10 Cara Mengatasi Overthinking agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan Mental

Kamis 07 September 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi. 10 Cara Mengatasi Overthinking agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan Mental | Foto: iStock

Ilustrasi. 10 Cara Mengatasi Overthinking agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan Mental | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Terlalu banyak berpikir (Overthinking) adalah proses kognitif yang umum terjadi ketika seseorang terlalu memikirkan apa yang ada di dalam pikiran dan kekhawatirannya.

Hal ini seperti analisis situasi, masalah, atau keputusan dengan sangat rinci bahkan hingga menerka-nerka hal yang belum tentu terjadi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan perasaan cemas, stres, dan kelelahan mental.

Terlalu banyak berpikir dapat merugikan kesejahteraan dan kemampuan mengambil keputusan seseorang.

Cara mengatasi overthinking bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengelola dan mengurangi kondisi tersebut.

Baca Juga: 12 Cara Melatih Mental agar Kuat Supaya Terhindar dari Gangguan Kesehatan Mental

Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi overthinking.

1. Kesadaran diri (self-awareness)

Yang pertama adalah mengenali bahwa Anda cenderung overthinking. Ini adalah langkah pertama untuk mengubah pola pikir Anda. Cobalah untuk lebih menyadari kapan Anda mulai merasa terjebak dalam pemikiran berlebihan.

2. Praktikkan mindfulness

Cara mengatasi overthinking bisa dengan mindfulness. Ini merupakan praktik yang membantu Anda tetap fokus pada saat ini dan mengurangi pemikiran yang berlebihan tentang masa depan atau masa lalu.

Meditasi mindfulness dan latihan pernapasan dalam dapat membantu Anda menjadi lebih sadar terhadap pikiran Anda tanpa menilainya.

3. Batasi waktu pemikiran

Beri diri Anda batasan waktu ketika Anda dapat memikirkan masalah atau keputusan tertentu. Misalnya, Anda bisa mengalokasikan 30 menit untuk memikirkan masalah tersebut, dan setelah waktu itu habis, putuskan untuk mengambil tindakan.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

4. Jurnalisme

Menulis dalam jurnal bisa menjadi salah satu cara mengatasi overthinking. Aktivitas tersebut dapat membantu mengeluarkan pemikiran dan perasaan Anda. Ini dapat membantu memproses pemikiran dengan lebih baik dan mungkin menemukan solusi atau pandangan yang lebih jernih.

5. Latihan fisik

Olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari pemikiran berlebihan. Latihan juga melepaskan endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

6. Temukan solusi konkret

Jika Anda merasa overthinking terkait dengan masalah atau keputusan tertentu, cara mengatasi overthinking yang bisa dilakukan yaitu dengan mencari solusi konkret atau langkah-langkah yang dapat Anda ambil. Bertindak dapat memberikan rasa pemenuhan dan mengurangi perasaan takut membuat kesalahan.

Baca Juga: 11 Ciri Remaja Mengalami Masalah Kesehatan Mental, Menyendiri dan Cepat Marah

7. Bicarakan dengan seseorang

Berbicara dengan teman, keluarga, atau seorang terapis tentang pemikiran Anda dapat membantu Anda mendapatkan perspektif dari luar. Orang lain mungkin dapat memberikan pandangan yang berbeda atau saran yang berguna.

8. Hindari over analisis sosial

Jika overthinking Anda terkait dengan interaksi sosial, cara mengatasi overthinking yang bisa dilakukan yaitu dengan mengingat bahwa orang lain juga memiliki kekhawatiran dan ketidaksempurnaan mereka sendiri. Cobalah untuk tidak terlalu khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda.

9. Praktikkan olahraga mental

Cobalah teknik seperti cognitive-behavioral therapy (CBT) atau terapi kognitif, yang dapat membantu Anda mengubah pola pikir negatif dan mengatasi kecenderungan overthinking.

Baca Juga: 8 Cara Menghadapi Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

10. Cukup istirahat

Kurang tidur dan kelelahan dapat memperburuk overthinking. Karena itu cara mengatasi overthinking bisa dengan memastikan diri Anda mendapatkan tidur yang cukup untuk menjaga pikiran Anda tetap seimbang.

Itulah beberapa cara mengatasi overthinking yang bisa dilakukan. Ingatlah bahwa mengatasi overthinking adalah proses yang memerlukan waktu dan usaha.\

Setiap orang memiliki metode yang berbeda-beda untuk mengelola pemikiran berlebihan mereka, jadi cobalah beberapa dari tips di atas dan lihat mana yang paling efektif untuk Anda.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel16 Mei 2024, 11:30 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengurangi Stres, 10 Step Simpel dan Gampang!

Aroma lemon diketahui memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Minum air lemon dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood.
Ilustrasi. Coba sesuaikan resep membuat Infused Water Air Lemon sesuai dengan selera pribadi, baik dari segi konsentrasi perasan lemon, tambahan gula, atau penambahan bahan-bahan lain seperti daun mint atau buah lainnya. (Sumber : Pexels/Alleksana)
Sehat16 Mei 2024, 11:15 WIB

3 Obat Alami Untuk Asam Urat yang Bisa Dilakukan dan Dibuat di Rumah

ada beberapa cara yang bisa dilakukan atau dibuat di rumah bagi penderita asam urat agar rasa nyerinya ketika muncul bisa berkurang dengan baik atau bisa dicegah
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Life16 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik, Simpel dan Mudah Loh Bund!

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Maka dari itu, Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik Bisa dengan menjadi contoh yang baik pula.
Ilustrasi. Cara Membentuk Karakter Baik Anak yang Bisa Dilakukan Orang Tua (Sumber : Pixabay/JupiLu)
Sehat16 Mei 2024, 10:45 WIB

Asam Urat di Pergelangan Kaki? Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisa Cepat Pulih

Ternyata asam urat juga bisa menyerang pergelangan kaki, sudah pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari karena sakitnya yang begitu menyakitkan. Maka dari itu penting mengetahui hal yang bisa membantu pemulihan asam urat
Ilustrasi asam urat yang menyerang pergelangan kaki, maka 7 hal ini bisa dilakukan agar cepat pulih. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi16 Mei 2024, 10:44 WIB

Balai Kota Sukabumi Jadi Ruang Pembelajaran bagi Anak-anak TK

Kunjungan ini menanamkan rasa cinta tanah air kepada seluruh anak-anak.
Balai Kota Sukabumi menjadi ruang pembelajaran bagi anak-anak TK Sejahtera pada Kamis, 16 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat16 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Infused Water untuk Mengurangi Gejala Asam Urat, Salah Satunya Air Lemon

Bisa untuk Mengurangi Gejala Asam Urat, Proses pembuatan Infused Water memungkinkan air menyerap rasa dan nutrisi dari bahan-bahan alami tersebut, menciptakan minuman yang segar dan lezat tanpa tambahan gula atau bahan kimia.
Ilustrasi. Infused Water Air Lemon untuk Mengurangi Gejala Asam Urat. (Sumber : Pexels/AntoniShkraba)
Life16 Mei 2024, 10:15 WIB

5 Kebiasaan Sepele yang Akan Menurunkan Semangat Hidup Anda, Yuk Hindari!

Kebiasaan tertentu rupanya bisa menjadi sebab semangat hidup menjadi menurun. Hal ini penting diketahui agar mencegah lebih dini
Ilustrasi seseorang akibat kebiasaan yang menurunkan semangat hidup (Sumber : Pexels.com/ @Nicola Barts)
Life16 Mei 2024, 10:00 WIB

11 Makanan dan Minuman Bergizi yang Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Nutrisi dalam makanan dan minuman sangat berpengaruh pada perkembangan tinggi badan anak.
Ilustrasi. Nutrisi dalam makanan dan minuman sangat berpengaruh pada perkembangan tinggi badan anak. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat16 Mei 2024, 09:59 WIB

Konferwil ke-3 AMSI Jabar 2024, Memilih Pengurus Baru dan Diskusi Masa Depan Media Siber

Seminar masa depan bisnis media ini menghadirkan tiga narasumber utama.
Ketua Umum AMSI Wahyu Dhyatmika saat memberikan sambutan dalam kegiatan konferensi wilayah (Konferwil) ke-3, di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (16/5/2024). | Foto: SU
Internasional16 Mei 2024, 09:43 WIB

Kontroversi Senator AS, Sarankan Israel Serang Gaza dengan Bom Nuklir

Pernyataannya muncul setelah AS menghentikan pengiriman senjata dalam jumlah besar ke Israel.
(Foto Ilustrasi) Senator AS Lindsey Graham melontarkan pernyataan kontroversial terkait agresi Israel di Gaza. | Foto: Istimewa