4 Jurusan Ini Paling Banyak Dibutuhkan pada Formasi CPNS 2023

Kamis 23 Februari 2023, 17:58 WIB
Ilustrasi seleksi CASN. Jurusan paling banyak dibutuhkan pada formasi CPNS 2023 perlu diketahui bagi masyarakat yang berminat ikut dalam seleksi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).(Sumber : Instagram/@cpnsindonesia.id)

Ilustrasi seleksi CASN. Jurusan paling banyak dibutuhkan pada formasi CPNS 2023 perlu diketahui bagi masyarakat yang berminat ikut dalam seleksi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).(Sumber : Instagram/@cpnsindonesia.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Jurusan paling banyak dibutuhkan pada formasi CPNS 2023 perlu diketahui bagi masyarakat yang berminat ikut dalam seleksi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Pasalnya pemerintah menyatakan akan membuka Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di tahun ini. Rekrutmen CASN 2023 tersebut melingkupi seleksi CPNS secara selektif dan terbatas kemudian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, pada akhir Januari 2023.

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Anas dikutip sukabumiupdate. com, dari situs resmi KemenPANRB, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga: Misteri Mbak Ayu, Penghuni Tegal Si Awat-awat di Leuweung Hideung Cibitung Sukabumi

Selain menjawab antusiasme masyarakat, penerimaan dilakukan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja di masing-masing instansi atau kementerian. Apabila Anda tertarik, maka harus mengetahui formasi dan jurusan yang paling banyak dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS 2023.

Terkait daftar formasi CPNS 2023, Menteri PANRB Anas melanjutkan bahwa pemerintah masih berupaya memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Namun, tidak menutup kesempatan dan prioritas bagi talenta digital. Pemilihan pekerja digital dinilainya sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga: 5 Tim yang Berpotensi Jegal PSM Makassar Raih Gelar Juara di 9 Laga Terakhir Liga 1

“Formasi juga akan dipersiapkan untuk jaksa, hakim, dosen, dan tenaga teknis tertentu”, imbuh mantan ketua LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah) itu.

Jurusan paling banyak dibutuhkan di rekrutmen CPNS 2023

Berkaitan dengan daftar formasi CPNS 2023 tersebut, maka tak heran bila pemerintah memprioritaskan jurusan dengan basic pendidikan, kesehatan, komunikasi dan digital, serta hukum.

Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber, 4 jurusan prioritas penerimaan CPNS 2023:

1. Jurusan Kesehatan

Hampir setiap penerimaan CPNS, formasi yang selalu dibutuhkan adalah bidang kesehatan. Ini artinya, kebutuhan akan tenaga kesehatan selalu diprioritaskan karena memiliki kapasitas yang cukup banyak pada tiap seleksinya.

Sehingga bagi Anda, lulusan dari jurusan Kedokteran, Kebinanan, Keperawatan, Farmasi, Epidemologi, dan sebagainya memiliki peluang lebih besar untuk jadi PNS.

2. Jurusan Pendidikan

Tingginya akan kebutuhan tenaga pengajar seperti guru dan dosen untuk mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa, menjadi salah satu yang diprioritaskan oleh negara. Maka bagi Anda lulusan S1 pendidikan, akan memiliki peluang besar dalam penerimaan CPNS 2023.

Adapun lulusan S1 pendikan tersebut dapat berasal dari jurusan Pendidikan Agama, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan sebagainya. Bahkan, selain bisa daftar CPNS 2023, lulusan S1 pendidikan juga bisa ikut seleksi PPPK 2023.

3. Jurusan Komunikasi dan Digital

Seperti yang diungkapan Menteri PANRB Anas bahwa talenta digital juga akan diprioritaskan pada penerimaan CPNS 2023. Maka jurusan dengan basic komunikasi dan digital berpeluang besar menjadi PNS.

Hal tersebut lantaran pemilihan pekerja digital dianggap sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Maka jurusan komunikasi dan digital merupakan jurusan yang menekuni talenta digital.

Adapun jurusan yang dimaksud dalam basic ini adalah Jurusan Desain Grafis, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Bisnis Digital, Jurusan Sistem Informasi, Jurusan Teknologi Informasi dan sebagainya.

4. Jurusan Hukum

Selain ketiga jurusan di atas, formasi penerimaan CPNS 2023 juga akan dipersiapkan untuk lulusan sarjana di bidang hukum. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli hukum oleh pemerintah, seperti jaksa dan hakim.

Oleh karenanya, lulusan S1 bidang hukum seperti Ilmu Hukum, Hukum, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Al-Ahwal Al-Syakhshiyya, Jinayah Siyasah dan sebagainya, berpeluang besar pada penerimaan formasi CPNS 2023.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).