Cerita Seniman Simpenan Sukabumi, Baca Syahadat Sebelum Melukis Nyi Roro Kidul

Selasa 28 Maret 2023, 05:30 WIB
Smith Sasmitha (39 tahun), Seniman asal  Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, saat melukis sosok Nyi Roro Kidul. (Sumber : Istimewa)

Smith Sasmitha (39 tahun), Seniman asal Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, saat melukis sosok Nyi Roro Kidul. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sudah hampir delapan tahun, Smith Sasmitha (39 tahun), Seniman asal Kampung Cihaur RT 03/03 Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, menjalani profesi sebagai pelukis sosok Nyi Roro Kidul. Selama itu pula, ia menghasilkan ratusan karya lukisan sosok gaib yang dipercaya menguasai Laut Selatan dalam mitos Sunda dan Jawa tersebut.

Tak hanya Nyi Roro Kidul, Smith juga melukis Nyi Blorong, sosok gaib dari cerita rakyat Indonesia lainnya yang berwujud wanita cantik, bertubuh manusia dari pinggang ke atas, dan berwujud ular dari pinggang ke bawah.

"Hingga saat ini hampir 500 karya seni lukisan Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong. 400 lukisan diantaranya sudah terjual dengan harga terendah Rp 1 juta hingga Rp 4 juta, tergantung ukuran," kata Smith kepada sukabumiupdate.com, Senin 27 Maret 2023.

Selama melukis dua sosok legenda itu, lanjut Smith, pihaknya selalu menanamkan niat dalam hati bahwa hanya sebatas berkarya saja atau tidak ada niat yang lainnya.

"Makanya saat akan memulai melukis sosok Nyi Roro Kidul, atau Nyi Blorong selalu dibacakan dulu syahadat dan selawat. Pernah suatu hari lupa membacakan itu, lukisan tidak sesuai atau jelek, kadang memakan waktu lama, biasanya waktu 2 jam, atau 4 jam tergantung ukuran, bahkan sampai ada lukisan yang tidak jadi atau gagal," imbuhnya.

Baca Juga: Smith Sasmitha, Seniman Sukabumi dengan 120 Lukisan Nyi Roro Kidul

Smith menyebut ratusan lukisan yang ia buat diminati pembeli dari luar Jawa hingga luar negeri. Smith menjajakan karyanya itu di galeri hotel Samudera Beach Hotel. Tak hanya itu, ia juga mempromosikan hasil karyanya di media sosial, terutama Facebook.

Teranyar, ia mengaku mendapatkan puluhan order dari seorang pembeli di Facebook. Namun hingga kini, Smith menyebut tak mengetahui identitasnya. "Kami mendapat pemesan yang sampai saat ini tidak tahu identitasnya. Dia sangat menyukai lukisan Nyi Blorong, sudah hampir 10 lukisan sudah dipesannya, termasuk bulan Ramadan ini," ungkapnya.

Lukisan Nyi Blorong karya Smith Sasmitha.Lukisan Nyi Blorong karya Smith Sasmitha.

“Pada awalnya kenalan di Facebook, terus saling tukar Nomor WhatsApp. Akun Facebooknya juga tidak ada photo profilnya, begitupun dengan akun WhatsAppnya kosong tidak ada fotonya. Dia itu laki laki, atau perempuan tidak tahu sama sekali, pesan lukisan lewat chat WhatsAap, tidak pernah telepon. Pembayaran dengan sistem COD, lukisan dikirim ke sebuah apartemen di Jakarta, lukisan sudah keterima, baru dia transfer," tambah Smith.

Menurut Smith, adanya pembeli misterius karyanya ini bukan pertama kalinya. Sehingga ia sebut kejadian ini sebagai kejadian ganjil. “Sama, dulu pernah ada yang mesan lukisan, bahkan sudah transfer uang DP, setelah lukisan selesai Nomor kontaknya langsung hilang, dan akun Facebooknya juga hilang. Jadi kejadian sudah dua kali," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel19 Maret 2024, 12:00 WIB

7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Beberapa sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, dan kembang kol mengandung purin dalam jumlah yang cukup tinggi, meskipun tidak sebanyak pada daging atau makanan laut sehingga bisa Menyebabkan Asam Urat Naik.
Jeroan, Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik (Sumber : Instagram/@jeroan.jagoan)
Bola19 Maret 2024, 11:30 WIB

Jalani Sumpah Janji Setia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Resmi Jadi WNI

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Resmi Jadi Warga Negara Indonesia.
Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Resmi Jadi Warga Negara Indonesia. (Sumber : X/@erickthohir).
Life19 Maret 2024, 11:00 WIB

Lebih PD! 9 Tips Mengecilkan Perut Buncit Agar Tampil Percaya Diri

Perubahan gaya hidup yang konsisten dan berkelanjutan adalah kunci untuk mengecilkan perut buncit secara efektif.
Ilustrasi perut buncit - Lebih PD! 9 Tips Mengecilkan Perut Buncit Agar Tampil Percaya Diri | (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel19 Maret 2024, 10:30 WIB

8 Makanan Manis yang Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik

Penderita gula darah disarankan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan memilih sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat seperti buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian utuh, dan sumber karbohidrat lainnya dengan indeks glikemik yang lebih rendah.
Ilustrasi. Es Krim. Makanan Manis yang Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik (Sumber : pixabay.com/@SeksakKerdkanno)
Life19 Maret 2024, 10:02 WIB

Hilangkan Noda Bekas Jerawat, 3 Tips Penggunaan Cuka Sari Apel untuk Perawatan Wajah

Cuka sari apel tidak hanya digunakan untuk keperluan dapur serta kesehatan saja. Namun jenis cuka ini juga bisa berperan untuk perawatan wajah.
Ilustrasi perawatan wajah dengan cuka sari apel. | Foto: Freepik
Life19 Maret 2024, 10:00 WIB

Jangan Lelah Menjadi Orang Baik, Kelak 10 Manfaat Ini Akan Kamu Rasakan

Teruslah berusaha menjadi orang baik, meskipun terkadang terasa sulit. Kelak, kamu akan merasakan manfaatnya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
Ilustrasi - Jangan lelah menjadi orang baik, kelak kebahagiaan dan ketenangan akan datang padamu. (Sumber : Freepik.com).
Life19 Maret 2024, 09:34 WIB

Dapat Menurunkan Gula Darah, Intip 5 Manfaat Cuka Sari Apel Menurut Penelitian

Menurut para peneliti, cuka sari apel memiliki beberapa manfaat, salah satunya dapat menurunkan gula darah.
Ilustrasi cuka sari apel yang memiliki berbagai manfaat. | Foto: Freepik/@Racool_studio
Inspirasi19 Maret 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Mekanik Lulusan SMA, Penempatan Wilayah Jakarta

Berikut Informasi Lowongan Kerja Mekanik Lulusan SMA untuk Penempatan Wilayah Jakarta.
Lowongan Kerja Mekanik Lulusan SMA, Penempatan Wilayah Jakarta (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 Maret 2024, 09:27 WIB

Rekap KPU 34 Provinsi: Anies-Imin Menang di Aceh dan Sumbar, 32 Lainnya Prabowo-Gibran

Terdapat empat provinsi tersisa yang perlu direkap di tingkat nasional.
Debat Capres pada Pilpres 2024. | Foto: YouTube KPU
Sehat19 Maret 2024, 09:00 WIB

Nasi Merah: Nutrisi dan Manfaatnya untuk Mengontrol Gula Darah

Saat mengonsumsi nasi merah, penting untuk memperhatikan ukuran porsi Anda dan memadukannya dengan lemak sehat dan protein tanpa lemak untuk meminimalkan lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Meski beras merah tinggi karbohidrat, namun mengandung serat dan nutrisi penting lainnya untuk mengontrol gula darah. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).