5 Doa Paling Mustajab untuk Pengabul Keinginan, Amalkan Setiap Hari

Senin 19 Desember 2022, 18:00 WIB
5 Doa Paling Mustajab untuk Pengabul Keinginan | Foto: Freepik

5 Doa Paling Mustajab untuk Pengabul Keinginan | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap manusia pasti memiliki sebuah keinginan atau mimpi yang ingin dicapai atau diwujudkan.

Bagi umat muslim yang ingin mimpinya terwujud dianjurkan untuk berikhtiar serta membaca doa, karena usaha tanpa doa akan sia-sia begitupun sebaliknya.

Membaca doa pengabul keinginan menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk mewujudkan keinginan umat muslim.

Baca Juga: 3 Bacaan Doa untuk Membolak Balikkan Hati Seseorang

Melansir dari Suara.com, rasulullah pun mengajarkan beberapa doa mustajab supaya keinginan kita dapat dikabulkan Allah SWT. 

Allah SWT telah berfirman yang artinya: 

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min: 60).

Sesungguhnya Allah SWT maha mendengarkan doa seperti yang disebutkan dalam firman-Nya. Akan tetapi, Allah memiliki kebijakan tersendiri dalam mengabulkan doa setiap hamban-Nya. 

Baca Juga: 5 Doa untuk Membolak-balikan Hati Manusia Sesuai Ajaran Islam

Ada keinginan yang diberikan langsung, ada pula yang diberikan nanti pada waktu yang pas, dan ada juga yang diberikan kelak di akhirat. Lantas doa apa saja yang mustajab yang dapat mengabulkan keinginan kita? 

Doa Pengabul Keinginan 

Berikut ini beberapa doa yang dapat diamalkan umat Islam supaya keinginannya cepat terkabul.

1. Surat Al-Fatihah 

Surat Al-Fatihah menjadi salah satu bacaan surat yang dianggap paling mustajab (manjur) untuk dijadikan doa agar keinginan terkabul. Seperti yang diketahui, surat Al-Fatihah merupakan “Ummul Kitab” atau induk dari Al-Quran. Selain itu, surat Al-Fatihah adalah surat yang wajib dibaca ketika sedang shalat. 

Secara keseluruhan, inti dari surat Al-Fatihah adalah bahwa kita mengakui hanya kepada Allah SWT lah kita meminta pertolongan, dan juga mengharapkan bantuan untuk menyelesaikan apa pun yang tidak sanggup untuk dikerjakan sendiri.

2. Surat Al-Ikhlas 

Doa pengabul keinginan selanjutnya yaitu, surat Al-Ikhlas. Surat ini merupakan surat ke 112 dalam Al-Quran yang terdiri dari empat ayat. Surat ini memiliki inti tentang mengesakan Allah SWT. Dengan rutin membaca surat Al-Ikhlas, maka dapat membantu terkabulnya doa

Dalam sebuah hadits dikatakan: 

“Sesungguhnya Rasulullah SAW mendengar seseorang berkata: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” 

Kemudian Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 

“Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseru dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Daud).

3. Doa Hajat 

Ketika kita memiliki hajat (keinginan), maka dianjurkan untuk mengerjakan salat hajat lalu berdoa. Adapun doa hajat yang dianjurkan yaitu sebagai berikut: 

Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.”

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

4. Ayat Kursi 

Ayat kursi merupakan ayat ke 255 surat Al-Baqarah. Ayat kursi menjadi ayat di dalam Al-Quran yang sangat bermanfaat dan memiliki keutamaan tersendiri bagi yang mengamalkannya. Ayat ini jug disebut sebagai bacaan doa pengabul keinginan. Berikut bacaan ayat kursi dan artinya: 

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

5. Surat Al-Baqarah: 285-286 

Surat Al-Baqarah ayat 185-286 merupakan ayat terakhir dalam surat Al-Baqarah. Biasanya, ayat tersebut dibaca setelah bacaan ayat kursi atau sebagai penerus dari ayat kursi saat akan memanjatkan hajat atau keinginan. 

Diriwayatkan dari Abu Mas’ud Al Badri RA bahawasanya Nabi Muhammad SAW bersabda: 

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim) 

Berikut ini bacaan surat Al-Baqarah ayat 285-286:

aamanar-raslu bimaa unzila ilaihi mir rabbihii wal-mu`minn, kullun aamana billaahi wa malaa`ikatihii wa kutubihii wa rusulih, laa nufarriqu baina aadim mir rusulih, wa qaal sami'naa wa aa'naa gufraanaka rabbanaa wa ilaikal-maiir 

laa yukallifullaahu nafsan illaa wus'ahaa, lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat, rabbanaa laa tu`aakhinaa in nasiinaa au akha`naa, rabbanaa wa laa tamil 'alainaa irang kamaa amaltah 'alallaiina ming qablinaa, rabbanaa wa laa tuammilnaa maa laa aaqata lanaa bih, wa'fu 'annaa, wagfir lanaa, war-amnaa, anta maulaanaa fanurnaa 'alal-qaumil-kaafiriin 

Artinya: "Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali," 

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." 

Demikian tadi doa pengabul keinginan paling mustajab yang dapat kamu  amalkan. Semoga menambah pengetahuan dan semoga bermanfaat ya!

Sumber: Suara.com (Putri Ayu Nanda Sari)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin