6 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong Kepada Kita, Ini Tandanya!

Minggu 09 Juni 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi. Beberapa tanda pada bahasa tubuh orang yang sedang berbohong ketika saat berbicara. Sumber foto : Pexels.com/@Alexander Suhorucov

Ilustrasi. Beberapa tanda pada bahasa tubuh orang yang sedang berbohong ketika saat berbicara. Sumber foto : Pexels.com/@Alexander Suhorucov

SUKABUMIUPDATE.com - Secara umum, orang yang sedang berbohong tidak bisa menyembunyikan kelicikannya secara sempurna, mengingat kedoknya akan terbongkar melalui bahasa tubuhnya.

Karena secara psikologis, orang yang sedang berbohong sebenarnya mengalami tekanan kejiwaan lantaran harus merahasiakan sesuatu dari lawan bicaranya.

Itulah sebabnya, sebenarnya tidak sulit untuk mendeteksi apakah orang sedang berbicara jujur atau berbohong. Karena bahasa tubuh akan mengungkapnya.

Baca Juga: Bebas Kolesterol, 5 Jenis Makanan Tinggi Serat untuk Mengurangi Kadarnya dalam Darah

Lantas, apa tanda bahasa tubuh dari kebohongan orang? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Kalimatnya Samar

Dari pilihan katanya, orang yang berbohong akan cenderung menggunakan kata yang samar, tidak realistis dan gambang. Tak ayal, bahasanya cenedrung umum dan tidak langsung ke intinnya.

Selain itu, bahasanya yang samar akan mendorong si pembohong kebingungan, karena sibuk mencari alasan baru yang harus disampaikan kepada lawan bicaranya.

2. Memalingkan Wajah

Dari wajahnya, orang yang berbohong cenderung sering memalingkan wajah alias menghindar dari hadapannya. Seolah selalu sibuk melihat lingkungan di sekitarnya.

Hal ini sebenarnya merupakan triknya agar membuat lawan bicara tidak fokus pada dirinya, sehingga bisa membuyarkan apa yang ingin ditanyakan. Apalagi berkaitan dengan apa yang sensitif.

Baca Juga: 11 Tips Menyembuhkan Asam Urat Tinggi di Rumah dengan Cara Alami

3. Suka Mengalihkan dengan Topik Baru

Kebohongan orang biasanya juga terlihat dari kebiasaan bicaranya yang sering mengalihkan ke topik lain. Misalnya, lawan bicara ngobrol topik A, si pembohong akan selalu mengalihkan ke topik B,C,D.

Tentu saja, ini juga trik si pembohong agar mengalihkan fokus lawan bicara ke bahasan lain dan meninggalkan topik yang sensitif, yang khawatir terbongkar pada saat itu juga.

4. Intonasi Bicara Lemah

Sedangkan dari segi intonasi bicara, kecenderung pembohong akan menggunakan intonasi suara yang lebih amburadul dan berganti-ganti. Kadang lembut, keras dan bercampur. Hal ini disebabkan dirinya sedang ketakutan rahasianya terbongkar.

Sebab, orang yang jujur pada umumnya akan bicara dengan tegas dan penuh percaya diri tanpa ada rasa takut dengan apa yang dibicarakan kepada lawan bicaranya.

Baca Juga: 7 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Konsumsi Obat, Ketahui Penyebab dan Gejalanya!

5. Anggota Badannya Sibuk

Adapun anggota badan orang yang berbohong pada umumnya lebih cenderung sibuk, mulai dari kaki, tangan, bibir dan dahi selalu menunjukkan gerakan yang tidak tenang, gelisah dan cemas.

Sebab, kejujuran akan memberi ketenangan pada anggota tubuhnya, sehingga tidak mudah bergerak saat berbicara.

6. Menghindari Kontak Mata

Jika saat kontak mata, orang yang berbohong lebih cenderung menghindar karena tidak berani menatapnya.

Sebab, mata tidak akan berbohong jika benar-benar jujur. Jadi, jika ingin mengetes kejujuran orang, cobalah fokus melihat matanya.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Pakai Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Wanita Usia 20 Tahun

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi