CPNS 2023: Daftar Formasi Untuk Lulusan SMA, Siapkan Persyaratannya dari Sekarang

Senin 27 Februari 2023, 15:45 WIB
Ilustrasi. Beberapa formasi untuk lulusan SMA tersedia pada CPNS 2023 dan bisa diikuti untuk mereka yang berminat | Foto: Instagram/@cpnsindonesia.id

Ilustrasi. Beberapa formasi untuk lulusan SMA tersedia pada CPNS 2023 dan bisa diikuti untuk mereka yang berminat | Foto: Instagram/@cpnsindonesia.id

SUKABUMIUPDATE.com - Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga saat ini masih menjadi profesi favorit banyak orang. Jenjang karir, penghasilan tetap hingga mendapat pensiunan di masa tua menjadi hal yang membuat orang ingin menjadi PNS.

Tak heran setiap pembukaan rekrutmen CPNS selalu diikuti banyak pelamar terutama oleh mereka yang memiliki gelar pendidikan Diploma dan Sarjana.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang lulusan SMA, apakah ada di tahun ini Formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA? Jika melihat rekrutmen CPNS tahun-tahun sebelumnya, pemerintah selalu membuka formasi untuk lulusan SMA yang ingin ikut mendaftar.

Baca Juga: 9 Tips Lolos CPNS 2023, Calon Pendaftar Wajib Siapkan dari Sekarang!

Melansir dari Suara.com, sejauh ini pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dikabarkan akan dibuka oleh enam instansi lembaga pemerintahan atau kementerian.

Lembaga-lembaga pemerintah ini dikabarkan akan menyediakan beragam lowongan formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA. Pendaftaran CPNS 2023 sendiri diperkirakan akan mulai dibuka pada pertengahan tahun ini tepatnya pada bulan Juni 2023.

Jadi, bagi Anda yang merupakan lulusan SMA dan berminat mengikuti CPNS 2023 ada baiknya untuk segera menyiapkan berbagai berkas persyaratannya mulai dari sekarang.

Tentu ini menjadi angin segar apalagi saat ini syarat daftar CPNS 2023 SMA tidak lagi memakai ketentuan tinggi badan. Lantas formasi apa saja sih yang tersedia dalam pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Baca Juga: Info Lowongan Kerja Minimal Lulusan SMA/SMK Sederajat, Penempatan di Bandung

Formasi CPNS 2023 SMA

Terdapat enam formasi CPNS 2023 untuk tamatan SMA tanpa ada syarat tinggi badan, di antaranya yaitu:

1. Kementerian Hukum dan HAM

Kemenkumham akan membuka beberapa formasi pada seleksi CPNS 2023 mendatang. Kemenkumham juga membuka formasi bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat untuk mengisi posisi jabatan sebagai penjaga tahanan.

2. Kementerian Perhubungan

Kemenhub berencana menyediakan kurang lebih sekitar 684 formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK atau Sederajat dalam seleksi CPNS 2023 mendatang. Adapun posisi yang disediakan Kemenhub antara lain yaitu:

Baca Juga: Jalan Nasional Sukabumi Bogor Ditutup Total! Longsor Susulan Jembatan Cikereteg

  • Jabatan penerbang
  •  Petugas Avsec (Aviation Security)
  • Teknisi penelitian dan perekayasaan
  • Petugas pertolongan kecelakaan penerbangan
  • Petugas pemadam kebakaran.

3. Badan SAR Nasional

Formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA juga akan dibuka oleh Basarnas untuk mengisi sejumlah pos-pos baru di sejumlah wilayah yang tersebar di Indonesia.

4. Kementerian Lingkungan Hidup

KLHK juga dikabarkan akan membuka formasi bagi lulusan SMA dalam seleksi CPNS 2023 mendatang. Salah satu posisi jabatan yang dibuka yaitu sebagai polisi hutan dalam bidang kehutanan dan pertanian.

Baca Juga: Jadwal Lengkap 9 Laga Sisa PSM Makassar di Liga 1, Misi Berat Jaga Puncak Klasemen

5. Kementerian Pertahanan

Kemhan membuka cukup banyak formasi CPNS 2023 lulusan SMA yang tersedia untuk posisi jabatan sebagai pengemudi ambulans dan juga kataloger pemula.

6. Kejaksaan

Terakhir ada Kejaksaan, selain membuka formasi bagi lulusan S1, kejaksaan juga berencana membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat dalam seleksi CPNS 2023 mendatang.

Syarat Daftar CPNS 2023

Terdapat beberapa persyaratan berupa dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengikuti pendaftaran CPNS 2023.

Baca Juga: Merugi Ratusan Juta, Kronologi DJ Cantik Sukabumi Tertipu Investasi Bisnis Pasutri

  1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP asli
  2. Akta kelahiran asli
  3. Pas foto dengan berukuran 4x6
  4. Swafoto pribadi
  5. Ijazah asli
  6. Transkrip Nilai
  7. Syarat lainnya akan ditentukan oleh masing-masing Instansi terkait.

Itulah beberapa formasi CPNS 2023 SMA yang disediakan. Selain keenam formasi tersebut, tentunya masih ada sejumlah formasi lain yang akan dibuka oleh instansi atau lembaga pemerintahan.

Sumber: Suara.com/Putri Ayu Nanda Sari

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Salah satu manfaat daun pegagan yaitu sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif.
Ilustrasi. Manfaat daun pegagan ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif. (Sumber : Instagram/@rimaummurayna)
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Tak Ingin Kejadian Anak Bunuh Ibu Terulang, Ini Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)