Kadisdik Kabupaten Sukabumi Ungkap Pentingnya Manasik Haji Bagi Siswa Paud

Selasa 06 Desember 2022, 12:30 WIB
kegiatan manasik merupakan program dari Himpaudi se Kabupaten Sukabumi, di lapang Cimulek Desa Kecamatan Waluran, Selasa (6/12/2022).

kegiatan manasik merupakan program dari Himpaudi se Kabupaten Sukabumi, di lapang Cimulek Desa Kecamatan Waluran, Selasa (6/12/2022).

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan atau Disdik Kabupaten Sukabumi, mengapresiasi kegiatan manasik haji bagi siswa Paud. Kegiatan ini merupakan pembelajaran sejak dini materi iman dan taqwa hingga, yang diperlukan generasi muda ditengah gempuran budaya masa mendatang/

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin usai membuka kegiatan manasik merupakan program dari Himpaudi se Kabupaten Sukabumi, di lapang Cimulek Desa Kecamatan Waluran, Selasa (6/12/2022).

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Himpaudi, menginisiasi penyelenggaraan peragaan manasik haji bagi siswa Paud. Ini adalah upaya membantu Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam hal peningkatan capacity building kepada anak perihal keimanan dan ketaqwaan,” jelas Solihin.

Baca Juga: Dipakai PAUD, Kesaksian Saat Posyandu Ambruk! Lukai 10 Emak-emak di Sukabumi

Dua hal ini penting, lanjutnya karena berkaitan dengan dengan penyiapan generasi unggul yang berkarakter dan berakhlak mulia. “Paud memegang posisi fundamental."

Masih kata Mohammad Solihin kegiatan tersebut memberikan penanaman karakter dalam pembentukan kepribadian anak menuju generasi bangsa yang sehat, cerdas dan beraklak mulia pada usia dini.

0-6 tahun atau yang biasa disebut golden age, menurut Solihin seorang anak mengalami masa perkembangan yang sangat pesat.

"Masa ini hanya terjadi satu kali dalam kehidupan manusia dan tidak dapat ditangguhkan pada periode berikutnya. Selain dari gizi dan kesehatan, pilar utama agar perkembangan otak anak dapat optimal atau tumbuh kembangkan anak dengan baik adalah sentuhan pendidikan, yang didalamnya pendidikan agama,” bebernya.

Panitia manasik haji di lapang Cimulek Desa Waluran, Kecamatan Waluran Kabupaten SukabumiPanitia manasik haji di lapang Cimulek Desa Waluran, Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi

“Acara manasik haji seperti ini, tepat diberikan kepada anak usia dini. Moment yang sangat baik memberikan pengajaran kepada anak-anak kita tentang pelaksanaan Ibadah Haji sejak dini," sambung Solihin.

Salah satu gambaran pengamalan rukun islam ke-5, sekaligus merupakan sentuhan pendidikan religius bagi anak. “Anak-anak lebih mudah mengingat sesuatu dari yang dia lihat secara kasat mata, ataupun yang mereka dengarkan dari sekitarnya dan yang mereka lakukan," tuturnya.

Baca Juga: DPRD Sukabumi Tampung Aspirasi Soal Bangunan Hingga Insentif Guru PAUD

Pada usia golden age, ucap Mohammad Solihin, seorang anak tidak akan suka untuk diajak belajar, mereka lebih suka diajak bermain, atau melakukan. Untuk itu, orang tua atau guru harus bisa mengajak anak untuk bermain sambil belajar atau melakukan sambil belajar,
dengan itu anak akan lebih mudah untuk mengingat semua hal yang dia pernah didapat dan dilakukan.

"Semoga dapat meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini sekaligus memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan bakat kreatifitasnya. Selain itu juga sebagai pembekalan dini kepada anak-anak, nanti setelah menginjak usia remaja dan usia matang dapat menyimpan memori kebaikan bagaimana menjadi umat muslim yang baik," pungkas Kadisdik Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin.

Di kesempatan yang sama Ketua Himpaudi Kecamatan Waluran, Ade Cahyani menambahkan manasik haji ini diikuti 64 lembaga Paud, dari Kecamatan Waluran dan Cibitung, berjumlah 1167 siswa.

"Ini salah satu aspek pembelajaran di Paud, yakni agama dan moral. Salah satu kegiatannya adalah peragaan manasik haji, menanamkan, serta memperkenalkan rukun iman ke 5," imbuhnya.

"Kegiatan ini rutin setiap tahun, namun 2 tahun kemarin tidak bisa diselenggarakan, karena dampak Covid 19. Alhamdulilah berkat kerjasama sama wali murid, Pemdes, serta Muspika, acara sangat luar biasa, begitu antusias," ungkap Ade Cahyani.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist