10 Cara Mengendalikan Emosi Saat Amarah Memuncak Agar Kembali Tenang

Selasa 05 September 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi - ada beberapa cara untuk mengatasi emosi saat marah memuncak dan menguasai diri. (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio.)

Ilustrasi - ada beberapa cara untuk mengatasi emosi saat marah memuncak dan menguasai diri. (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio.)

SUKABUMIUPDATE.com - Saat emosi, setiap orang akan menunjukan amarahnya dengan cara yang berbeda-beda. Apabila emosi secara berlebihan dan tidak dapat dikendalikan, maka dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Mengendalikan emosi saat amarah memuncak adalah keterampilan yang sangat penting untuk menghindari konflik dan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan amarah saat emosi memuncak, dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan yang Membuatmu Tidak Dipandang Rendah Orang Lain

1. Tarik Nafas Dalam-dalam

Ketika Anda merasa amarah meningkat, hentikan apa yang sedang Anda lakukan dan fokus pada pernapasan. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut. Ini dapat membantu menenangkan sistem saraf Anda.

2. Coba Hitung Mundur

Sebelum merespons dengan marah, cobalah hitung hingga sepuluh dalam pikiran Anda. Ini memberikan Anda waktu untuk memikirkan tindakan sebelum bertindak impulsif.

Meskipun terdengar sepele, tapi menghitung mundur dari 10 dapat membantu meredakan amarah yang sedang memuncak. Hal ini dapat membuat detak jantung yang sebelumnya berdegup kencang menjadi lebih rileks atau tenang.

Baca Juga: 11 Sikap Menjadi Perempuan Pemberani Agar Tidak Disepelekan Orang Lain

3. Pergi dari Satu Tempat ke Tempat Lainnya

Jika memungkinkan, beranjaklah dari situasi yang memicu kemarahan Anda. Berjalan-jalan sejenak atau pergilah ke tempat yang tenang untuk merenungkan perasaan Anda.

Bisa juga saat amarah memuncak, cobalah untuk berdiri dan berpindah tempat ke lokasi yang hening untuk menenangkan diri. Hiraukan semua pikiran negatif yang mulai menyerang isi kepala.

4. Gunakan Kalimat Tenang

Cobalah mengucapkan kalimat seperti "Saya perlu merenungkan ini lebih dulu" atau "Kita bisa bicarakan ini nanti." Ini membantu menunda reaksi emosional Anda. Tanamkan dalam pikiran hal kalimat positif seperti “Semua akan berlalu”

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

5. Tulis Semua Keluh Kesah

Kadang-kadang menulis apa yang Anda rasakan bisa membantu. Cobalah tulis apa yang membuat Anda marah, mengapa Anda merasa seperti itu, dan mungkin solusi untuk masalah tersebut.

Tumpahkan semua yang Anda pikirkan ke dalam tulisan. Ini akan membuat Anda lebih tenang saat amarah menguasai diri.

6. Gunakan Teknik Relaksasi

Teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mengendalikan amarah dan meningkatkan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Cobalah untuk melakukan relaksasi tersebut secara rutin setiap hari, agar setiap kali emosi datang dapat Anda kendalikan.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

7. Berbicara dengan Orang yang Dipercaya

Berbicara dengan seseorang yang Anda percayai dan dapat memberikan dukungan dapat membantu Anda meredakan amarah dan mendapatkan pandangan yang lebih objektif tentang situasi.

Orang yang Anda percayai bisa saja membantu dalam menemukan solusi atas masalah yang membuat amarah memuncak. Orang yang dipercaya cenderung lebih peduli atas kondisi yang Anda alami.

8. Berhenti Bicara

Menghentikan diri untuk sejenak berbicara adalah salah satu cara yang dapat membantu Anda mengendalikan emosi saat amarah memuncak. Ini adalah bentuk dari apa yang dikenal sebagai "pengendalian diri diri" atau "self-control."

Baca Juga: 12 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Bahagia, Yuk Lakukan

Ketika berhenti berbicara, Anda memberi diri waktu untuk merenungkan apa yang sebenarnya membuat Anda marah dan bagaimana Anda ingin meresponsnya. Ini dapat membantu Anda menemukan solusi yang lebih bijak.

9. Putar Musik Favorit Anda

Memutar musik favorit sebagai cara untuk mengendalikan emosi saat amarah memuncak bisa menjadi salah satu metode yang efektif. Musik memiliki kekuatan untuk memengaruhi suasana hati dan emosi kita.

Musik dapat mengalihkan perhatian Anda dari sumber amarah atau frustrasi Anda. Ini memberi Anda waktu untuk merenungkan emosi Anda sebelum Anda bereaksi.

Baca Juga: 12 Sikap Agar Hidup Bahagia dan Tidak Terpengaruh dengan Omongan Orang Lain

10. Beri Waktu untuk Istirahat

Ketika emosi memuncak, otak Anda mungkin berfungsi dengan cepat dan impulsif. Memberi waktu untuk istirahat memungkinkan Anda untuk merenungkan situasi dengan lebih objektif dan menjernihkan pikiran Anda.

Waktu istirahat dapat membantu menurunkan tingkat stres yang berkaitan dengan amarah. Ini membantu Anda merasa lebih tenang dan bisa lebih baik dalam mengatasi situasi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)
Sukabumi22 Mei 2024, 19:51 WIB

116 Siswa Bersaing, Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Hafiz Tingkat SMP

Kegiatan ini bertujuan melahirkan generasi yang mencintai Alquran.
Kegiatan seleksi dan evaluasi hafiz tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi di SMPN 1 Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Cek Fakta22 Mei 2024, 19:32 WIB

CekFakta.com Deteksi Dis/Misinformasi, Google Beri Dukungan Guna Berantas Hoaks!

Kerjasama dengan CekFakta.com merupakan salah satu langkah penting GNI dalam memerangi misinformasi dan meningkatkan kualitas ekosistem berita di Indonesia.
Ilustrasi. Penyebaran Berita Melalui Koran. CekFakta.com Deteksi Disinformasi, Google Beri Dukungan Penuh Guna Berantas Hoaks. Foto: Pexels/Pixabay