Langsung Senyum dan Bahagia, 10 Makanan yang Membantu Meningkatkan Mood

Senin 22 April 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan mood. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Ada beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan mood. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Anda mungkin pernah bertanya-tanya apakah pola makan dan nutrisi merupakan rahasia untuk meningkatkan kesehatan mental? Jawabannya adalah Iya, sebab, makanan yang kita konsumsi memainkan peran penting untuk meningkatkan suasana hati.

Mengapa bisa begitu? Karena nutrisi dan kesehatan mental kita sangat berkaitan erat. Saat Anda mengetahui cara mengonsumsi makanan yang tepat untuk kesehatan mental, Anda tidak hanya dapat mengatasi stres dan kecemasan dengan lebih baik, tetapi Anda juga dapat meningkatkan kesejahteraan mental Anda secara keseluruhan.

Ada makanan tertentu yang tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan mental kita, tetapi juga membantu mengatasi masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, serta terapi. Mari kita cari tahu makanan apa yang dapat membantu Anda dalam perjalanan menuju kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Bahan Herbal yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Menjadi Normal Kembali

Makanan padat nutrisi yang kaya vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan suasana hati, meningkatkan fungsi kognitif, dan mengurangi risiko masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Berikut adalah daftar 10 makanan luar biasa untuk peningkatan kesehatan mental yang akan membantu Anda merasa lebih baik, lebih bahagia, dan lebih sehat, dihimpun via themindsjournal.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi kaya akan folat, vitamin B yang telah terbukti membantu mengurangi gejala depresi. Folat membantu memproduksi neurotransmiter seperti serotonin, yang penting untuk mengatur suasana hati. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau secara teratur dapat membantu memastikan Anda mendapatkan cukup folat dalam makanan Anda.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa sayuran berdaun hijau “ dapat meningkatkan tingkat optimisme dan kemanjuran diri, serta mengurangi tingkat tekanan psikologis, ambiguitas, ” dan mencegah gejala depresi. Ini pasti salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan mood Anda.

2. Ikan Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 , yang terbukti membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Omega-3 penting untuk kesehatan otak dan dapat membantu mengatur neurotransmiter yang memengaruhi suasana hati.

Mengonsumsi salmon atau ikan berlemak lainnya dua hingga tiga kali seminggu dapat membantu meningkatkan asupan omega-3. Para peneliti menyatakan bahwa “ asam lemak omega-3 terbukti sangat efektif melawan pengobatan gangguan depresi berat dan gangguan kejiwaan lainnya .”

Baca Juga: Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

3. Buah Beri

Buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan di otak. Peradangan telah dikaitkan dengan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Menambahkan buah beri ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan otak.

Para ahli telah menemukan bahwa konsumsi flavonoid, sekelompok zat alami yang ditemukan dalam buah-buahan seperti blueberry, dapat membantu meningkatkan suasana hati dan emosi positif, serta mencegah disforia dan depresi, bahkan pada anak-anak.

4. Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang mete, kenari , dan almond kaya akan serat, protein, dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mereka juga kaya akan magnesium, mineral yang terbukti membantu mengurangi gejala depresi. Menambahkan segenggam kacang ke dalam makanan Anda setiap hari dapat membantu meningkatkan asupan lemak dan protein sehat.

Baca Juga: Rebusan Daun Salam yang Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

5. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan oat kaya akan serat sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Fluktuasi kadar gula darah dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi. Mengonsumsi biji-bijian secara teratur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan mood.

6. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi peradangan. Ia juga tinggi vitamin E, nutrisi yang telah terbukti membantu meningkatkan fungsi kognitif. Menambahkan alpukat ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan asupan lemak sehat dan meningkatkan kesehatan otak.

7. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan di otak. Ia juga kaya akan magnesium dan dapat membantu meningkatkan mood. Mengonsumsi sedikit coklat hitam setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi gejala depresi.

Baca Juga: Gula Darah Tetap Normal, 11 Kebiasaan yang Harus Anda Lakukan Segera


Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat hitam dengan kandungan kakao 85% dapat membantu meningkatkan mood pada orang dewasa yang sehat. Ini pasti salah satu makanan terlezat untuk kesehatan mental.

8. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik , yaitu bakteri menguntungkan yang hidup di usus. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Mengonsumsi yogurt secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan mental.

9. Kunyit dan Kurkumin

Kunyit merupakan rempah yang tinggi antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi. Faktanya, mengonsumsinya secara rutin ternyata bisa membantu meringankan gejala kecemasan dan depresi. Menambahkan kunyit ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan mental.

Baca Juga: Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Kurkumin , senyawa fenolik yang merupakan komponen aktif utama dalam bumbu kunyit , memiliki efek antidepresan dan sangat baik untuk pengobatan depresi. “ Kurkumin menunjukkan tindakan neuroprotektif pada penyakit Alzheimer, tardive dyskinesia, depresi berat, epilepsi, dan gangguan neurodegeneratif dan neuropsikiatri terkait lainnya ,” jelas sebuah penelitian . Ini adalah salah satu makanan yang membantu meningkatkan mood.

10. Teh Hijau

Teh hijau adalah makanan paling menenangkan untuk kesehatan mental. Ini tinggi antioksidan dan telah terbukti membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Ia juga mengandung L-theanine, asam amino yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi kognitif. Minum teh hijau secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres.

Peneliti menyatakan bahwa konsumsi teh hijau setiap hari bermanfaat untuk meningkatkan mood depresi. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa “ Antioksidan makanan seperti polifenol teh hijau atau asupan isoflavonoid berhubungan negatif dengan depresi atau gejala depresi. ”

Dengan membuat perubahan kecil pada pola makan dan mengonsumsi makanan yang meningkatkan suasana hati dan energi, Anda dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental secara signifikan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)