7 Mitos Bunga Sedap Malam, Tanda Mahluk Halus hingga Kesukaan Nyi Roro Kidul

Jumat 24 Februari 2023, 13:30 WIB
Bunga Sedap Malam - Nyi Roro Kidul | Mitos Tanda Datangnya Mahluk Halus (Sumber : Instagram/@grosirbibitbunga - Instagram/@rizalorez)

Bunga Sedap Malam - Nyi Roro Kidul | Mitos Tanda Datangnya Mahluk Halus (Sumber : Instagram/@grosirbibitbunga - Instagram/@rizalorez)

SUKABUMIUPDATE.com - Mitos Populer Indonesia salah satunya adalah Bunga Sedap Malam. Sedap malam ini termasuk tumbuhan hijau abadi yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan parfum.

Bunga Sedap Malam kerap digunakan dalam berbagai acara besar mulai dari pesta pernikahan hingga acara keagamaan di bagian dekorasi. Bahkan, selama Bulan Ramadhan biasanya penjual Bunga Sedap Malam di Sukabumi kerap memenuhi pasar malam serta ada di setiap sudut jalanan.

Bunga dengan nama latin tuberose flower ini merupakan flora identitas Jawa Timur. Adapun sebutan Bunga Sedap malam karena bunga ini hanya akan mekar dan beraroma wangi khas ketika malam hari saja.

Baca Juga: 5 Mitos Bunga Favorit Nyi Roro Kidul, Aroma Melati hingga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam dijadikan lambang cinta di negara Jepang dan Hawaii. Namun Indonesia justru berbeda karena bunga ini malah identik dengan hal-hal mistis. Bahkan bunga ini juga sering digunakan sebagai bunga wajib yang diletakkan di atas batu nisan.

Dirangkum dari Berbagai Sumber, Berikut 7 Mitos Bunga Sedap Malam yang dipercaya oleh Masyarakat:

1. Tanda Datangnya Makhluk Halus

Aroma Bunga Sedap Malam yang keluar di malam hari sering dikaitkan dengan tanda datangnya makhluk halus. Beberapa orang bahkan bergidik dan merinding ketika mencium aroma bunga yang nikmat ini.

Seperti kepercayaan masyarakat bahwa sosok hantu biasanya muncul di malam hari. Inilah alasan banyak orang percaya bahwa bau bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) berarti arwah orang yang meninggal berada di dekatnya.

2. Mengundang Arwah

Dalam beberapa adegan film horor, kerap kali ada cerita yang menampakkan ritual memanggil arwah dengan menggunakan rangkaian Bunga Sedap Malam.

Bunga Sedap Malam tidak hanya menjadi tanda kedatangan makhluk halus, tetapi juga digunakan untuk memanggil roh atau arwah.

Ritual tersebut biasanya dikaitkan dengan tokoh yang mempelajari ilmu gaib. Maka dari itu, Bunga Sedap Malam selalu diceritakan ada di rumah para dukun dan paranormal.

Baca Juga: Wisata Curug di Sukabumi, Cikaso Jadi Tempat Bersemayam Prabu Siliwangi?

3. Malaikat Senang dan Sering Datang ke Rumah

Selain kisah mistis dan dunia supranatural berbau hantu, Bunga Sedap Malam juga identik dengan sosok malaikat. Konon, aroma sedap malam dipercaya membuat malaikat betah dan sering datang ke rumah.

Penjual Bunga Sedap Malam bahkan terpampang di jalanan ketika Bulan Ramadhan hingga lebaran tiba. Salah satu alasannya adalah dekorasi Bunga Sedap Malam membuat malaikat senang untuk tinggal.

4. Bunga Kesukaan Nyi Roro Kidul

Kabarnya, Bunga Sedap Malam menjadi salah satu bunga favorit dari Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan. Alasannya berkaitan dengan nuansa hijau pada tangkai dan kelopak bunganya.

Seperti namanya, aroma bunga sedap malam hanya bisa tercium wanginya ketika malam hari tiba.

Konon, Nyi Roro Kidul menyukainya karena bunga sedap malam merupakan bunga berwarna kehijauan. Ya, seperti mitos yang beredar, warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

5. Panjang Umur

Umur seseorang memang menjadi rahasia sang pencipta, akan tetapi sebagian orang percaya jika menanam Bunga Sedap Malam di pekarangan rumah bisa membuat panjang umur.

Hal ini karena pemilik rumah yang menanam Bunga Sedap Malam dipercaya akan dijauhkan dari segala macam penyakit hingga marabahaya yang dapat merenggut nyawa.

Baca Juga: Misteri Kuntilanak, Peneliti Jerman dan Indonesia Bongkar Asal Usul Mbak Kunti

6. Pembawa Rezeki

Mitos Bunga Sedap Malam berikutnya adalah bisa mendatangkan rezeki. Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, konon jika seseorang melihat Bunga Sedap Malam ini mekar, maka rezeki akan segera datang menghampiri.

Akan tetapi, itu hanya lah cerita di masyarakat. Rezeki sejatinya tidak akan datang tanpa ikhtiar, sehingga sebagai manusia yang berakal sehat sebaiknya berusaha dan bekerja keras untuk menjemput rezeki tersebut.

7. Penangkal Ilmu Hitam

Terakhir, Mitos Bunga Sedap Malam adalah dipercaya mampu menangkal ilmu hitam. Cerita masyarakat menyebut ilmu hitam seperti sihir bisa dicegah dengan menanam atau menyimpan Bunga Sedap Malam.

Sumber: Berbagai Sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)