ciri Bahasa Tubuh Seorang Wanita yang Jatuh Cinta Kepadamu

Bahasa tubuh seorang wanita yang jatuh cinta dapat menunjukkan ketertarikan, perhatian, dan keintiman.
Ilustrasi - Bahasa tubuh seorang wanita yang jatuh cinta dapat menunjukkan ketertarikan, perhatian, dan keintiman. (Sumber : Freepik.com/@pressfoto).
Food & Travel30 November 2023, 10:47 WIB

Mulai 2024, Pulau Kunti dan Pantai Pasir Putih Sukabumi Ditutup untuk Wisatawan

Penutupan kegiatan wisata ini mulai dilakukan pada 30 Desember 2023.
Pulau Kunti di wilayah Cagar Alam Cibanteng di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Nasional30 November 2023, 10:21 WIB

NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik

H. Ayep Zaki, Dewan pengarah NADIASA sekaligus pendiri lembaga Doa Bangsa, mengapresiasi Rumah Wakaf Indonesia dengan Workshop Waqf Academy, yang mana kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf ini guna mewujudkan Kemaslahan Publik.
NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik (Sumber : Istimewa)
Entertainment30 November 2023, 10:03 WIB

Ariel Tatum hingga Happy Salma ke Selabintana Sukabumi, Catat Waktunya!

Acara seni Sukabumi 1980 bakal dihadiri sejumlah artis papan atas, diantaranya Ariel Tatum, Happy Salma, Donna Agnesia hingga Dewi Gita.
Acara Sukabumi 1980 yang diselenggarakan di Salabintana bakal dihadiri artis Ariel Tatum, Happy Salma, Dewi Gita hingga Donna Agnesia | Foto: Instagram/@infotitimangsa
Life30 November 2023, 10:00 WIB

Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim!

Tak Hanya Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ciri Orang dzolim bahkan menjadikan orang lain kambing hitam demi melakukan pencitraan. Toxic!
Ilustrasi. Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim! | Sumber: Freepik.com (peoplecreations)
Cek Fakta30 November 2023, 09:50 WIB

PLN Sebut Hoaks, Kabar akan Mati Listrik 18 Jam Sehari di Bogor dan Sukabumi

Kabar hoaks ini juga mencantumkan jadwal pemadaman bergilir.
Tangkapan layar kabar hoaks rencana pemadaman listrik di wilayah Bogor dan Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat30 November 2023, 09:00 WIB

Dagingnya Putih dan Empuk, Inilah 5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil.
Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : pexels.com/@Jefry Surianto).
Life30 November 2023, 08:58 WIB

8 Tips Orang Tua Bantu Kecemasan Situasional pada Anak, Yuk Terapkan

Merasa cemas dalam situasi tertentu adalah hal yang wajar, dan bisa juga berhubungan dengan kecemasan situasional.
Ilustrasi orang tua membantu kecemasan situasional pada anak. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockProject
Nasional30 November 2023, 08:43 WIB

Di Hadapan Jokowi, Dirut PLN Paparkan Pengembangan Hydropower di Tanah Air

PLN di bawah arahan Kementerian ESDM tengah menyiapkan strategi Accelerated Renewable Energy Development (ARED) yang mampu meningkatkan kapasitas pembangkit energi baru terbarukan hingga 75% pada tahun 2040.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat mengunjungi booth PT PLN (Persero) dalam rangkaian World Hydropower Congress (WHC) 2023 di Nusa Dua Bali pada Selasa (31/10). | Foto: PLN