Melalui Proses QC, Dompet Dhuafa Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Sesuai Syariat

Kamis 15 Juni 2023, 13:13 WIB
Melalui Proses QC, Dompet Dhuafa Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Sesuai Syariat. | (Sumber : Istimewa.)

Melalui Proses QC, Dompet Dhuafa Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Sesuai Syariat. | (Sumber : Istimewa.)

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang Idul Adha 1444 H, Dompet Dhuafa mengerahkan Tim Quality Control (QC) hewan kurban ke peternakan di wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada 5-7 Juni 2023. Di sana, Tim QC Dompet Dhuafa melakukan pengecekan kualitas dan memastikan ketersediaan hewan kurban doka (domba/kambing) untuk Lebaran Kurban yang akan datang.

Dalam prosesnya, Tim QC bersama Koperasi Riung Mukti (mitra pemberdayaan ternak binaan Dompet Dhuafa sejak tahun 2009), melaksanakan teknis pengecekan kondisi kesehatan, mengukur dan atau menimbang bobot, serta menyortir hewan kurban di kandang.

Hal tersebut dilaksanakan agar hewan kurban sesuai ketentuan syariat Islam dan standar Dompet Dhuafa dalam pelaksanaan Program Tebar Hewan Kurban (THK) 2023. Pun mengawal amanah para donatur/pekurban yang berkurban melalui Dompet Dhuafa agar senantiasa #SatuKurbanBanyakManfaat.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Kunjungi Keluarga Penghuni Bekas Kandang Kambing di Sukabumi

Quality Control hewan kurban dilakukan di banyak titik lokasi di Sukabumi. Antara lain di Desa Pulosari, Desa Palasari Girang, Desa Adununggal, juga Desa Batu Gajah, Kecamatan Kalapanunggal.

“QC hewan kurban kami lakukan di beberapa kandang yang tersebar di beberapa titik Desa wilayah Sukabumi. Dengan target QC hewan kurban sebanyak 385 hewan doka. Wilayahnya asri banyak sawah, perbukitan, dataran tinggi, jadi udaranya dingin,” ungkap Ghufron, Tim Dakwah Nasional Dompet Dhuafa selaku Koordinator QC THK di Sukabumi, Senin (5/6/2023).

Tim QC bersama Koperasi Riung Mukti (mitra pemberdayaan ternak binaan Dompet Dhuafa sejak tahun 2009), melaksanakan teknis pengecekan kondisi kesehatan, mengukur dan atau menimbang bobot, serta menyortir hewan kurban di kandang.. |Tim QC bersama Koperasi Riung Mukti (mitra pemberdayaan ternak binaan Dompet Dhuafa sejak tahun 2009), melaksanakan teknis pengecekan kondisi kesehatan, mengukur dan atau menimbang bobot, serta menyortir hewan kurban di kandang. | Istimewa.

Hari kedua, cuaca hujan sejak pukul 06.00 pagi. Meski begitu, Tim QC Dompet Dhuafa tetap melaksanakan QC hari itu, sejak pagi hingga malam hari. Tim QC pun harus melewati jalur berkelok khas perbukitan. Salah satunya Desa Batu Gajah, merupakan dusun yang berada di sebuah pedalaman. Masuk lebih jauh, Tim Dompet Dhuafa harus menuju salah satu kandang yang ada di atas bukit.

“Kami bermukim di Yayasan Baet El Anshar, Kampung Pasir Alwi, Desa Palasari Girang, Kecamatan Kalapanunggal. Merupakan sebuah sekolah/madrasah yang didirikan berkat niat mulia dan pemberdayaan ternak koperasi Riung Mukti. Kami juga melakukan QC malam hari di Desa Palasari Girang dan dilanjutkan keesokan pagi harinya di Desa Batu Gajah,” aku Ghufron.

Baca Juga: Mengintip Keseruan Grebek Kampung Ramadhan Dompet Dhuafa di Kalibunder Sukabumi

“Ini yang unik dan berkesan bagi kami. Jalur bebatuan dan menanjak. Perjalanan terbayar oleh warga Desa Batu Gajah yang sangat ramah. Sesampainya disana, kami disambut dengan hangat, terlebih di setiap kandang, warga selalu menyiapkan teh hangat,” tambahnya.

Dengan ragam faktor yang ada tersebut, Kecamatan Kalapanunggal menjadi salah satu lokasi tepat sasaran untuk terlaksananya Lebaran Kurban dalam pemberdayaan dan distribusi Program THK. Ustaz Harun selaku Ketua Koperasi Riung Mukti, mengatakan bahwa melalui pemberdayaan ternak, Dompet Dhuafa membuka mata dan mengetuk hati warga Kalapanunggal. Dompet Dhuafa telah melihat dan membantu potensi mereka.

“Mulanya potensi disini hanya pertanian. Lahan, cuaca, dan air sangat mendukung. Dompet Dhuafa hadir di sini sejak tahun 2009, membuka potensi kami melalui pemberdayaan ternak domba/kambing. Awalnya itu hanya 3 kelompok ternak di 2 kecamatan. Sekarang ada 9 kelompok ternak di 3 kecamatan, sudah sekitar 9.000 doka tersalurkan. Alhamdulillah, dari ternak kami bangun madrasah sejak 2018,” ungkap Ustaz Harun.

Baca Juga: Sasar Dua Desa, Ratusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam Pelayanan, Pembelaan dan Pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi:
Public Relations Dompet Dhuafa
Philanthropy Building
Jl. Warung Jati Barat No.14
Jakarta Selatan 12540, Indonesia Tentang Dompet Dhuafa
U.P : Corcom Dompet Dhuafa, Bani (+6285692951433), Fatzry (+6282122182919)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola06 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Belum Pernah Menang Lawan Bali United Sejak 2017, Alberto: Fakta yang Aneh!

Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series. (Sumber : Instagram/@albertorguezmartin)
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi06 Mei 2024, 11:21 WIB

Terus Berbenah! Simak Upaya Optimalisasi Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Sukabumi

25 April 2024, Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi di ruang pertemuannya.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi pada 25 April 2024 (Sumber: dok Dinsos Kota Sukabumi)
Life06 Mei 2024, 11:14 WIB

Jarang Disadari Orang Tua, Hindari 6 Perilaku Buruk Ini Agar Tidak Ditiru Anak

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi menghindari perilaku buruk. | Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Food & Travel06 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kategori Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa konsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu merupakan kunci untuk memastikan kesehatan yang baik.
Ilustrasi. Daging Merah. Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan (Sumber : Pexels/MaliM)
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)