Angker! Mitos 8 Pohon yang Dijadikan Sarang Makhluk Gaib

Jumat 13 Oktober 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi. Pohon beringin yang sering dijadikan tempat tinggal hantu (Sumber : pexels.com/veeterzy)

Ilustrasi. Pohon beringin yang sering dijadikan tempat tinggal hantu (Sumber : pexels.com/veeterzy)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap makhluk hidup tentu memiliki habitat sebagai tempat tinggalnya, juga berlindung dari segala bahaya, dan untuk berkembang biak. Sejauh ini, golongan makhluk hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan yang memiliki habitatnya masing-masing.

Sebagian manusia meyakini bahwa manusia hidup berdampingan dengan makhluk gaib atau Jurig (Penyebutan orang Sunda). Entah benar atau tidaknya, mendiami tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat dan horor seperti bangunan kosong, dan pepohonan.

Berikut tujuh pohon yang menjadi mitos sering dijadikan tempat tinggal oleh makhluk gaib (Jurig).

Baca Juga: 6 Mitos Friday the 13th, Dianggap Sebagai Hari Sial yang Menimbulkan Fobia

1. Pohon Asem

Entah darimana sumber mitos ini berasal, namun hingga kini pohon asem lebih terkenal dengan keangkerannya, daripada manfaat dari buah asem itu sendiri, yang sering dijadikan bahan makanan maupun minuman. Konon katanya, pohon asem menjadi sarang terbesar bangsa jin terutama hantu karena meninggal akibat kecelakaan

2. Pohon Beringin

Sejak zaman dahulu hingga kini turun temurun, pohon beringin diyakini sebagian besar masyarakat menjadi sarang bangsa jin, terutama roh jahat yang sering usil. Konon katanya, makhluk gaib yang menghuni pohon ini ialah Mbak kuntilanak, dan para arwah penasaran.

Padahal pohon yang rimbun dengan akar-akar kecil yang menjuntai ini memiliki nuansa yang sejuk.

Baca Juga: Mitos Lintah Raksasa Jelmaan Nyi Endit, Dibalik Keindahan Situ Bagendit Garut

3. Pohon Randu/Kapuk

Pohon kapuk dimanfaatkan buahnya untuk dijadikan isi bahan-bahan kain, untuk mengisi bantal, guling, maupun kasur.

Namun malang nasibnya, pohon ini justru memiliki mitos mengerikan yang sangat melekat di masyarakat. Menurut sebagian masyarakat meyakini pohon ini dijadikan tempat tinggal oleh jurig genderuwo dan buto ijo.

4. Pohon Pisang

Pada percaya gak sih pohon pisang jadi rumah para makhluk gaib ? Padahal pohon ini memiliki banyak manfaat, mulai dari daun, buah, hingga batangnya.

Entah dari mana mitos ini berawal, namun masyarakat luas meyakini pohon pisang dijadikan tempat tinggal oleh pocong. Dan hingga pohon pisang masih di anggap horor.

Baca Juga: Serba-Serbi Palabuhanratu Sukabumi: Wisata Hingga Mitos Nyi Roro Kidul

5. Pohon Bambu

Pohon bambu memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa dijadikan anyaman. Konon, menurut mitos yang berkembang di masyarakat pohon bambu kerap kali dijadikan tempat oleh Mbak Kuntilanak dan arwah penasaran.

6. Pohon Nangka

Pohon nangka penghasil buah yang manis ini ternyata tak luput dari sasaran tentang mitos pohon berhantu. Konon katanya, pohon nangka dijadikan rumah oleh Mbak sundel bolong dan para setan lainnya.

Hingga ada mitos di tengah-tengah masyarakat tentang larangan memakan buah nangka yang sudah busuk, karena sudah dihinggapi hantu sundel bolong.

Baca Juga: 7 Tempat Sakral di Gunung Gede Pangrango, Alun-alun hingga Lawang Saketeng

7. Pohon Sukun

Beredar mitos mengerikan di kalangan masyarakat yakni, mereka meyakini bahwa pohon sukun adalah pohon kematian.

Entah dari mana mitos ini berasal, bagi siapa saja yang memanjat pohon ini harus sesuai hari baik. Misalnya hari Rabu atau Kamis. Karena bisa berakibat fatal jika menyalahi aturannya. Pohon ini diyakini masyarakat sebagai sarang para hantu

8. Pohon Sawo

Sawo memiliki rasa buah yang manis dan pulen. Tapi, dibalik rasa buahnya yang manis, konon katanya pohon sawo sering dijadikan tempat tinggal para hantu jenis pesugihan, yakni genderuwo, buto ijo, hingga tuyul.

Baca Juga: Cerita Mistis Terowongan Lampegan Cianjur, Nyi Sadea Hingga Kakek Bongkok

Itulah mitos 8 pohon yang diyakini sering dijadikan rumah para makhluk gaib. Kita tidak perlu takut dengan apa yang tidak kita lihat dan tidak bisa kita raba. Karena sejatinya manusia lah makhluk paling sempurna diantara makhluk lain yang Allah SWT ciptakan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist
Sehat14 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Rekomendasi Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Lakukan Agar Tetap Sehat dan Bugar!

Peregangan otot sederhana dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan meningkatkan fleksibilitas. Fokus pada peregangan otot punggung, leher, bahu, dan kaki bisa membantu tidur lebih nyenyak.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Ringan Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/KampusProduction)