Launching Buku Novel-Cerpen, Melihat Cara Menggali Minat Menulis Pelajar Sukabumi

Selasa 20 Juni 2023, 12:07 WIB
3 buku yang dilaunching berjudul Harga Rahim Yasa, sebuah novel fiksi kemudian Amin Paling Serius serta Ikhlas Melepasmu yang merupakan antologi cerpen. Semua buku itu bergenre romansa. (Sumber : Andri Somantri)

3 buku yang dilaunching berjudul Harga Rahim Yasa, sebuah novel fiksi kemudian Amin Paling Serius serta Ikhlas Melepasmu yang merupakan antologi cerpen. Semua buku itu bergenre romansa. (Sumber : Andri Somantri)

SUKABUMIUPDATE.com - Guru dan siswa SMK Nuurul Bayan, Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, melakukan launching 3 buku novel serta cerpen, Senin (19/6/2023). Launching buku ini sebagai momentum untuk meningkatkan kembali minat menulis terutama pada kalangan remaja usia pelajar.

3 buku yang dilaunching itu berjudul Harga Rahim Yasa, merupakan sebuah novel fiksi bergenrenya romansa kemudian Amin Paling Serius serta Ikhlas Melepasmu merupakan antologi cerpen dengan genre romansa religi.

Harga Rahim Yasa merupakan karangan guru Matematika SMK Nuurul Bayan Siti Saniyah Kohar (24 tahun), kemudian buku Amin Paling Serius dan Ikhlas Melepasmu merupakan antologi sehingga melibatkan sejumlah penulis yang diantara penulis itu adalah 4 siswa SMK Nurul Bayan.

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jawa Barat 2023 jenjang SMA/Sederajat

4 siswa itu adalah Safira Indah Pratiwi dan Elsya Maryana (Amin Paling Serius) kemudian, Abdul Muij dan Alya Dwi Nova (Ikhlas MelepasMu). Untuk di buku Ikhlas Melepasmu, Siti Saniyah Kohar juga ikut serta.

Guru dan pelajar SMK Nuurul Bayan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi yang menulis buku.Guru dan pelajar SMK Nuurul Bayan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi yang menulis buku.

Saniyah menyatakan dalam menumbuhkan semangat menulis di kalangan pelajar butuh sebuah motivasi. Menurut dia, apa yang ditulis itu akan abadi bahkan menjadi sebuah sejarah.

“Tulisan itu abadi, saya menulisnya sekarang maka generasi-generasi berikutnya masih bisa membaca karya saya, sehingga kenapa menulis itu abadi karena akan berbekas,” ujar lulusan Universitas Al Azhar Indonesia.

Baca Juga: Kapan Hasil PPDB Jabar 2023 Tahap 1 Jenjang SMA dan SMK Diumumkan?

Menulis juga merupakan sebuah cara untuk mengembangkan kemampuan atau upgrade diri, sebab dalam menulis seseorang itu akan mengawalinya dengan merancang sebuah tema.

“Kita itu mau menulis apa? ketika kita ingin membuat sesuatu yang bermanfaat maka kita harus mengisi pengetahuan kita dengan hal-hal yang bermanfaat,” ujarnya.

Hal lain yang menjadi motivasi adalah menulis memiliki sebuah nilai jual disaat tulisan yang dibuat disukai banyak orang. Selain itu, ada banyak perlombaan menulis yang apabila menang maka mendapat reward.

Baca Juga: 9 Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Penelitian Ilmiah, Bisa Analisis Data?

“Ada nilai jual dan dengan menulis tentunya kita dapat uang jajan tambahan, kemudian ketika menerbitkan buku dan yang membeli banyak maka royalti yang didapat juga akan banyak,” ujarnya.

Saniyah mengungkapkan selain adanya motivasi dari dalam diri, dukungan dari luar pun amat penting. Seperti halnya ekstrakurikuler leksikon yang dimiliki di SMK Nuurul Bayan.

Ekstrakurikuler itu diresmikan tahun ini namun kegiatan tulis menulisnya sudah berjalan dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Lomba Menulis Tema Hormat Bendera dalam Hukum Islam di Hari Santri, BPIP Beri Penjelasan

“Untuk anggota ekstrakulikuler ini sekitar 17 orang dan mereka aktif menulis,” ujar Saniyah yang merupakan pembina kedua ekstrakurikuler leksikon.

Dalam hal memotivasi siswa dan siswi agar mau belajar menulis, Saniyah menyatakan harus ada yang berubah diantaranya tulisan tak mesti dalam bentuk fisik buku, sebab bisa dalam format digital.

Kepsek, para guru dan pelajar SMK Nuurul Bayan yang menulis buku kemudian duta literasi serta Diarpus Kabupaten Sukabumi pada kegiatan launcing 3 buku novel dan cerpen.Kepsek, para guru dan pelajar SMK Nuurul Bayan yang menulis buku kemudian duta literasi serta Diarpus Kabupaten Sukabumi pada kegiatan launcing 3 buku novel dan cerpen.

Kepala Sekolah SMK Nurul Bayan, Imam Noeril merasa bangga karena muridnya sudah bisa menghasilkan karya berupa buku cerpen. Dia juga mengapresiasi guru yang merupakan penulis bertaraf nasional di sekolah tersebut.

Tentunya, kata Iman, pihak sekolah akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat positif. "Kita mempunyai ekstrakurikuler Leksikon untuk meningkatkan minat baca siswa-siswi, kemudian membuat pojok baca lalu menerima karangan-karangan buku apapun sehingga bisa menjadi daya tarik siswa-siswi untuk membaca,” ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa