Siswa PAUD dan SD GAIS Sukabumi Ikuti Simulasi Gempa Bumi dan Kebakaran

Kamis 01 September 2022, 16:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan SD Golden Age Islamic Montessori (GAIS) Sukabumi mengikuti simulasi penanggulangan bencana gempa bumi dan kebakaran, Kamis (1/9/2022). 

Kegiatan yang diselenggarakan di Sekolah Gais, Jalan Sudirman, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, bertujuan agar para pelajar yang notabene masih anak-anak mengetahui apa yang menjadi sebab akibat kebakaran dan Kebencanaan lainnya. 

Baca Juga :

Simulasi menghadirkan petugas gabungan dari Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satpol PP serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

Founder Golden Age Islamic Montessori (GAIS), Iklas Nian Tanujaya, mengatakan simulasi penanggulangan bencana gempa bumi dan kebakaran ini sesuai dengan misi pendidikan di Gais yakni setiap kegiatan selalu dapat bisa dipahami dan menjadi pengetahuan anak, khususnya dengan emergency prosedur yang sangat penting untuk diketahui anak. Karena bagaimanapun terkait dengan bencana dengan segala emergency situation itu tak pernah diketahui. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi keahlian hidup atau life skill anak, dan ini akan menjadi sebuah momen dimana anak-anak akan lebih mawas diri ketika berada dimana-mana, dan tentunya akan berguna sepanjang kehidupan mereka," Kata Iklas kepada sukabumiupdate.com

Maka dari itu kata Iklas, setiap awal tahun ajaran pihaknya akan memulai dengan emergency atau safety sehingga nantinya anak-anak akan belajar tentang emergency situation, prosedurnya, keselamatannya dan simulasi.

"Siswa di sekolah Gais ini kurang lebih ada 65 anak, dan mereka semua terdiri dari kelas kecil sampai kelas besar. Semuanya sama, diberikan pengetahuan tentang bagaimana bisa menghadapi situasi sulit atau emergency," tuturnya. 

Iklas mengatakan Golden Age Islamic Montessori (GAIS) yang sebelumya Beralamat di Jalan Bhayangkara, di tahun 2022 telah pindah ke Jalan Sudirman Kota Sukabumi

"Jadi GAIS ini bukan sekolahan baru tetapi kami dulu memulai bendera Gais di Sukabumi itu melalui partnership yang namanya Franchise. Lalu sesudah 5 tahun berakhir kerjasamanya dan di tahun ini kami mandiri tanpa partnership. tetapi berdiri sendiri dengan brand sendiri dan Alhamdulillah berjalan dengan baik," jelasnya. 

photoPetugas saat mempraktekan prosedur pemadaman api dalam simulasi bencana yang diikuti siswa PAUD dan SD Golden Age Islamic Montessori (GAIS) Sukabumi, Kamis (1/9/2022). - (Riza)</span

Kabid Penyelamatan dan Damkar Dinas Satpol PP Kota Sukabumi, Sudrajat menambahkan, pengetahuan mengenai mitigasi bencana dan kebakaran sangat penting bagi anak usia dini. 

“Nantinya para pelajar di sekolah ini harus mengetahui sejak usia dini terhadap apa yang menjadi sebab akibat dari suatu kebakaran lalu bencana lainnya," kata Sudrajat. 

Pihaknya juga mengapresiasi sekolah karena telah memberikan prosedur arti penanganan kebakaran, termasuk dengan kebencanaan kepada para pelajar sejak usia dini. 

“Ketika usia dini sudah paham, sudah mengerti tentang prosedur arti penanganan kebakaran, termasuk dengan nanti kebencanaan, ya mudah-mudahan ini akan bisa berlanjut terus," ujarnya.

Ia berharap, kegiatan yang dilakukan GAIS bisa diikuti oleh sekolah, termasuk oleh perusahaan dan instansi pemerintahan di Kota Sukabumi

"Melihat kondisi di Kota Sukabumi pada saat ini [bangunan] tidak saja berbicara lantai 1, 2, dan 3, sekarang sudah ada lantai 4, ketika kita akan melakukan itu harus memulai proteksi diri, bisa memadamkan api secara mandiri," jelasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 21:27 WIB

Diturunkan di Warung, Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Awalnya Indra menduga ambulans tersebut akan menjemput keluarga Ayu yang lain.
Ayu Bunga Lestari (18 tahun) dan ibunya saat berada di sebuah warung, depan RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 21:00 WIB

Tanpa Bahan Kimia, 6 Cara Alami Mengobati Pilek dengan Rempah-rempah

Meskipun rempah-rempah tradisional ini dapat membantu meredakan gejala pilek, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air untuk membantu tubuh melawan infeksi.
Ilustrasi. Sakit Flu Pilek dan Batuk (Sumber : pexels/lucianphotography)
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay