Bunga Wijaya Kusuma: Simak Keistimewaan, Cara Menanam Hingga Tips Merawatnya

Jumat 24 Februari 2023, 21:00 WIB
Bunga Wijaya Kusuma menjadi salah satu tanaman yang sering dijadikan koleksi karena beberapa keistimewaanya | Foto: iStock

Bunga Wijaya Kusuma menjadi salah satu tanaman yang sering dijadikan koleksi karena beberapa keistimewaanya | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa yang tak mengenal bunga Wijaya Kusuma (Estar cactus), bunga yang memiliki wangi harum dengan bentuk bunga cantik ini kerap dijadikan koleksi tanaman di rumah.

Bunga Wijaya Kusuma sendiri merupakan salah satu tanaman yang memiliki daya tarik tersendiri dibanding dengan tanaman lainnya. Wijaya Kusuma sering dianggap sebagai flora asli dari Indonesia.

Namun, sebenarnya bunga ini berasal dari Meksiko dan Amerika Utara. Bunga Wijaya Kusuma masuk ke tanah air lewat pedagang tiongkok pada masa kerajaan Majapahit.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Bunga Wijaya Kusuma dikenal sebagai Ratu Malam, karena bunga cantik ini hanya mekar pada malam hari saja. Bunga Wijaya Kusuma hanya mekar dalam waktu hitungan jam saja dan itu terjadi pada malam hari.

Bunga ini mempunyai bentuk yang indah serta dapat mengeluarkan aroma yang wangi. Meski terlihat indah, bunga Wijaya Kusuma sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan mitos sejak dahulu kala.

Keistimewaan Bunga Wijaya Kusuma

Konon, bunga yang memiliki nama latin Epiphyllium Oxypetalum ini adalah bunga kesukaan para raja dan ratu zaman dahulu. Warna serta kelopak yang cantik menjadi alasan mengapa para raja dan ratu menyukai bunga ini. Para raja sering menjadikan bunga wijaya kusuma ini sebagai hadiah romantis untuk sang ratu.

Baca Juga: 5 Manfaat Wijaya Kusuma yang Kerap Disebut Bunga Pembawa Keberuntungan

Dalam cerita pewayangan, Kembang Wijaya Kusuma ini dikenal sebagai senjata Prabu Kresna yang memiliki kekuatan untuk menghidupkan orang yang sudah mati, dan menyembuhkan orang sakit. Karena itu, bunga ini juga disebut bunga kehidupan.

Cara Menanam

Bunga Wijaya Kusuma menjadi tanaman yang cukup mudah ditanam. Untuk kamu yang ingin menanam bunga ini di rumah, berikut cara menanam bunga wijaya kusuma yang dilansir dari Suara.com.

  1. Siapkan bibitnya terlebih dulu. Untuk mendapatkan bibitnya, bisa dengan membelinya di toko bunga.
  2. Gunakan teknik stek agar memiliki banyak bunga. Teknik stek ini dilakukan dengan memangkas ujung daun sekitar 5 cm.
  3. Pastikan pilih daun yang tak berbunga atau bersiap untuk berbunga.
  4. Setelah itu, letakkan daun yang sudah dipangkas di dalam tanah dengan kedalaman sekitar 3 cm.
  5. Untuk proses penyiraman stek, lakukan saat tanah sudah mengering.

Baca Juga: 5 Mitos Bunga Favorit Nyi Roro Kidul, Aroma Melati hingga Sedap Malam

Cara Perawatan

Perawatan bunga Wijaya Kusuma cukup mudah. Dengan catatan, bunga ini ditanam di lingkungan yang tepat. Nah, berikut ini cara perawatan bunga wijaya kusuma.

1. Pencahayaan

Cara merawat bunga wijaya kusuma yang perlu kamu perhatikan yaitu pastikan bunga ini mendapat cukup pencahayaan. Pastikan juga bunga ini tidak terkena matahari langsung dalam jangka waktu lama. Sebab, daunnya bisa terbakar cahaya matahari.

2. Suhu

Agar bunga wijaya kusuma dapat tumbuh subur, pastikan selalu berada di ruangan dengan suhu yang pas di rumah. Tidak seperti jenis kaktus lainnya, bunga ini tidak memerlukan suhu tinggi.

Baca Juga: Jadwal Lengkap 9 Laga Sisa PSM Makassar di Liga 1, Misi Berat Jaga Puncak Klasemen

3. Penyiraman

Hindari menyiram bunga ini secara berlebihan dan pastikan media tanamnya tidak dalam kondisi basah terlalu lama sebab akan menimbulkan pembusukan akar.

Oleh karena itu, pastikan kondisi tanah tidak lembap dan biarkan sedikit kering. Namun, jangan biarkan juga tanah dalam kondisi sangat kering karena akan membuat daunnya rontok.

4. Pemangkasan

Cara perawatan berikutnya yaitu dengan memangkas daun jika bunganya sudah layu. Langkah ini membantu dalam proses pertumbuhan batang baru dan bunga yang lebih rimbun. Pastikan gunakan pisau tajam saat melakukan pemangkasan.

Sumber: Suara.com/Ulil Azmi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)