Pecandu Berat Wajib Tahu, Berikut Ini 8 Cara Hilangkan Kebiasaan Merokok!

Kamis 20 Juni 2024, 14:45 WIB
Ilustrasi kecanduan merokok yang perlu dihindari (Sumber : pixabay.com/@govindaxy2)

Ilustrasi kecanduan merokok yang perlu dihindari (Sumber : pixabay.com/@govindaxy2)

SUKABUMIUPDATE.com – Merokok merupakan kebiasaan yang sulit untuk dihentikan bagi banyak orang, namun langkah berhenti merokok bukanlah hal yang mustahil.

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan berhenti merokok, termasuk manajemen stres, penghindaran pemicu rokok, perubahan pola makan, serta rutinitas olahraga yang teratur.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai strategi efektif untuk membantu Anda mengatasi kecanduan nikotin dan mencapai tujuan hidup sehat tanpa rokok.

Sebagaimana mengutip dari situs Alodokter, berikut ini merupakan 8 cara untuk dapat menghilangkan kebiasaan merokok:

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

1. Manajemen Stres

Seseorang sering kali mulai merokok untuk merasa lebih rileks karena nikotin dalam rokok memberikan efek relaksasi instan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa merokok sebenarnya dapat meningkatkan tingkat stres seseorang.

Untuk mengurangi stres, mulailah mengubah kebiasaan merokok dengan aktivitas yang lebih sehat seperti berolahraga, melakukan pijat terapi, atau meditasi. Hindari situasi-situasi yang dapat memicu stres.

2. Menghindari Pemicu Merokok

Saat mencoba berhenti merokok, hindari faktor-faktor atau kebiasaan yang mendorong Anda untuk merokok kembali seperti minum kopi, alkohol, atau bergaul dengan perokok lain. Jadi, kalau sudah terbiasa merokok setelah makan, cobalah untuk mengganti kebiasaan tersebut dengan menggosok gigi atau mengunyah permen karet.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Banyak perokok merasa kurang nafsu makan karena efek nikotin yang mengurangi sensitivitas rasa dan penciuman. Cobalah untuk makan makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok serta meningkatkan selera makan yang terpengaruh oleh rokok.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4. Rutin Berolahraga

Olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga dapat mengurangi ketergantungan pada nikotin. Saat merasa ingin merokok, alihkan perhatian dengan melakukan aktivitas fisik seperti jalan-jalan santai, berenang, atau bersepeda.

5. Membersihkan Rumah Secara Berkala

Memelihara kebersihan rumah dapat membantu dalam upaya berhenti merokok. Cucilah pakaian, sprei, karpet, atau tirai yang memiliki aroma rokok. Gunakan pengharum ruangan untuk menghilangkan bau asap rokok dan mengalihkan perhatian dari hal-hal yang bisa memicu keinginan untuk merokok.

6. Libatkan Keluarga dan Teman Dekat

Beritahukan kepada keluarga dan teman-teman dekat bahwa Anda sedang mencoba berhenti merokok. Mereka pasti bisa memberikan dukungan yang dibutuhkan dan membantu untuk tetap fokus pada tujuan berhenti merokok.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

7. Coba Terapi Pengganti Nikotin (NRT)

Terapi pengganti nikotin dirancang untuk membantu mengatasi rasa frustasi dan gejala putus obat saat berhenti merokok. Ada berbagai jenis NRT seperti permen karet, tablet hisap, atau koyo nikotin. Sebelum memulai NRT, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan cara yang tepat.

8. Terapi Perilaku

Konseling dengan psikolog atau konselor dapat membantu Anda mengidentifikasi pemicu kebiasaan merokok dan mengembangkan strategi berhenti merokok yang sesuai dengan kebutuhan. Terapi perilaku dapat ditingkatkan dengan NRT dan obat-obatan yang diresepkan dokter untuk meningkatkan kesuksesan berhenti merokok.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life23 Juli 2024, 06:30 WIB

8 Rutinitas Pagi yang Tidak Pernah Ditinggalkan Orang Sukses

Rutinitas pagi yang terstruktur dan positif dapat membantu meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Dengan meniru kebiasaan pagi orang sukses, Anda dapat memulai hari dengan lebih baik dan mencapai tujuan hidup dengan lebih efektif. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Food & Travel23 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat!

Semoga Resep Petis Rujak ini membantu menikmati kelezatan mangga muda dengan petis!
Ilustrasi. Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)