Smith Sasmitha, Seniman Sukabumi dengan 120 Lukisan Nyi Roro Kidul

Sabtu 20 November 2021, 20:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Karya hebat datang dari Smith Sasmitha (31 tahun), pelukis asal Kampung Cihaur RT 03/03 Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Tangan kreatifnya mampu menciptakan lukisan indah, salah satunya sosok Nyi Roro Kidul.

Tanpa sekolah khusus, Smith mempelajari beragam teknik seni lukis secara autodidak sejak duduk di bangku sekolah dasar. Sentuhan tangannya mampu menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi dengan tema lukisan yang bervariasi, mulai abstrak hingga non abstrak.

Smith kerap melukis di beberapa media seperti kanvas, badan kendaraan dengan teknik airbrush, hingga dinding rumah. "Tema lukisan dibuat sesuai keinginan konsumen," kata Smith kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 20 November 2021.

photoLukisan Nyi Roro Kidul berlatar lautan dengan motif kuda karya Smith Sasmitha. - (Istimewa)

Salah satu karya yang sudah dibuat Smith adalah tiga lukisan Nyi Roro Kidul dengan versi berbeda. Pertama, lukisan Nyi Roro Kidul dengan pose berdiri sambil memegang tongkat. Kedua, lukisan Nyi Roro Kidul berlatar laut dengan motif kuda. Ketiga, lukisan Nyi Roro Kidul dengan latar batu karang.

Smith berujar, ketiga versi lukisan Nyi Roro Kidul tersebut dibuat beberapa tahun lalu dan sudah terjual. "Semuanya sudah terjual dengan harga terendah Rp 1 juta hingga Rp 4 juta tergantung ukuran," ungkapnya.

Sejak pertama membuat, Smith mengaku sudah menjual kurang lebih 120 lukisan Nyi Roro Kidul. Lukisan sosok lain pun sudah dibuatnya, antara lain Prabu Siliwangi sebanyak enam buah. "Inspirasi kadang dari wangsit, kadang dadakan, atau ada juga pemesan membawa contoh foto," kata Smith.

Baca Juga :

Makna Mural Karya Warga Sukabumi yang Juara di Jawa Barat: Menjaga Persatuan

photoLukisan Nyi Roro Kidul berlatar batu karang karya Smith Sasmitha. - (Istimewa)

Untuk melukis badan kendaraan, Smith membutuhkan waktu selama dua hari. Begitu juga lewat media kanvas dan dinding rumah yang bisa menghabiskan dua hingga tiga hari, tergantung kerumitan. "Tergantung kesulitan lukisan yang dibuat, kadang lebih dari tiga hari," ungkap dia.

Harga setiap lukisan Smith ditentukan tingkat kesulitan dan ukuran. Misal, lukisan di dinding rumah ditarif Rp 200 ribu per meter. Kemudian, lukisan di media kanvas harga terendah dengan ukuran 80x60 sentimeter adalah Rp 1 juta (sudah termasuk bingkai).

photoSmith Sasmitha melukis di dinding. - (Istimewa)

"Sebetulnya banyak yang pesan, namun mengalami kendala permodalan untuk beli cat berkualitas dan bahan kanvas yang terjamin. Harapannya ada yang mau bekerja sama dalam segi modal," katanya. Hasil lukisan Smith biasanya dipasarkan hingga Bali dan Kalimantan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Keuangan24 Juli 2024, 08:00 WIB

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Tanpa Berhutang

Dengan menerapkan tips-tips finansial cerdas ini, kamu dapat mengelola keuangan rumah tangga dengan lebih baik, menghindari hutang, dan memastikan keuangan tetap sehat dan stabil.
Ilustrasi. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Tanpa Berhutang (Sumber : Pixabay/Nattanan Kanchanaprat)
Life24 Juli 2024, 07:30 WIB

Buat Diri Sendiri Bahagia, Ini 15 Ide Kegiatan Me Time untuk Self Reward

Pilih film atau serial yang sudah lama ingin kamu tonton sebagai self reward. Siapkan camilan favorit dan nikmati waktu di depan layar untuk membuat diri sendiri bahagia.
Ilustrasi. Membaca buku. Buat Diri Sendiri Bahagia, Contoh Ide Kegiatan Me Time untuk Self Reward (Sumber : Pixabay/Pexels)
Sehat24 Juli 2024, 07:00 WIB

Diet Sehat, Ini 7 Asupan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang Anak

Diet Asupan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang Anak. Pastikan anak mendapatkan kalsium dari berbagai sumber untuk menjaga keseimbangan nutrisi.
Ilustrasi. Asupan Tinggi Kalsium untuk Anak (Sumber : Pixabay/Miriam-Fotos)
Life24 Juli 2024, 06:30 WIB

16 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar, Yuk Lakukan!

Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.
Ilustrasi. Relaksasi agar Tubuh Sehat dan Bugar (Sumber : Pixabay/Irina)
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)