Ingin Terhindar dari Kemiskinan? Terapkan 6 Gaya Hidup Ini dengan Konsisten

Jumat 07 Juni 2024, 12:45 WIB
Ilustrasi Gaya hidup yang bisa menyelamatkan seseorang dari jurang kemiskinan (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)

Ilustrasi Gaya hidup yang bisa menyelamatkan seseorang dari jurang kemiskinan (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Jika seseorang ingin terhindari dari ancaman kemiskinan, tentu saja penting menerapkan gaya hidup positif setiap hari.

Dengan menerapkan gaya hidup positif dengan rutin tidak hanya menghindari diri dari kemiskinan, tetapi juga membuat orang itu menjadi sukses dan kaya di masa depan kelak.

Itu sebabnya, penting menerapkan sejumlah gaya hidup positif ini agar selamat dari jebakan kemiskinan ketika di hari tua nanti.

Yuk terapkan 6 kebiasaan baik ini setiap hari, seperti merujuk dari berbagai sumber!

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

1. Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Kemiskinan pada umumnya disebabkan faktor selalu menuruti keinginan yang tidak pernah bisa terkontrol, sehingga menyebabkan seseorang selalu berbelanja tanpa pertimbangan dan perhitungan keuangan.

Menerapkan gaya hidup belanja sesuai kebutuhan akan mendorong keuangan lebih stabil dan sehat, sehingga terjaga dari kemungkinan kemiskinan di hari tua.

2. Konsisten Menabung Uang

Sungguh bahaya bagi orang yang tidak menyisihkan uang ketika menerima gaji untuk ditabung. Pasalnya, kalau sampai lalai menabung akan membuat masa depan tidak ada harapan. Sebab, orang itu akan kehabisan uang dan tidak punya cadangan sama sekali.

Oleh karena itu, menabung sangat penting untuk menaruh harapan panjang di masa depan agar terhindar dari ancaman kemiskinan.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

3. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Kemiskinanan seseorang pada umumnya terletak pada bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar. Sekali salah mengaturnya, maka bisa berakibat sangat buruk bagi masa depan seseorang.

Jadi, biasakan mencatat setiap pemasukan setelah gaji turun atau menggunakan uang pribadi, dan jangan lupa pengeluaran juga dicatat sedetail mungkin. Tentu saja manfaatnya sangat banyak, salah satunya bisa menjadi bahan evaluasi mana pengeluaran yang harus ditekan di bulan mendatang.

4. Tidak Berhutang untuk Gaya Hidup

Hindari berhutang untuk memenuhi gaya hidup boros, gengsi, glamor dan foya-foya. Karena ini jebakan yang bisa menguras habis keuangan tanpa disadari. Dampaknya, orang akan terbiasa dengan cara ini sehingga selalu mencoba menghutang agar keinginan terpenuhi, tanpa berpikir panjang.

5. Kurangi Makan di Luar

Mengurangi untuk makan di luar dengan masak sendiri di rumah tentu jauh lebih baik. Karena keuangan dan tubuh lebih sehat ketika memilih masak dan makan di rumah, daripada mengeluarkan uang untuk beli makanan di luar melalui online.

Sudah jelas untuk makan di rumah harus dibiasakan supaya tidak terkuras keuangan akibat keseringan makan di luar.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

6. Perbanyak Sedekah

Kebiasaan sedekah tentu akan mendapat balasan lebih baik dari Tuhan secara langsung. Karena kebiasaan berbagi bisa menularkan kebaikan lainnya. Jadi, memperbanyak sedekah bukan membuat orang semakin miskin, tetapi dapat membuka rezeki yang tak terduga dari Tuhan kepada hamba-Nya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Pakai Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Wanita Usia 20 Tahun

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi