Warga Sukabumi Wajib Tahu, Ini 4 Poin Penting Ketika Menyembelih Hewan Kurban

Kamis 15 Juni 2023, 12:24 WIB
Pelatihan sembelih hewan kurban dengan metode halal dan sesuai syariat islam bersama Juleha di Pondok Pesantren Dzikir Al Fath Sukabumi, Rabu, 14 Juni 2023. (Sumber : Istimewa).

Pelatihan sembelih hewan kurban dengan metode halal dan sesuai syariat islam bersama Juleha di Pondok Pesantren Dzikir Al Fath Sukabumi, Rabu, 14 Juni 2023. (Sumber : Istimewa).

SUKABUMIUPDATE.com - Menyembelih hewan kurban tidak bisa dilakukan sembarangan, dalam hal ini ada 4 poin penting yang harus diperhatikan. Hal tersebut menjadi salah satu materi dalam pelatihan sembelih hewan kurban, di Pondok Pesantren Dzikir Al Fath Sukabumi, Rabu, 14 Juni 2023.

Pelatihan sembelih hewan kurban dengan metode halal dan sesuai syariat islam dilaksanakan bersama Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia, adapun pesertanya sebanyak 200 orang yang terdiri dari para santri dan masyarakat.

"Ini dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Adha, supaya semua yang memotong hewan kurban ini memenuhi syarat-syarat secara aspek Fiqhiyyah maupun secara adab dan etika aspek ihsannya sehingga betul betul terjaga kehalalannya jangan sampai ada hal-hal yang menyebabkan pemotongan hewan kurbannya melanggar aturan syariat ajaran Islam," ujar Pimpinan Pondok Pesantren Al Fath Kh Fajar Laksana.

Baca Juga: Berakhir Damai, Kasus Balita di Kota Sukabumi Tertimpa Timbangan Dacin

Dia mengatakan pengetahuan dasar menyembelih hewan kurban secara islami menurutnya sangat penting diketahui oleh masyarakat, pasalnya hal tersebut bisa menjadi fardlu kifayah di tengah masyarakat.

Menurutnya, selain dipraktekan saat hari raya Idul Adha, para peserta juga bisa mengaplikasinya bagi yang berniat menjadi juru sembelih profesional.

"Ada masyarakat kita latih karena mereka itu akan menjadi para ustadz yang di masyarakat karena ini bisa fardu kifayah. Harus ada orang yang sanggup untuk mewakili menyembelih yang sesuai dengan syariat Islam,"ujarnya.

Baca Juga: 9 Tempat Makan Keluarga di Sukabumi, dari Restoran Sunda hingga Jepang

"Jadi ini itu dalam rangka supaya ada tim yang betul betul memahami bukan hanya ketika menyembelih tapi ketika pra penyembelihan, dan pasca penyembelihan," imbuhnya.

4 Poin Penting

Sementara itu, Presiden Juleha Indonesia Ali Subarkan menyampaikan ada empat poin penting yang harus diperhatikan ketika menyembelih hewan yaitu aman, sehat, utuh dan halal.

"Aman dalam arti kata dari hasil penyembelihan daging yang akan dibagikan ke masyarakat luas itu memang terjamin aman dari tercampurnya daging dengan bahan-bahan kimia yang bisa terkontaminasi. Hewannya itu yang disembelih sudah benar-benar hewan yang dijamin kesehatannya," kata dia.

"Utuh dalam arti kata dari hewan yang disembelih tidak cacat dalam prosesnya atau cacat dalam perilakunya, cacat dalam arti kata tidak kurang sesuatu apapun yang sudah disyariatkan oleh Nabi SAW," sambung dia.

Menurutnya, dalam proses penyembelihan hewan agar tidak menyiksa hewan tersebut, proses penyembelihan harus dilakukan secepat mungkin dan menggunakan pisau yang tajam sehingga hewan tersebut dapat disembelih dalam satu tarikan saja.

""Artinya tidak menyiksa hewannya berbuat baik kepada hewan pada saat penyembelihan. Hewannya direbahkan dengan menggunakan simpul tali pinggang kalau di Banten diciptakan simpul tali cinta jadi tidak merasakan hewan itu disiksa. Arti kata hewan itu diikat sesuai dengan aturan kenyamanan dari hewan yang akan disembelih," jelas dia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)