3 Rekomendasi Buku tentang Kepribadian Introvert, Kisah Si Pendiam dan Misterius

Senin 19 Juni 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi. Membaca | Rekomendasi Buku tentang Kepribadian Introvert, Kisah Si Pendiam dan Misterius (Sumber : pixabay.com/@StockSnap)

Ilustrasi. Membaca | Rekomendasi Buku tentang Kepribadian Introvert, Kisah Si Pendiam dan Misterius (Sumber : pixabay.com/@StockSnap)

SUKABUMIUPDATE.com - Menurut ahli American Psychological Association, pribadi yang introvert cenderung menarik diri, pendiam, tenang, suka menyendiri, dan tidak tergesa-gesa atau selalu berhati-hati.

Seorang introvert juga lebih suka bekerja secara mandiri, yang mana sifat atau karakter ini sering kali menimbulkan berbagai “masalah”.

Meski Introvert identik dengan sosok misterius yang selalu tertutup, namun mereka juga memiliki banyak kekuatan dan potensi luar biasa.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Jurusan yang Cocok untuk Introvert, Calon Mahasiswa Cek!

Untuk Updaters yang ingin memahami lebih dalam tentang kepribadian introvert, berikut 3 rekomendasi buku yang bisa dibaca. Tentunya untuk mengeksplorasi dunia introvert, sebagaimana dikutip via Yoursay.Id -jaringan suara.com:

Rekomendasi Buku tentang Kepribadian Introvert

1. Quiet: Kekuatan Senyap Pribadi introvert di Dunia yang Tak Berhenti Bicara karya Susan Cain

Quiet merupakan buku non fiksi karya Susan Cain yang diterbitkan pada tahun 2012. Buku ini mengkaji peran dan kekuatan introvert dalam masyarakat yang cenderung menghargai sifat ekstrover.

Quiet: Kekuatan Senyap Pribadi introvert di Dunia yang Tak Berhenti Bicara, Susan Cain menjelaskan perbedaan antara introvert dan ekstrovert. Ia juga menyelidiki berbagai peran introvert dalam budaya populer, dunia kerja, dan pendidikan.

Cain menggunakan berbagai studi dan penelitian ilmiah untuk mendukung argumennya tentang kekuatan introvert. Ia menyoroti kecenderungan introvert untuk merenung, memproses informasi dengan cermat, dan memiliki sensitivitas sosial yang tinggi.

Buku ini menggambarkan bahwa introvert memiliki kontribusi yang berharga dalam berbagai bidang, seperti seni, sastra, dan ilmu pengetahuan. Selain itu, Cain juga membahas bagaimana budaya populer dan lingkungan kerja sering kali mengabaikan atau mengurangi peran introvert.

Ia menyoroti pentingnya memberikan ruang dan pengakuan bagi introvert, serta membangun lingkungan yang memungkinkan mereka untuk berkembang dan berpartisipasi secara maksimal. Quiet juga memberikan saran praktis tentang cara menghargai dan mendukung introvert, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Sejak diterbitkan, buku Quiet telah menjadi sebuah gerakan yang menginspirasi banyak orang untuk menghargai dan memahami perbedaan kepribadian.

2. Quiet Impact: Tak Masalah Jadi Orang introvert karya Sylvia Loehken

Quiet Impact adalah buku non fiksi karya Sylvia Loehken, seorang penulis dan pembicara yang secara khusus membahas topik kepribadian introvert dalam konteks kerja dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Inspiratif tentang Kesetaraan Gender, Ada Mulan Pejuang Wanita!

Di buku Quiet Impact: Tak Masalah Jadi Orang introvert, Sylvia Loehken membahas berbagai aspek kehidupan profesional dan sosial yang relevan bagi introvert. Dia menggambarkan bagaimana introvert memiliki kualitas yang unik, dan bagaimana mereka dapat menggunakan karakteristik ini untuk mencapai kesuksesan pribadi dan profesional.

Buku ini mengulas berbagai strategi yang dapat digunakan oleh orang introvert untuk mengoptimalkan potensi mereka dan berinteraksi dengan lingkungan yang lebih ekstrover. Sylvia Loehken menjelaskan bagaimana cara mengelola energi dan stres, mengoptimalkan kemampuan berbicara di depan umum, membangun dan mempertahankan hubungan sosial yang berarti, serta menggunakan kecerdasan introvert untuk berinovasi dan mencapai keunggulan dalam pekerjaan.

Quiet Impact juga menyediakan tips praktis dan contoh kasus yang relevan dari kehidupan nyata untuk membantu pembaca memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep yang dibahas dalam buku ini.

3. Introvert: Sebuah Novel Penggugat Jiwa karya M.F. Hazim

Jika dua buku sebelumnya merupakan karya non fiksi dan terjemahan, maka buku yang satu ini merupakan karya fiksi dan ditulis oleh novelis Indonesia, M.F. Hazim. Novel ini menampilkan kisah hidup Nawawi, seorang siswa SMA berkepribadian introvert.

Baca Juga: Kenapa Pria Minder pada Wanita Independen? Simak Penjelasannya!

Nawawi tidak menyukai teman-teman di kelasnya yang terlalu heboh dan berisik. Apalagi kalau sedang tugas kelompok. Nawawi tidak tenang berada di keramaian. Ia selalu menantikan bel pulang sekolah. Setelah itu, ia akan singgah ke toko buku atau perpustakaan.

Novel ini menceritakan keseharian seorang introvert. Pembaca akan dibawa menyusuri imajinasi dan pemikirannya, dan banyak hal yang berkecamuk di dalamnya; gundah, resah, dan juga pergulatan batin. Novel ini seakan menggugat dunia orang ekstrover yang sepertinya tidak bisa memahami orang-orang introvert.

Itulah 3 rekomendasi buku tentang kepribadian introvert, baik buku non fiksi maupun novel. Happy Reading!

Sumber: Yoursay.Id (Portal Suara.com)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini24 Mei 2024, 15:02 WIB

Menggugat Kebijakan PTN BH: Mewujudkan Pendidikan Tinggi Terjangkau bagi Semua?

Kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ramai dibicarakan terutama terjadi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH)
Mulyawan Safwandy Nugraha / Pengamat dan Praktisi Pendidikan Tinggi | Foto : Sukabumiupdate
Inspirasi24 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Helper Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA di Minimarket Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Helper Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA di Minimarket Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 Mei 2024, 14:41 WIB

Tak Mampu Bayar Kontrakan, Kakek Nenek dan Cucu di Sukabumi Huni Bekas Kandang Sapi

Suryana menyebut masyarakat kasihan dengan kondisi Emad dan keluarganya.
Ida (65 tahun) di depan rumah bekas kandang sapi yang dihuninya di Kampung Cimaja RT 14/04 Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi24 Mei 2024, 14:40 WIB

Darurat Sampah di Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi, Ini Kata DLH

Jalan Raya Bagbagan yang menjadi akses utama menuju Geopark Ciletuh tercemari oleh tumpukan sampah berceceran di pinggir jalan, tepatnya di bahu jalan dekat Jembatan Bagbagan.
Kondisi tumpukan sampah di bahu jalan dekat Jembatan Bagbagan, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Mei 2024, 14:30 WIB

Penampilan Menarik, Ini 9 Gaya Hidup yang Membuat Orang Iri dengan Kita

Orang yang melihat bagaimana kita mengelola berbagai aspek kehidupan dengan baik cenderung merasa terinspirasi dan mungkin merasa iri dengan pencapaian dan keseimbangan yang kita miliki.
Ilustrasi. Cantik dan Menutup Aurat, Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers (Sumber : Pexels.com/BaTik)
Sukabumi24 Mei 2024, 14:05 WIB

Pemda Tinggal Bayar, PTPN Soal Lahan Huntap Korban Bencana Alam di Nyalindung Sukabumi

Penyintas pergerakan tanah di Dusun Ciherang belum mendapat kepastian.
Huntap yang sudah terbangun di Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. | Foto : Istimewa
Sehat24 Mei 2024, 14:00 WIB

Demam dan Sakit Punggung Bawah? Hati-hati 5 Gejala Tak Biasa Asam Urat

Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya.
Ilustrasi - Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).
Sehat24 Mei 2024, 13:30 WIB

Ingin Bebas Diabetes? Konsumsi 8 Minuman Sehat Ini Tiap Pagi Hari!

Bagi seseorang yang ingin bebas diabetes tidak hanya dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Ada beberapa minuman sehat yang dapat membantu untuk mengelola darah dan bisa diminum saat pagi hari
Mengonsumsi minuman sehat tiap pagi hari, bisa membuat gula darah terkendali dan bebas diabetes. (Sumber : Freepik.com)
Sehat24 Mei 2024, 13:00 WIB

5 Cara Mengatasi Serangan Asam Urat yang Menyakitkan, Begini Langkahnya

Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar.
Ilustrasi - Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat24 Mei 2024, 12:30 WIB

Alami Diabetes? Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Untuk Kendalikan Gula Darah

Ada beberapa bahan alami yang membantu untuk mengendalikan gula darah bagi seseorang yang mengalami diabestes. Bila dikonsumsi secara rutin bahan-bahan alami dapat mengobati diabetes secara perlahan-lahan
Ilustrasi - Air Biji Ketumbar yang menjadi salah satu bahan alami untuk mengendalikan gula darah (Sumber : Freepik.com)