10 Negara Paling Tidak Korup di Dunia Tahun 2023, Ada Indonesia Nggak Ya?

Jumat 02 Februari 2024, 10:20 WIB
(Foto Ilustrasi) Transparency International telah meluncurkan IPK tahun 2023. | Foto: Istimewa

(Foto Ilustrasi) Transparency International telah meluncurkan IPK tahun 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Transparency International meluncurkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2023. Skor IPK mengurutkan 180 negara di dunia berdasarkan persepsi masyarakat mengenai korupsi yang terjadi pada jabatan publik dan politik.

Dilansir dari Transparency.org.au lewat tempo.co, saat ini dunia sedang mengalami penurunan dalam fungsi sistem keadilan. Negara-negara dengan skor terendah dalam indeks ini juga mendapatkan skor sangat rendah dalam IPK. Laporan IPK menyoroti koneksi yang jelas antara akses terhadap keadilan dan korupsi.

Skor IPK Indonesia cenderung turun dalam lima tahun terakhir. Pada 2019, skor IPK Indonesia adalah 40, kemudian terjun bebas menjadi 34 pada 2023.

IPK menggambarkan masih banyak negara yang melakukan sedikit upaya untuk memberantas korupsi di sektor publik. Hal ini terkonfirmasi dari rerata IPK global yang tidak berubah dari tahun lalu yakni skor 43 dengan lebih dari 2/3 negara yang disurvei berada di bawah skor 5.

Baca Juga: Cak Imin Tanggapi Dingin Petinggi PKB Ditahan KPK, Korupsi Proteksi TKI

Berikut daftar negara paling tidak korup di dunia versi Transparency International 2023:

1. Denmark

Denmark menempati posisi pertama dengan perolehan skor 90 dari 100 poin. Posisi Denmark ini sudah bertahan selama bertahun-tahun, setidaknya lima tahun terakhir.

2. Finlandia

Tetangga negara Denmark ini juga dari tahun ke tahun menempel ketat sebagai negara paling tidak korup di dunia. Finlandia memperoleh skor 87 dan posisinya tak berubah dari tahun sebelumnya.

3. Selandia Baru

Negara asal Oseania ini berhasil menempati posisi ketiga sebagai negara paling tidak korup di dunia. Selandia Baru memperoleh 85 skor IPK. Skor ini turun dua poin dari 2022.

4. Norwegia

Salah satu negara Skandinavia ini berhasil menduduki posisi keempat negara paling bersih dari korupsi. Pada laporan TI tahun ini, Norwegia berhasil menorehkan skor IPK 84.

5. Singapura

Singapura menjadi satu-satunya negara Asia yang berada di sepuluh besar negara paling bersih dari korupsi. Singapura memperoleh skor IPK 83, sama seperti tahun sebelumnya dan bertengger di posisi kelima.

6. Swedia

Swedia menjadi negara asal Eropa lainnya yang berhasil metidakalisasi praktik korupsi. Swedia memperoleh skor 82 dan menduduki peringkat keenam.

7. Swiss

Sama seperti Swedia, Swiss juga memperoleh skor IPK 82. Perolehan ini tak mengejutkan karena Swiss selalu berada di posisi skor tinggi tiap tahunnya.

8. Belanda

Negeri yang pernah menjajah indonesia ini nyatanya memiliki skor IPK yang bagus. Belanda mencatatkan skor IPK 79 dan menjadi negara kedelapan yang tidak korup di dunia.

9. Jerman

Jerman menjadi negara kesembilan paling tidak korup di dunia. Negara yang dulunya pecah menjadi Jerman Timur dan Jerman Barat ini memperoleh skor 78, hanya terpaut satu angka dari Belanda.

10. Luksemburg

Negara kecil asal daratan Eropa ini menyamai perolehan skor IPK Jerman dengan skor 78. Luksemburg menjadi negara kesepuluh paling tidak korup di dunia.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 15:00 WIB

Tasyakuran Hari Jadi Desa Jayanti: Ketua Apdesi Sukabumi Bicara Sinergi Membangun Desa

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin menghadiri puncak acara tasyakuran Hari Jadi Desa Jayanti ke-12
Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin saat menghadiri acara puncak Hari Jadi Desa Jayanti ke 12, Selasa (30/4/2024) | Foto : Dok Desa Jayanti
Inspirasi01 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai QC Staff dengan Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja - Lowongan Kerja Sebagai QC Staff dengan Penempatan di Pabrik Sukabumi. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 14:30 WIB

3 Kunci Sukses Mengobati Diabetes Tipe 2 dengan Perubahan Gaya Hidup Sehat

Ada banyak pilihan untuk mengelola diabetes tipe 2, salah satunya dengan perubahan gaya hidup seperti pola makan, olahraga dan berhenti merokok.
Ilustrasi. Ada banyak pilihan untuk mengelola diabetes tipe 2, salah satunya dengan perubahan gaya hidup seperti pola makan, olahraga dan berhenti merokok. Sumber: Freepik/freepik
Life01 Mei 2024, 14:00 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Anak Keras Kepala, Ini Penyebabnya!

Beberapa didikan akan menjadi penyebab anak menjadi sosok pribadi yang keras kepala saat tumbuh dewasa nanti.
Ilustrasi. Didikan yang membuat anak keras kepala. Sumber foto : Pexels/Joel Santos
Sukabumi01 Mei 2024, 13:32 WIB

MCF Sukabumi Kena Tipu Modus Kredit Motor Pakai Data Palsu, Satu Karyawan Dilaporkan

PT Mega Central Finance (MCF) Cabang Sukabumi yang bergerak di bidang pembiayaan khususnya kredit sepeda motor mengaku alami kerugian hingga ratusan juta rupiah karena adanya tindak tipu gelap yang dilakukan karyawan
Kantor PT Mega Central Finance (MCF) Cabang Sukabumi di Jl. Siliwangi, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin
Bola01 Mei 2024, 13:30 WIB

Daftar Lengkap Tim Terdegradasi ke Liga 2 dan Tim yang Promosi ke Liga 1 Musim Depan

Ada beberapa tim yang promosi ke Liga 1 musim depan dan tim yang harus turun kasta ke Liga 2.
Ada beberapa tim yang promosi ke Liga 1 musim depan dan tim yang harus turun kasta ke Liga 2. (Sumber : Freepik.com/fwstudio/Ist).
Jawa Barat01 Mei 2024, 13:28 WIB

BMKG: Gempabumi Dangkal di Kabupaten Bandung Dipicu Sesar Garut Selatan

Bandung Jawa Barat kembali diguncang gempabumi pada Rabu (1/5/2024) dengan kekuatan 4,2 magnitudo. Gempa M4,2 Bandung Jawa Barat itu terjadi sekira pukul 10.06 WIB.
Gempabumi terletak pada koordinat 7.0° LS ; 107,57° BT. Titik Gempa M4,2 di Bandung berjarak sekitar 20 km Tenggara dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan kedalaman 4 km | Foto : BMKG
Nasional01 Mei 2024, 13:03 WIB

Aksi Ribuan Buruh Peringati May Day, Tuntut Hapus Outsourcing dan Tolak Upah Murah

Ribuan buruh turun ke jalan menggelar aksi unjuk rasa pada peringatan Hari Buruh Sedunia alias May Day 2024 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2024)
Aksi buruh peringati May Daya 2024 | Foto : Akun X @bbxayi
Sehat01 Mei 2024, 13:00 WIB

7 Cara Alami Mengobati Penyakit Diabetes, Jaga Gula Darah Tetap Normal

Ketahui Beberapa Cara Alami Mengobati Penyakit Diabetes untuk Menjaga Gula Darah Tetap Normal.
Ilustrasi - Cara Alami Mengobati Diabetes. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)
Bola01 Mei 2024, 12:30 WIB

Kiper Baru Garuda! Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Ini Harapannya untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes Resmi Jadi WNI! Kiper Muda Ini Siap Berjuang untuk Timnas Indonesia
Maarten Paes Resmi Jadi WNI! Kiper Muda Ini Siap Berjuang untuk Timnas Indonesia (Sumber : pssi.org).