Kesurupan Menurut Medis Hingga Agama, Seperti Remaja Kerasukan di Sukabumi

Rabu 30 Agustus 2023, 17:30 WIB
Spot selfie dari bambu di Bukit Panenjoan | Kesurupan Menurut Medis Hingga Agama, Seperti Remaja Kerasukan di Sukabumi (Sumber : Ragil Gilang)

Spot selfie dari bambu di Bukit Panenjoan | Kesurupan Menurut Medis Hingga Agama, Seperti Remaja Kerasukan di Sukabumi (Sumber : Ragil Gilang)

SUKABUMIUPDATE.com - Kesurupan, atau yang juga dikenal sebagai "terkena sihir" atau "kerasukan," adalah fenomena yang banyak dibicarakan dalam berbagai budaya dan tradisi.

Kesurupan identik dengan cerita fenomena hantu, bahkan masih dipercaya dan ditakuti oleh sebagian masyarakat. Misalnya, seperti remaja yang kerasukan di objek wisata Panenjoan, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Namun, pandangan tentang penyebab kesurupan dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada konteks budaya, agama dan pandangan ilmiah.

Baca Juga: 2.45 Juta Remaja Indonesia Punya Gangguan Mental, Mayoritas Fobia Sosial?

Ada beberapa pandangan yang berbeda terkait penyebab kesurupan menurut medis hingga agama. Berikut beberapa diantaranya sebagaimana merangkum dari berbagai sumber:

Penyebab Seseorang Kesurupan

Pandangan Medis dan Psikologis

Di beberapa kasus, kesurupan dapat dijelaskan melalui pandangan medis dan psikologis.

Gangguan neurologis, seperti epilepsi atau gangguan disosiatif, bisa menyebabkan gejala yang serupa dengan kesurupan. Stress, trauma, dan gangguan mental juga dapat memainkan peran dalam menyebabkan perilaku yang terlihat seperti kesurupan.

Pandangan Budaya dan Spiritual

Beberapa budaya percaya bahwa kesurupan disebabkan oleh interaksi dengan roh atau entitas gaib.

Orang yang kesurupan mungkin dianggap sedang berbicara atau digunakan sebagai medium oleh entitas supernatural.

Pandangan Agama

Di beberapa kepercayaan agama tertentu, penyebab kesurupan dapat dianggap sebagai hasil dari pengaruh jin atau setan. Dalam pandangan ini, entitas jahat dianggap mencoba menguasai tubuh individu untuk tujuan tertentu.

Baca Juga: Apakah Orang Introvert Selalu Silent Treatment? Simak Perbedaannya!

Masyarakat beragama Islam meyakini bahwa Hantu atau jurig dapat diusir dengan membacakan Ayat Kursi atau Surat Yasin.

Pandangan Sosial dan Kultural

Kesurupan bisa menjadi reaksi terhadap tekanan sosial atau kultural. Fenomena kesurupan membuat individu mungkin merasa tertekan untuk berperilaku sesuai dengan harapan tersebut.

Perlu dicatat bahwa pandangan terkait kesurupan sangat bervariasi, dan penjelasan di atas hanya mencakup beberapa pandangan umum.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Topik Ngobrol dengan Orang Introvert, Coba Pertanyaan Filosofis

Apabila seseorang mengalami gejala yang terlihat seperti kesurupan. Penting untuk mencari bantuan medis profesional terlebih dahulu untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya dan memberikan perawatan yang sesuai.

Adapun di Sukabumi ada kesurupan yang dikaitkan dengan kejadian mistis, yakni peristiwa yang berujung kecelakaan di objek wisata Panenjoan, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 29 Agustus 2023. Dua perempuan terperosok ke jurang di salah satu spot favorit di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) ini.

Kedua perempuan yang diduga kerasukan tersebut merupakan pelajar berinisial I (20 tahun) dan N (18 tahun), warga Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Mereka terperosok ke jurang sedalam 15-20 meter setelah salah satu diantaranya yakni I mengalami kesurupan. Ini terjadi pada waktu magrib atau sekira pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Mendikbud: Lulus S1, S2, S3 Tidak Wajib Skripsi, Tesis dan Disertasi

Kapolsek Ciemas Iptu Azhar Sunandar mengatakan kejadian ini bermula saat sekumpulan anak muda, termasuk kedua korban, bermain dan menongkrong di objek wisata Panenjoan. Namun tiba-tiba, I diduga mengalami kesurupan, lalu tak sadarkan diri, hingga akhirnya kembali sadar namun dengan ekspresi tertawa.

Tak hanya itu, I juga berguling-guling dan lari tak beraturan. Teman-temannya berusaha memberikan bantuan dengan memegangi I karena khawatir dia jatuh ke jurang. Namun upaya para anak muda itu gagal karena tenaga I menjadi lebih kuat. Situasi ini membuat I akhirnya terperosok ke dalam jurang dan menyeret N.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)