10 Cara Mengendalikan Emosi Saat Amarah Memuncak Agar Kembali Tenang

Selasa 05 September 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi - ada beberapa cara untuk mengatasi emosi saat marah memuncak dan menguasai diri. (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio.)

Ilustrasi - ada beberapa cara untuk mengatasi emosi saat marah memuncak dan menguasai diri. (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio.)

SUKABUMIUPDATE.com - Saat emosi, setiap orang akan menunjukan amarahnya dengan cara yang berbeda-beda. Apabila emosi secara berlebihan dan tidak dapat dikendalikan, maka dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Mengendalikan emosi saat amarah memuncak adalah keterampilan yang sangat penting untuk menghindari konflik dan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan amarah saat emosi memuncak, dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan yang Membuatmu Tidak Dipandang Rendah Orang Lain

1. Tarik Nafas Dalam-dalam

Ketika Anda merasa amarah meningkat, hentikan apa yang sedang Anda lakukan dan fokus pada pernapasan. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut. Ini dapat membantu menenangkan sistem saraf Anda.

2. Coba Hitung Mundur

Sebelum merespons dengan marah, cobalah hitung hingga sepuluh dalam pikiran Anda. Ini memberikan Anda waktu untuk memikirkan tindakan sebelum bertindak impulsif.

Meskipun terdengar sepele, tapi menghitung mundur dari 10 dapat membantu meredakan amarah yang sedang memuncak. Hal ini dapat membuat detak jantung yang sebelumnya berdegup kencang menjadi lebih rileks atau tenang.

Baca Juga: 11 Sikap Menjadi Perempuan Pemberani Agar Tidak Disepelekan Orang Lain

3. Pergi dari Satu Tempat ke Tempat Lainnya

Jika memungkinkan, beranjaklah dari situasi yang memicu kemarahan Anda. Berjalan-jalan sejenak atau pergilah ke tempat yang tenang untuk merenungkan perasaan Anda.

Bisa juga saat amarah memuncak, cobalah untuk berdiri dan berpindah tempat ke lokasi yang hening untuk menenangkan diri. Hiraukan semua pikiran negatif yang mulai menyerang isi kepala.

4. Gunakan Kalimat Tenang

Cobalah mengucapkan kalimat seperti "Saya perlu merenungkan ini lebih dulu" atau "Kita bisa bicarakan ini nanti." Ini membantu menunda reaksi emosional Anda. Tanamkan dalam pikiran hal kalimat positif seperti “Semua akan berlalu”

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

5. Tulis Semua Keluh Kesah

Kadang-kadang menulis apa yang Anda rasakan bisa membantu. Cobalah tulis apa yang membuat Anda marah, mengapa Anda merasa seperti itu, dan mungkin solusi untuk masalah tersebut.

Tumpahkan semua yang Anda pikirkan ke dalam tulisan. Ini akan membuat Anda lebih tenang saat amarah menguasai diri.

6. Gunakan Teknik Relaksasi

Teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mengendalikan amarah dan meningkatkan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Cobalah untuk melakukan relaksasi tersebut secara rutin setiap hari, agar setiap kali emosi datang dapat Anda kendalikan.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

7. Berbicara dengan Orang yang Dipercaya

Berbicara dengan seseorang yang Anda percayai dan dapat memberikan dukungan dapat membantu Anda meredakan amarah dan mendapatkan pandangan yang lebih objektif tentang situasi.

Orang yang Anda percayai bisa saja membantu dalam menemukan solusi atas masalah yang membuat amarah memuncak. Orang yang dipercaya cenderung lebih peduli atas kondisi yang Anda alami.

8. Berhenti Bicara

Menghentikan diri untuk sejenak berbicara adalah salah satu cara yang dapat membantu Anda mengendalikan emosi saat amarah memuncak. Ini adalah bentuk dari apa yang dikenal sebagai "pengendalian diri diri" atau "self-control."

Baca Juga: 12 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Bahagia, Yuk Lakukan

Ketika berhenti berbicara, Anda memberi diri waktu untuk merenungkan apa yang sebenarnya membuat Anda marah dan bagaimana Anda ingin meresponsnya. Ini dapat membantu Anda menemukan solusi yang lebih bijak.

9. Putar Musik Favorit Anda

Memutar musik favorit sebagai cara untuk mengendalikan emosi saat amarah memuncak bisa menjadi salah satu metode yang efektif. Musik memiliki kekuatan untuk memengaruhi suasana hati dan emosi kita.

Musik dapat mengalihkan perhatian Anda dari sumber amarah atau frustrasi Anda. Ini memberi Anda waktu untuk merenungkan emosi Anda sebelum Anda bereaksi.

Baca Juga: 12 Sikap Agar Hidup Bahagia dan Tidak Terpengaruh dengan Omongan Orang Lain

10. Beri Waktu untuk Istirahat

Ketika emosi memuncak, otak Anda mungkin berfungsi dengan cepat dan impulsif. Memberi waktu untuk istirahat memungkinkan Anda untuk merenungkan situasi dengan lebih objektif dan menjernihkan pikiran Anda.

Waktu istirahat dapat membantu menurunkan tingkat stres yang berkaitan dengan amarah. Ini membantu Anda merasa lebih tenang dan bisa lebih baik dalam mengatasi situasi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich