5 Sapi Kurban Termahal di Dunia yang Harganya Fantastis, Tertarik Beli?

Sabtu 17 Juni 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - 5 Sapi Kurban Termahal di Dunia yang Harganya Fantastis, Tertarik Beli?. | (Sumber : Freepik.com/@wirestock.)

Ilustrasi - 5 Sapi Kurban Termahal di Dunia yang Harganya Fantastis, Tertarik Beli?. | (Sumber : Freepik.com/@wirestock.)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, sejumlah hewan kurban seperti domba, kerbau hingga sapi mulai diburu masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kamu jika di dunia ini ada beberapa jenis sapi yang harganya mahal?

Sapi mahal biasanya memiliki kualitas daging terbaik dan juga memiliki bobot yang begitu besar. Hal itulah yang membuat beberapa jenis sapi harganya menjadi sangat mahal.

Sebab, sapi-sapi tersebut dirawat dan diberi pakan yang sehat dan berkualitas dibanding sapi-sapi pada umumnya. Sapi-sapi mahal di Indonesia biasanya banyak diburu oleh para selebriti, konglomerat dan tokoh-tokoh politik tanah air.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mie Goreng Enak di Sukabumi, Cocok Untuk Makan Malam

Berikut ini ada beberapa jenis sapi termahal di dunia yang dikutip via akurat.co.

Jenis Sapi Kurban Termahal di Dunia

1. Sapi Simental

Jenis sapi Simmental ini dikembangkan dan berasal dari lembah Simme, Swiss. Pertumbuhan otot sapi ini cukup bagus, serta lemak di bagian bawah kulitnya juga rendah.

Oleh sebab itu, sapi ini cocok dijadikan sebagai salah satu komoditas yang berpotensi dalam penyediaan daging seperti saat musim berkurban ini.

Bobot dari sapi Simmental sendiri mencapai perkiraan 800 kilogram bahkan ada yang mencapai 1,1 ton. Tinggi dari satu sapi lebih dari 1,5 meter dan biasa dijual hingga sebesar Rp100 juta.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Nasi Liwet Enak di Sukabumi, Aromanya Bikin Perut Keroncongan

2. Sapi Brahman

Jenis sapi kurban termahal berikutnya adalah sapi Brahman. Bobot dari sapi ini memang tidak seberat yang sebelumnya, yaitu sekitar 300 sampai 350 kilogram dengan harga Rp25 juta.

Kemudian untuk berat sapi mencapai 580 kilogram akan dijual dengan harga Rp37 juta. Namun, beberapa jenis sapi Brahman juga ada yang memiliki bobot hingga 1,1 ton namun jarang ditemukan.

Asal usul sapi ini, kabarnya berasal dari india yang dikembangkan di Amerika Serikat. Ciri khasnya yaitu memiliki punuk besar pada tubuhnya dan memiliki warna yang bervariasi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Nasi Bakar Lezat di Sukabumi, Gurihnya Bikin Ngiler

3. Sapi Madura

Selanjutnya, sapi Madura menjadi salah satu jenis sapi kurban termahal di dunia. Meskipun termasuk dalam sapi lokal asli Indonesia, namun kualitasnya mampu menyamakan sapi luar negeri.

Dengan rata-rata bobot mencapai 500 kilogram, harga sapi Madura mencapai Rp22 juta per ekornya. Daging sapi lokal ini tebal, tulang yang kecil, dan tergolong rendah lemak sehingga wajar banyak yang memburunya.

Kelebihan dari sapi Madura lainnya yaitu dapat bertahan hidup dengan pakan yang terbatas, serta kuat terhadap iklim panas dan kualitas daging yang bagus.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

4. Sapi Ongole

Sapi Ongole berasal dari negeri India dan masih tergolong jenis sapi zebu atau sapi berpunuk. Ciri fisik pada sapi ini yaitu memiliki warna putih dan kulit bergelambir di sekitar lehernya.

Kalau dibandingkan dengan sapi Madura, bobot sapi Ongole jauh lebih besar dengan bobot rata-rata mencapai 850 kilogram. Tingginya mencapai 1,6 meter dan biasa dijual dengan harga mulai dari Rp17 juta hingga Rp60 jutaan.

5. Sapi Bali

Sapi Bali juga termasuk jenis sapi kurban termahal di dunia. Ciri khasnya adalah Bertubuh gempal dan tidak berpunuk, serta memiliki bulu badan berwarna merah untuk sapi betina.

Sedangkan untuk sapi jantan berwarna hitam. Warna dari dagingnya yaitu merah segar dengan kandungan lemak yang sedikit. Perkiraan bobot sapi Bali mulai dari 250 kilogram hingga 375 kilogram memiliki harga sebesar Rp18 juga sampai Rp27 juta.

Baca Juga: Link Nonton Film Evil Dead Rise Full Movie, Teror Iblis yang Sadis dan Brutal

Itulah informasi lengkap mengenai harga sapi kurban termahal di dunia yang menjadi incaran para artis maupun pejabat. Selain harganya yang mahal, kualitas dagingnya juga tidak dapat diragukan lagi.

Sumber: Akurat.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Tantangan Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Tidak Dihargai

Tantangan-tantangan hidup orang miskin sering kali saling terkait. Akhirnya dapat menciptakan lingkungan yang sulit bagi orang miskin untuk meraih kehidupan yang layak dan dihargai.
Ilustrasi. Tantangan Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Dihargai (Sumber : pixabay.com/@Mario)
Life13 Mei 2024, 14:15 WIB

6 Cara Menghilangkan Rasa Jenuh Akibat Beban Kerja yang Menumpuk, Yuk Dicoba

Rasa jenuh memang kerap dialami banyak orang akibat beban pekerjaan selama sehari suntuk. Inilah cara untuk menghilangkan hal demikian
Cara menghilangkan rasa jenuh akibat beban kerja seharian di kantor (Sumber : Pexels.com /RDNE Stock project)
Sukabumi13 Mei 2024, 14:09 WIB

Tiga Pengedar Sabu di Sukabumi Diciduk, Ini Wilayah Penangkapannya

Polisi menangkap terduga pelaku, MA (21 tahun), PP (25 tahun), dan EA (31 tahun).
(Foto Ilustrasi) Polres Sukabumi Kota membongkar sejumlah kasus peredaran narkoba jenis sabu. | Foto: Istimewa
Sehat13 Mei 2024, 14:00 WIB

16 Ikan Laut Purin Sedang Untuk Dimakan Secukupnya Bagi Penderita Asam Urat

Beberapa jenis ikan laut bisa dimakan secukupnya karena memiliki kandungan purin sedang.
Ilustrasi - Beberapa jenis ikan laut bisa dimakan secukupnya karena memiliki kandungan purin sedang. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi13 Mei 2024, 13:50 WIB

Nyatakan akan Aksi, LSM Tolak Pencabutan UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi

BPJS seharusnya tidak membuat kebijakan yang merugikan masyarakat.
(Foto Ilustrasi) LSM Korek Mas keberatan atas pencabutan status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi. | Foto: Shutterstock
Sehat13 Mei 2024, 13:45 WIB

9 Manfaat Air Lemon, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Cocok Diminum Tiap Hari

Meminum air lemon setiap hari secara rutin ternyata cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi, apalagi kandungan di dalamnya juga memiliki manfaat lain untuk menyehatkan tubuh
Ada 9 manfaat dari air lemon untuk kesehatan tubuh, salah satunya turunkan kadar kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel13 Mei 2024, 13:30 WIB

Usia 0-3 Tahun, 4 Jenis Susu Formula untuk Anak yang Harus Diketahui Bunda

Susu formula adalah alternatif nutrisi yang dirancang khusus untuk memberikan nutrisi yang seimbang bagi anak-anak yang tidak dapat atau tidak mendapatkan ASI.
Ilustrasi. Memberikan Susu Formula untuk Anak (Sumber : Pexels/SarahChai)
Sukabumi13 Mei 2024, 13:20 WIB

Pemkot Sukabumi Rakor Bahas Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Komoditas Strategis

Rakor ini salah satunya membahas perkembangan inflasi nasional.
Pemkot Sukabumi mengikuti vidcon rakor mingguan Kemendagri pada Senin (13/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life13 Mei 2024, 13:15 WIB

Alami Kolesterol Tinggi? Lakukan 5 Cara Ini Agar Bisa Turun Secara Alami

Ternyata kolesterol tinggi bisa diturunkan secara alami dan membuat penderitanya tidak beresiko terkena penyakit kronis.
Jika alami kolesterol tinggi, maka lakukan cara sehat agar kolesterol turun dan lebih sehat. (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Sehat13 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ada beberapa ikan laut rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ada beberapa ikan laut rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).