Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

Senin 06 Mei 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)

Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)

SUKABUMIUPDATE.com - Mood jelek, atau lebih dikenal dengan bad mood, adalah kondisi emosional di mana seseorang merasa sedih, tidak bersemangat, mudah marah, atau terganggu. Hal ini bisa disebabkan oleh stres.

Stres bisa menyebabkan mood menjadi jelek dan bisa karena tekanan pekerjaan, masalah keuangan, atau masalah pribadi dapat memicu stres dan berakibat pada mood yang buruk.

Nah, berikut 10 cara mudah meningkatkan mood dalam waktu kurang dari 10 menit, dihimpun dari laman eatingwell.

1. Keluar ke untuk Mendapatkan Sinar Matahari

Hampir tidak ada perasaan yang lebih menyenangkan selain hangatnya sinar matahari di kulit. Penelitian menunjukkan bahwa ini bukanlah suatu kebetulan. Serotonin dan vitamin D keduanya penting untuk menjaga suasana hati yang sehat, dan produksi keduanya meningkat seiring dengan paparan sinar matahari.

Serotonin adalah neurotransmitter yang terkait dengan suasana hati. Ini diproduksi di usus dan di otak, namun penelitian juga menunjukkan bahwa itu juga diproduksi di kulit. Saat kulit terkena cahaya, kadar serotonin meningkat.

Demikian pula, vitamin D sangat penting dalam melawan depresi dan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kekurangan vitamin D disebabkan oleh kurangnya paparan sinar matahari di luar ruangan.

2. Bersyukur

Ketika kita memikirkan cara untuk meningkatkan suasana hati, kita mungkin sering beralih ke faktor eksternal untuk membuat diri kita merasa lebih baik seperti memanjakan diri dengan spa atau makan di luar. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kita juga harus mencari ke dalam diri.

Dengan meluangkan waktu 5 menit di pagi hari untuk menetapkan “sikap bersyukur”, para peneliti menemukan bahwa orang yang bersyukur menunjukkan peningkatan kesejahteraan mental.

3. Mendengarkan Musik

Dan penelitian di balik terapi musik menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan mood, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

4. Minumlah Secangkir Kopi

Aroma kopi yang diseduh sambil menunggu cangkir adalah salah satu kesenangan sederhana dalam hidup. Dan mengonsumsi antara 200–250 mg kafein terbukti meningkatkan mood Anda.

Triknya adalah memastikan Anda tidak memanjakan diri secara berlebihan. Terlalu banyak kafein (600 mg atau lebih) memiliki efek sebaliknya dan dapat menyebabkan kecemasan dan ketegangan, dan hal tersebut jelas bukan hal yang ingin kita tingkatkan.

5. Habiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan

Hewan secara bawaan memberi kita kenyamanan, kasih sayang, dan perhatian serta memberi kita sumber dukungan. Jika Anda tidak dalam posisi untuk memelihara hewan peliharaan, Anda mungkin ingin mencari teman yang mengizinkan Anda mengasuh hewan peliharaan, menghabiskan waktu di luar ruangan untuk mendapatkan sedikit vitamin D yang meningkatkan suasana hati.

6. Hidrasi

Kedengarannya sederhana, tetapi tetap terhidrasi berdampak langsung pada suasana hati kita. Sebuah penelitian terhadap 120 wanita sehat menunjukkan bahwa ketegangan, depresi, dan kebingungan meningkat ketika asupan air subjek rendah.

Dalam penelitian lain, membatasi asupan air berdampak negatif pada emosi positif peserta termasuk rasa puas, ketenangan, dan tingkat aktivitas. Sambil meningkatkan asupan air mengurangi kelelahan, kantuk dan kebingungan.

7. Olahraga

Anda mungkin berpikir bahwa 10 menit olahraga tidak cukup untuk meningkatkan suasana hati Anda, namun penelitian menunjukkan bahwa olahraga beberapa menit saja dapat meningkatkan kebahagiaan.

Sama seperti mendapatkan sedikit sinar matahari dalam hidup kita membantu fungsi serotonin, rasa lelah yang kita rasakan saat berolahraga menunjukkan peningkatan sintesis triptofan dan serotonin di otak. Intinya, olahraga meningkatkan fungsi serotonin yang berdampak pada peningkatan mood.

8. Temukan Tempat yang Tenang dan Bermeditasi

Meluangkan waktu 5 menit untuk memejamkan mata, bernapas, dan fokus, Anda akan terkejut betapa rileksnya perasaan Anda setelahnya.

Telah diketahui bahwa meditasi jangka panjang memiliki dampak positif pada suasana hati, namun para peneliti juga menemukan bahwa meditasi jangka pendek pun efektif dalam meningkatkan suasana hati.

9. Makan Ikan Lemak Baik

Memasukkan asam lemak omega-3 ke dalam makanan Anda diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan ikan air dingin dikenal sebagai salah satu sumber terbaiknya. Penelitian juga menunjukkan bahwa meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

10. Praktekkan Cinta dan Kebaikan

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, praktikkan cinta dan kebaikan. Tindakan sederhana menunjukkan kebaikan kepada orang lain terbukti dapat meningkatkan mood Anda.

Orang-orang yang menunjukkan cinta dan kebaikan mempunyai peningkatan terbesar dalam meningkatkan kebahagiaan dan empati mereka sendiri. Mereka melihat berkurangnya kecemasan dan peningkatan perasaan hubungan sosial.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 Mei 2024, 08:30 WIB

Jangan Abaikan Asam Urat Pada Anak, Ketahui Gejala Hingga Penyebabnya Berikut Ini!

Asam urat tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalaminya meskipun hal ini sangat jarang terjadi.
Ilustrasi. Asam urat pada anak
 Sumber: pexels.com/@BOOM
Life19 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat

Mengadopsi kebiasaan pagi yang sehat tidak hanya membantu meredakan nyeri sendi asam urat, tetapi juga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi.  Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat (Sumber : Freepik/@stefamerpik)
Food & Travel19 Mei 2024, 07:00 WIB

Mudah dan Simpel, Cara Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi

Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi Ternyata Simpel. Yuk Coba!
Ilustrasi. Buah mengkudu dikenal karena berbagai khasiatnya yang baik untuk kesehatan, termasuk sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science19 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 Mei 2024, Yuk Cek Langit di Hari Minggu Ini

Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)