10 Ciri Orang yang Pura-pura Bahagia Demi Menutupi Masalah Hidupnya

Rabu 25 Oktober 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi - Ada Beberapa Ciri Orang yang Pura-pura Bahagia Demi Menutupi Masalah Hidupnya. (Sumber : unsplash.com/@Sydney Sims)

Ilustrasi - Ada Beberapa Ciri Orang yang Pura-pura Bahagia Demi Menutupi Masalah Hidupnya. (Sumber : unsplash.com/@Sydney Sims)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang pura-pura bahagia demi menutupi masalah hidupnya disebut dengan smiling depression. Smiling depression adalah kondisi di mana seseorang tampak bahagia dan optimis di luar, tetapi sebenarnya mereka sedang mengalami depresi.

Orang yang pura-pura bahagia demi menutupi masalah hidup mereka seringkali mengalami apa yang disebut "pola penyangkalan emosional." Ini adalah perilaku di mana seseorang berusaha untuk menyembunyikan atau mengabaikan masalah, stres, atau perasaan negatif yang mereka alami.

Orang yang pura-pura bahagia demi menutupi masalah seringkali menampilkan perilaku tertentu yang dapat dikenali. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang mungkin terlihat pada orang yang pura-pura bahagia:

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

1. Selalu Berusaha Tertawa

Selalu berusaha tertawa adalah salah satu ciri-ciri orang yang pura-pura bahagia demi menutupi masalah. Orang yang pura-pura bahagia akan selalu berusaha untuk terlihat ceria dan positif di depan orang lain, bahkan ketika mereka sedang merasa sedih atau tertekan. Mereka akan sering tertawa, bahkan untuk hal-hal yang tidak lucu.

Tertawa adalah reaksi alami yang terjadi ketika kita merasa bahagia. Namun, jika seseorang selalu berusaha tertawa, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka sedang berusaha untuk menutupi perasaan negatifnya.

2. Tidak Terbuka

Orang yang pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk menutupi masalah mereka dari orang lain, termasuk orang-orang terdekat mereka. Mereka tidak ingin orang lain tahu tentang masalah mereka, karena takut akan dihakimi atau dikasihani.

Baca Juga: 10 Gejala ADHD pada Anak yang Sangat Mudah Dikenali, Yuk Bunda Perhatikan!

3. Mendorong Orang Menjauh

Mendorong orang menjauh merupakan ciri-ciri orang yang pura-pura bahagia demi menutupi masalah. Orang yang pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk menjauhkan diri dari orang lain, karena mereka merasa tidak aman atau tidak nyaman untuk terbuka tentang masalah mereka.

4. Perubahan Suasana Hati

Orang yang pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk terlihat ceria dan positif di depan orang lain, bahkan ketika mereka sedang merasa sedih atau tertekan. Namun, perubahan suasana hati mereka sering kali dapat terjadi secara tiba-tiba, dari ceria menjadi murung atau sebaliknya.

Hal ini disebabkan karena orang yang pura-pura bahagia harus terus-menerus menahan perasaan negatif mereka. Hal ini dapat membuat mereka merasa lelah dan kewalahan, sehingga mereka lebih mudah mengalami perubahan suasana hati.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Salah Satunya?

5. Suka Berandai-andai

Orang yang pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk terlihat ceria dan positif di depan orang lain, bahkan ketika mereka sedang merasa sedih atau tertekan. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan berandai-andai tentang masa depan yang lebih baik.

6. Lelah Berlebih

Seseorang yang pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk terlihat ceria dan positif di depan orang lain, bahkan ketika mereka sedang merasa sedih atau tertekan. Hal ini dapat membuat mereka merasa lelah dan kewalahan, sehingga mereka lebih mudah mengalami kelelahan berlebih.

7. Menghindari Pembicaraan Serius

Mereka yang pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk terlihat ceria dan positif di depan orang lain, bahkan ketika mereka sedang merasa sedih atau tertekan. Hal ini dapat membuat mereka merasa tidak nyaman atau tidak aman untuk berbicara tentang masalah mereka.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang Stres Banyak Pikiran, Apa Kamu Saat Ini Mengalaminya Juga?

8. Perubahan dalam Perilaku

Perubahan dalam perilaku adalah ciri-ciri orang yang pura-pura bahagia demi menutupi masalah. Orang yang pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk terlihat ceria dan positif di depan orang lain, bahkan ketika mereka sedang merasa sedih atau tertekan.

Hal ini dapat menyebabkan perubahan dalam perilaku mereka, baik yang disadari maupun tidak disadari.

9. Menyembunyikan Masalah Pribadi dari Orang Lain

Orang yang pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk terlihat ceria dan positif di depan orang lain, bahkan ketika mereka sedang merasa sedih atau tertekan. Hal ini dapat membuat mereka merasa tidak nyaman atau tidak aman untuk berbicara tentang masalah mereka.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Luka Batin Masa Lalu yang Masih Membekas Hingga Dewasa

10. Memiliki Penurunan Kesehatan Fisik

Pura-pura bahagia biasanya akan berusaha untuk terlihat ceria dan positif di depan orang lain, bahkan ketika mereka sedang merasa sedih atau tertekan. Hal ini dapat menyebabkan stres dan kelelahan, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik.

Berikut adalah beberapa contoh penurunan kesehatan fisik yang dapat terjadi pada orang yang pura-pura bahagia:

  • Gangguan tidur. Stres dapat membuat sulit untuk tidur nyenyak.
  • Perubahan nafsu makan. Stres dapat menyebabkan makan berlebihan atau kurang makan.
  • Sakit kepala. Stres dapat menyebabkan sakit kepala.
  • Sakit perut. Stres dapat menyebabkan sakit perut.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)