7 Rekomendasi Buku Self Improvement Untuk Mengisi Waktu Luang

Senin 14 Agustus 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi. Berikut rekomendasi buku-buku self improvement yang bisa menjadi bahan bacaan di waktu luang | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Berikut rekomendasi buku-buku self improvement yang bisa menjadi bahan bacaan di waktu luang | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com – Membaca buku self improvement bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luang karena pembahasannya berkaitan dengan kehidupan sehari-sehari dan bisa memberikan banyak pengetahuan tentang hidup.

Buku self improvement menginspirasi untuk menjadi lebih baik melalui kata-kata motivasi di dalamnya. Pembaca akan diberitahu cara mengubah pandangan hidup agar lebih bermakna dan memuaskan untuk meraih kesuksesan.

Melalui buku self improvement, wawasan dan kualitas diri bisa bertambah. Selain itu, dapat mengajarkan tentang meraih kebahagiaan, hingga mengembangkan potensi yang ada.

Baca Juga: 11 Manfaat Membaca Buku, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Mental

Berikut tujuh rekomendasi buku self improvement yang dikutip dari berbagai sumber

1. Filosofi Teras

Filosofi Teras yang ditulis oleh Henry Manampiring menceritakan tentang stoisisme yaitu konsep filosofi Yunani-Romawi kuno yang bantu mengatasi emosi negatif dan membuat mental menjadi tangguh dalam menghadapi masalah hidup.

Buku ini juga menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan bahasa dan istilah yang mudah dipahami oleh banyak orang.

Baca Juga: 7 Lagu Bertemakan Nasionalisme dari Musisi Indonesia, Cocok Untuk 17 Agustus

2. Atomic Habit – James Clear

Atomic Habit karya penulis James Clear tentang mengubah hidup tidak harus dengan memikirkan hal-hal besar, tapi bisa dimulai dari kebiasaan kecil sehari-hari. Seperti bangun lima menit lebih awal atau berolahraga pagi.


Buku ini juga mengungkapkan bahwa perubahan-perubahan kecil bisa mengubah hidup jadi lebih baik dan mendatangkan pengaruh besar pada karir, hubungan pribadi, dan hidup.

Atomic Habit juga menjelaskan teori-teori ilmiah dalam biologi, psikologi, dan ilmu saraf. Ditambah kisah-kisah inspiratif dari para juara olimpiade, CEO bisnis, hingga ilmuwan tentang kebiasaan-kebiasaan kecil agar tetap produktif, termotivasi, dan bahagia.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi PTSD, Gangguan Mental yang Bisa Disebabkan Trauma Masa Kecil

3. Berani Tidak Disukai

Berani Tidak Disukai menyajikan jawaban sederhana berdasarkan teori Alfred Adler dalam percakapan seorang filsuf membantu muridnya memahami bagaimana menentukan arah hidup, bebas dari belenggu trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain.

Buku ini akan membuat pembacanya memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal tidak penting dari pikiran. Memperlihatkan cara pikir yang bebas akan membangun keberanian untuk mengubah dan mengabaikan batasan yang mungkin berlakukan bagi diri sendiri.

Buku ini juga memperlihatkan fenomena di Jepang yang mengisolasi diri di kamar sangat lama, karena terlalu memikirkan kata orang lain hingga tak percaya diri, menjadikan seseorang merasa tidak bahagia.

Dalam buku ini akan dibuat memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal tidak penting dari pikiran. Berani Tidak Disukai mengangangkat tentang mencintai diri sendiri agar bahagia.

Baca Juga: Lapang Merdeka Sukabumi: Hotel Victoria dan Pidato Kemerdekaan Bung Karno

4. What’s So Wrong About Your Self Healing

Buku karya Ardhi Mohammad akan membahas tentang self-healing ketika masih ada emosi negatif dalam diri setelah menenangkan diri dari rasa cemas, kesepian, pasrah, dan sedih yang dirasakan.

What’s So Wrong About Your Self Healing juga memperlihatkan tentang pentingnya pola asuh orang tua terhadap pola pikir anak. Penggunaan bahasa dalam buku ini mudah dimengerti untuk menjelaskan teori-teorinya.

5. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat mengajarkan untuk bersikap bijaksana dalam menentukan yang perlu dipedulikan bagi pembaca yang mudah overthinking, selalu cemas, dan merasa takut akan pilihan.

Penulis Mark Manson mengangkat fenomena-fenomena zaman kini dan memberikan banyak tips untuk membuat hidup lebih baik dan mendapatkan bahagia.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Akan Sukses, Yuk Kenali!

6. Tak Apa-Apa Tak Sempurna

Tak Apa-Apa Tak Sempurna adalah buku yang membantu pembaca untuk menerima diri apa adanya dan tidak perlu cemas memikirkan kata orang lain. Membuat pembacanya untuk fokus lebih mencintai diri sendiri dan mengeluarkan kemampuan diri dengan keberanian yang besar.

Buku ini cocok bagi yang merasa kemampuan diri kurang, kegagalan adalah masalah besar, tertekan dengan hidup, tidak percaya diri, dan lebih rendah dari orang lain. Karena buku ini mengajarkan bahwa menjadi tidak sempurna bukan hal buruk.

Baca Juga: Doa Mohon Dilindungi dari Orang-Orang Dzalim, Yuk Amalkan

7. Insecurity is My Middle Name

Insecurity is My Middle Name adalah buku self improvement pertama dari penulis Alvi Syahrin. Buku ini membicarakan tentang insecure yang sering dialami diri sendiri saat melihat pencapaian orang lain atau tidak percaya diri.

Melalui buku ini akan memperlihatkan cara untuk berdamai dengan rasa insecure. Ditemani dengan wawasan dan cara pandang terhadap hal-hal yang menjadi penyebab insecure.

Writer: Octa

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).