10 Cara Melatih Remaja Agar Punya Mental Kuat, Terhindar dari Depresi

Jumat 17 November 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. 10 Cara Melatih Remaja Agar Punya Mental Kuat, Terhindar dari Depresi (Sumber : Freepik/pikisuperstar)

Ilustrasi. 10 Cara Melatih Remaja Agar Punya Mental Kuat, Terhindar dari Depresi (Sumber : Freepik/pikisuperstar)

SUKABUMIUPDATE.com - Melatih remaja agar memiliki mental yang kuat penting dilakukan agar mereka tidak mudah stres yang pada akhirnya meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Namun, melatih remaja untuk memiliki mental yang kuat perlu melibatkan berbagai aspek, termasuk seperti mengatasi masalah kesehatan mental, kemandirian, dan kemampuan mengatasi tantangan dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu untuk menjadikan anak remaja memiliki mental kuat seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Kasus Depresi Pada Remaja Meningkat, Simak 13 Cara Mencegahnya!

1. Fasilitasi Komunikasi Terbuka

Dorong remaja untuk berbicara tentang perasaan dan pengalaman mereka dan dengarkan dengan penuh perhatian tanpa menghakimi. Selain itu, jangan menilai atau meremehkan perasaan mereka.

2. Ajarkan Keterampilan Mengatasi Stres

Berikan pendidikan mengenai manajemen stres dan teknik relaksasi serta bantu mereka mengidentifikasi sumber stres dan cara mengatasinya. Kemudian, ajarkan mereka bahwa merawat diri, seperti tidur cukup dan olahraga, dapat membantu mengurangi stres.

3. Bangun Kemandirian

Berikan tanggung jawab seiring bertambahnya usia penting dalam melatih mental remaja, seperti mengelola waktu dan tugas sendiri. Biarkan mereka mengambil keputusan dan belajar dari konsekuensinya dan dorong minat dan bakat mereka untuk meningkatkan rasa pencapaian diri.

Baca Juga: Kasus Depresi Pada Remaja Meningkat, Simak 13 Cara Mencegahnya!

4. Fokus pada Pendidikan Emosional

Ajarkan anak remaja pemahaman emosi dan cara mengelolanya, berikan contoh dan latihan untuk meningkatkan empati. Selain itu, dorong kesadaran diri agar mereka dapat mengenali dan memahami perasaan mereka sendiri.

5. Dukungan Sosial

Dukungan sosial penting dalam membentuk remaja dengan mental kuat. Dorong pembentukan hubungan sosial yang sehat, ajarkan mereka cara membangun dan memelihara hubungan yang positif.

Selain itu, pastikan mereka tahu bahwa mereka bisa mencari bantuan dan dukungan dari teman, keluarga, atau profesional jika diperlukan.

Baca Juga: 9 Penyebab Orang Sering Melamun, Bisa Jadi Tanda Gangguan Mental

6. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Bantu mereka menetapkan tujuan yang realistis dan terukur, serta ajarkan konsep tanggung jawab dan ketekunan dalam mencapai tujuan.

7. Ajarkan Keterampilan Problem Solving

Berikan anak remaja latihan dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan, dorong mereka untuk melihat masalah sebagai peluang untuk tumbuh.

8. Kenali Faktor Risiko dan Tindak Cepat

Kenali tanda-tanda masalah kesehatan mental atau perilaku yang mengkhawatirkan pada remaja, dan segera cari bantuan profesional jika diperlukan.

Baca Juga: 7 Dampak Toxic Parent Pada Kondisi Mental Anak Salah Satunya Depresi

9. Berikan Teladan Positif

Yang terpenting dalam melatih remaja agar punya mental kuat adalah menunjukan sikap positif, ketabahan, dan kemampuan mengatasi kesulitan.

10. Dorong Hobi dan Kegiatan Positif

Dorong partisipasi dalam kegiatan yang mereka nikmati, karena aktivitas positif dapat membantu mengalihkan perhatian dari stres dan memberikan rasa pencapaian.

Penting untuk diingat bahwa setiap remaja itu unik, jadi pendekatan yang efektif dapat bervariasi. Penting juga untuk menjaga komunikasi terbuka dan memahami kebutuhan dan keinginan remaja secara individu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life27 April 2024, 16:30 WIB

7 Ciri-ciri Orang Baperan di Sekitar Kita, Jangan-jangan Kamu Termasuk?

Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya.
Ilustrasi - Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya. (Sumber : Pexels/Liza Summer).
Nasional27 April 2024, 16:22 WIB

Getaran Hingga Jakarta dan Sukabumi, Gempa M4,8 di Sumur Banten

Koordinator mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG Dr Daryono menyebut episenter gempa ini berada di koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT, berlokasi di laut 58 km Barat Daya Sumur, Provinsi Banten.
Parameter gempa sumur banten, Sabtu (27/4/2024) (Sumber: BMKG)
Life27 April 2024, 16:00 WIB

Ketahui Kuncinya! 6 Etika Ngobrol yang Harus Diterapkan Jika Ingin Disegani Orang

Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara.
Ilustrasi - Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara. (Sumber : Pexels/fauxels).
Produk27 April 2024, 15:54 WIB

Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia Ditarik Gegara Kandungan Plastik, Ini Kata BPOM

Noorman memastikan tidak ada produk Magnum Almond yang masuk ke Indonesia.
(Foto Ilustrasi) Unilever Plc menarik produk es krim Magnum di Inggris dan Irlandia. | Foto: Pexels
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).