11 Manfaat Membaca Buku, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Mental

Senin 31 Juli 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi - 11 Manfaat Membaca Buku, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Mental (Sumber : Pexels/Liana Tril')

Ilustrasi - 11 Manfaat Membaca Buku, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Mental (Sumber : Pexels/Liana Tril')

SUKABUMIUPDATE.com - Tak perlu diragukan lagi, membaca buku merupakan sebuah kegiatan positif yang bisa merangsang kinerja otak manusia.

Maka tidak heran jika membaca buku memiliki banyak manfaat di kehidupan manusia, bahkan banyak orang sukses yang hobi membaca lho.

Bahkan diketahui, membaca buku tidak hanya sebagai aktivitas biasa atau pengisi waktu, melainkan juga terbukti meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Gejala Depresi pada Orang Dewasa, Salah Satunya Pandangan Kosong

Selain meningkatkan kesehatan mental, inilah berbagai manfaat membaca buku yang perlu untuk diketahui, seperti menghimpun dari Yoursay.id.

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Kamu sering mendengar kalau buku adalah jendela dunia dan kuncinya adalah membaca, kan? Maksudnya, karena salah satu manfaat membaca adalah menambah wawasan dan pengetahuanmu tentang dunia. Buku apa pun yang kamu baca, kamu akan tetap mendapat wawasan dan pengetahuan baru.

Baca Juga: 7 Tanda Inner Child yang Terluka dan Cara Penyembuhannya, Yuk Kenali!

Kamu tidak perlu terus menerus membaca buku pelajaran meski di sana terdapat banyak pengetahuan, sekali-kali kamu perlu membaca buku fiksi. 

Meski sebuah karangan, buku fiksi juga memiliki wawasan dan pengetahuan baru yang sayang untuk dilewatkan.

2. Melatih Keterampilan Berpikir dan Menganalisis

Dari membaca, kamu jadi memiliki keterampilan lebih dalam berpikir. Misalnya, kamu akan menjadi lebih kritis terhadap suatu hal. 

Kamu juga akan pandai memecahkan berbagai hal, serta terlatih untuk menganalisis sesuatu sebagai efek dari membaca.

3. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ketika membaca sebuah buku, otakmu akan terfokus pada apa yang sedang kamu baca. Dengan sering-sering membaca, otomatis kamu juga akan mudah fokus dan konsentrasi ketika melakukan pekerjaan lain. 

Bagi kamu yang sulit untuk fokus dan konsentrasi, cobalah biasakan membaca setiap hari meski hanya beberapa halaman saja.

4. Memperkaya Kosakata

Ketika kamu membaca sebuah buku, pasti kamu akan menemukan sebuah kata baru. Tentu saja kata itu asing untukmu, maka dari itu kamu juga akan tergerak mencari tahu maksud kata tersebut. Dengan melakukan hal tersebut, kosakata dalam otakmu akan semakin bertambah.

5. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Karena banyaknya kosakata, kamu tidak akan kehabisan kata ketika berkomunikasi dengan orang lain. 

Kamu jadi lebih mudah ikut dalam sebuah percakapan, apalagi jika percakapan tersebut berkaitan dengan buku-buku yang selama ini kamu baca. Singkatnya, membaca membuatmu mudah bergaul dalam lingkungan sosial.

6. Meningkatkan Tulisan

Salah satu manfaat membaca adalah membuat tulisanmu mengalami peningkatan. Ketika kamu membaca, bukan hanya diksi yang bisa ditangkap otak, tetapi tanda baca juga sama. Tanpa sadar, kamu akan menuliskan apa yang sudah kamu baca dengan mudah.

Beberapa penulis perlu membaca banyak buku sebelum menulis. Hal ini karena mereka perlu kosakata, perlu memahami tanda baca, hingga berbagai ide sebelum menulis. 

Maka dari itu, para penulis berpendapat bahwa kuncinya menulis adalah membaca banyak buku.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Kamu sering lupa menaruh barang? Hal ini bisa jadi karena kamu kurang banyak membaca hingga kamu menjadi pelupa. 

Merangkum dari blog The Best Brain Possible, kebiasaan membaca buku dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Tidak ada salahnya untuk rajin membaca demi ingatan yang bagus, kan?

8. Dapat Mengurangi Stres

Dari membaca, kamu bisa mendapatkan banyak hal, salah satunya dapat melepas stres. Terlalu sering mengalami stres dapat mengganggu kesehatan mental, maka dari itu sangat disarankan bagi orang yang mudah stres agar sering membaca. 

Dilansir dari Huffpost, membaca buku lebih efektif menurunkan stres dibandingkan berjalan kaki ataupun mendengarkan musik.

9. Memperluas Pemikiran

Pernah tidak kamu bertemu seseorang yang ketika diajak berbicara dia tahu berbagai hal meski hanya garis besarnya? Kebanyakan orang seperti itu adalah orang-orang yang sering membaca.

Membaca dapat memperluas pemikiranmu. Artinya, ketika sering membaca pikiranmu tidak akan sempit. Dalam memutuskan sesuatu pun kamu tidak akan gegabah karena memiliki pemikiran yang luas.

10. Meningkatkan Empati Seseorang

Ketika kamu sering membaca, khususnya buku fiksi kamu akan mudah berempati. Karena pada saat kamu membaca sebuah buku, kamu akan ikut larut ke dalamnya, tidak jarang kamu memposisikan sebuah tokoh dalam buku sebagai diri kamu sendiri. Dari sana, empatimu akan meningkat dengan sendirinya.

11. Mencegah Penurunan Kognitif

Dengan sering membaca buku, kamu jadi terhindar dari berbagai penurunan kognitif. Kamu tidak akan mudah terserang penyakit-penyakit otak seperti demensia, dan alzheimer di usia lanjut. 

Untuk masa tua yang lebih baik, maka mulailah biasakan membaca buku dari sekarang, karena waktu tidak akan bisa diputar kembali.

Itu dia 11 manfaat yang bisa kamu petik dari membaca buku. Jangan sampai menyesal karena kamu tidak membiasakan membaca buku dari sekarang, ya. 

Sumber: Yoursay.id (Portal Suara.com)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari