6 Cara Menghargai Orang Lain, Agar Makin Banyak Disukai

Kamis 20 Juni 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi menghargai orang lain agar semakin banyak disukai (Sumber : pixabay.com/@mondy23)

Ilustrasi menghargai orang lain agar semakin banyak disukai (Sumber : pixabay.com/@mondy23)

SUKABUMIUPDATE.com – Ada banyak alasan mengapa harus menghormati orang lain. Sebagai makhluk sosial, kita hidup dalam masyarakat yang mengharuskan kita untuk saling menghargai.

Namun, yang paling penting adalah bagaimana cara bersikap terhadap orang lain akan mencerminkan siapa diri kita sebenarnya.

Ketika berhadapan dengan orang yang menyebalkan, kita bisa saja membalas dengan sikap yang sama.
Sebagaimana mengutip dari situs Akupintar, berikut ini merupakan 6 cara sederhana untuk menghargai orang lain :

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

1. Menjaga Sopan Santun

Budaya kita telah lama mengajarkan pentingnya sopan santun. Meskipun setiap daerah mungkin memiliki nilai sopan santun yang berbeda, tapi tujuannya tetap sama, yaitu untuk menghargai orang lain. Contoh sederhana adalah tidak melupakan kata maaf, tolong, dan terima kasih.

Mengucapkan maaf bukan berarti kita berada pada posisi yang lebih rendah atau harus menunggu sampai benar-benar melakukan kesalahan fatal. Mengucapkan tolong juga penting untuk diucapkan kepada siapa saja yang membantu kita. Dan ucapan terima kasih merupakan cara menghargai kontribusi sekecil apapun dari orang lain.

2. Menghormati Perbedaan

Pernah mendengar pepatah "beda kepala, beda isi"? Adalah hal yang wajar jika kita memiliki ide dan pendapat yang berbeda. Paling penting adalah menerima bahwa tidak semua orang harus memiliki pendapat yang sama.

Perbedaan juga mengajarkan kita untuk tidak meremehkan sesuatu. Seperti contoh ketika seseorang menganggap belajar melukis tidak lebih penting dari matematika atau sains. Padahal, bagi orang lain, mungkin seni adalah passion mereka dan menurutnya bisa berbagi manfaat dalam bidang tersebut. Menghargai perbedaan pendapat dan minat adalah bagian penting dari menghormati orang lain.

Baca Juga: 8 Tips Makan Malam yang Aman untuk Menjaga Kadar Gula Darah dan Contoh Menunya

3. Menyimak dengan Baik

Berapa banyak teman yang sering menceritakan masalah mereka kepada kita? Jika jumlahnya cukup banyak, kemungkinan kita adalah pendengar yang baik. Masalah lebih serius memang memerlukan bantuan profesional, seperti konseling. Namun, biasanya yang dibutuhkan teman hanyalah seseorang yang mau mendengarkan curahan perasaannya.

Karena hampir semua orang lebih ingin ada mendengarkan dengan baik ketika mengutarakan perasaan. Sikap kita yang mau mendengarkan dengan baik merupakan bentuk penghargaan kepada orang tersebut.

4. Memahami Batasan Pribadi

Manusia memang makhluk sosial, tapi kita juga memiliki ruang pribadi. Setiap orang memiliki hak penuh atas dirinya sendiri dalam ranah pribadi. Batasan tersebut memberi panduan sejauh mana untuk bisa berucap, bersikap, dan bertindak.

Seperti contoh, ketika teman kita menceritakan masalah pribadi, yang bisa dilakukan hanya mendengarkan dan memberikan pendapat mengenai solusi ketika diminta. Diterima atau tidaknya pendapat itu, apapun keputusan dan tindakan yang diambil, sepenuhnya berada dalam ranah pribadi teman tersebut.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

5. Menghindari Tindakan Menghakimi

Menghakimi orang lain hanya berdasarkan penampilan atau perilaku mereka tanpa memahami konteksnya adalah tindakan yang tidak menghargai. Setiap orang memiliki cerita serta alasan di balik tindakan mereka. Daripada cepat menghakimi, cobalah untuk memahami perspektifnya. Ini membantu kita menghormati dan menghargai keberagaman pengalaman hidup orang lain.

6. Memberikan Apresiasi Secara Terbuka

Setiap orang suka merasa dihargai ataupun diakui atas usaha dan kontribusinya. Mengungkapkan apresiasi, baik secara lisan maupun tertulis adalah cara sederhana namun efektif untuk menunjukkan bahwa kita menghargai orang lain. Misalnya, mengucapkan "kerja bagus" atau "terima kasih atas bantuannya" dapat membuat seseorang merasa dihargai dan diakui.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 18:06 WIB

Pemkab dan DPRD Sukabumi Sepakati RPJPD 2025-2045

Pemkab Sukabumi dan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045 di Rapat Paripurna.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan pimpinan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life22 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Wajah Mulus Bercahaya dan Memancarkan Aura Positif

Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.
Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.  | Foto : Pixabay
Sukabumi22 Juli 2024, 17:52 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan dan Edukasi Ke Warga di Pasar Ramayana Sukabumi

BPJS Ketenagakerjaan Kota Sukabumi memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di Toserba Ramayana, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Selasa 16 Juli 2024.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)
Film22 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan

Kang Mak from Peek Mak adalah salah satu film horor komedi terbaru di Indonesia yang akan tayang di seluruh bioskop Tanah Air, pada Kamis, 15 Agustus 2024 mendata
Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan (Sumber : Instagram/@vinogbastian__)
Sukabumi22 Juli 2024, 16:07 WIB

Bobby Maulana dan Tim MKTech Bantu Modal Usaha Pak Engkos Korban Hipnotis

Bagian dari program "Menata Kebaikan," Bobby Maulana dan tim MKTech memberikan bantuan modal usaha kepada Pak Engkos. Selain itu, mereka juga memberikan penghargaan sebagai pelaku UKM yang telah konsisten berjualan selama puluhan
Artis Bobby Maulana saat bertemu Pak Engkos (tukang tahu yang jadi korban hipnotis) warga Kota Sukabumi | Foto : Ist