Selain Kering dan Pecah-pecah, Kenali Penyebab dan Gejala Radang Bibir

Kamis 01 Oktober 2020, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Radang bibir atau cheilitis suatu kondisi yang menandakan bibir merah, kering, bersisik, dan gatal. Banyak faktor berbeda yang dapat menyebabkan cheilitis, seperti infeksi, menjilat bibir kronis, atau paparan alergen atau iritan (termasuk kerusakan akibat sinar matahari, kosmetik bibir, produk kebersihan mulut, wewangian, makanan tertentu, serta obat-obatan tertentu, seperti accutane).

Dokter mendiagnosis cheilitis dengan meninjau riwayat kesehatan seseorang dan melakukan pemeriksaan pada mulut, bibir, dan kulit. Terkadang, tes lain, seperti uji tempel atau biopsi dilakukan untuk menentukan akar penyebab peradangan.

Melansir laman Very Well Health, pengobatan radang bibir tergantung pada penyebab yang mendasari — misalnya, mengobati infeksi atau menghilangkan zat penyebab iritasi. Selain itu, obat kulit yang disebut kortikosteroid topikal ("pada kulit") sering kali direkomendasikan untuk membantu meredakan peradangan pada bibir.

Gejala "bibir" paling umum yang terkait dengan cheilitis meliputi kekeringan, kemerahan, Scaling atau fissuring, pecah-pecah atau terkelupas, pembengkakan (edema), rasa gatal dan terbakar, pengerasan kulit di sudut mulut (angular cheilitis) serta perubahan warna coklat kehitaman pada bibir (terlihat pada jenis cheilitis kontak iritan tertentu). Gejala yang lebih jarang mungkin termasuk adanya keratin tebal di bibir (terlihat dengan exfoliative cheilitis). Penebalan bibir bawah bersama dengan lubang kecil (lubang) di mana air liur dapat diekspresikan terlihat dengan glandular cheilitis.

Ada berbagai jenis radang bibir berdasarkan apa yang menyebabkannya.

1. Cheilitis eksim

Jenis cheilitis yang paling umum adalah eczematous cheilitis yang mungkin terkait dengan penyakit atopik (eksim, demam, dan asma) atau terjadi sebagai akibat paparan alergen atau iritan. Cheilitis atopik umumnya terlihat pada orang dengan eksim tetapi seringkali tidak dapat dibedakan dari cheilitis kontak alergi atau iritan. 

Cheilitis kontak alergi atau iritan disebabkan oleh reaksi terhadap iritan atau alergen yang menyentuh bibir, seperti: lipstik atau lip balm, produk kebersihan mulut, seperti pasta gigi atau obat kumur, wewangian, produk karet atau lateks, zat cat kuku, logam, makanan tertentu, obat-obatan tertentu, menjilat bibir secara kronis, faktor terkait cuaca serta tabir surya.

2. Cheilitis sudut

Angular cheilitis menyebabkan peradangan pada kulit yang terletak di samping atau "sudut" mulut. Pada dasarnya, air liur terkumpul di sudut mulut, yang akhirnya menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah saat air liur mengering. Infeksi sekunder dengan jamur, Candida albicans ("ragi"), atau lebih jarang bakteri, Staphylococcus aureus ("Staph"), kemudian dapat berkembang.

Orang-orang tertentu lebih rentan mengalami angular cheilitis, seperti penderita diabetes atau orang tua yang memakai gigi palsu. Orang yang mengonsumsi obat yang menyebabkan kekeringan, seperti isotretinoin (sebelumnya Accutane) untuk jerawat dapat mengembangkan kondisi ini. Mereka yang kekurangan vitamin B atau zat besi juga lebih rentan. Penting untuk diperhatikan bahwa angular cheilitis tidak hanya menyerang orang dewasa. Anak-anak yang ngiler, menghisap jempolnya, atau menjilat bibirnya di musim dingin juga berisiko lebih besar terkena kondisi ini.

3. Aktinik Cheilitis

Actinic cheilitis juga disebut solar cheilitis karena disebabkan oleh paparan sinar matahari jangka panjang. Ini adalah kondisi pra-kanker (karsinoma sel skuamosa pada bibir) yang paling sering terjadi pada individu berkulit terang, dan pada orang yang tinggal di daerah beriklim panas dan kering dan / atau bekerja di luar ruangan, seperti pekerja konstruksi.7 Actinic cheilitis adalah lebih sering terjadi pada bibir bawah daripada bibir atas.

Jenis radang bibir lainnya (meskipun jarang) termasuk:

- Cheilitis eksfoliatif, mungkin terkait dengan kebiasaan menjilat bibir atau menggigit

- Cheilitis kelenjar, mungkin terkait dengan paparan sinar matahari, menggigit bibir, dan merokok

- Cheilitis granulomatosa (juga disebut Miescher's cheilitis) yang cenderung menyerang orang dewasa muda, dan para ahli menduga hal itu disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk gen, infeksi, dan alergi makanan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale
Life29 April 2024, 13:11 WIB

Tetap Bersikap Konsisten, 5 Tips Penerapan Sistem Penghargaan untuk Anak Usia Sekolah

Dengan menerapkan sistem penghargaan untuk anak usia sekolah, disinyalir sangat berguna untuk memotivasi mereka.
Ilustrasi penghargaan untuk anak. | Foto: Freepik/@stocking
Sehat29 April 2024, 13:00 WIB

Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna.
Ilustrasi - Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna. (Sumber : Freepik.com).
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio